Ads (728x90)

http://1.bp.blogspot.com/-S-OkBAKG-MA/TeQU75QfbdI/AAAAAAAAATQ/UPZr8XrEzz8/s1600/patah-hati.jpg

Memang sangat tidak enak rasanya jika harus merasakan sakit hati. Semua itu karena satu hal yaitu CINTA, cinta berbalas bahagia rasanya, cinta bertepuk sebelah tangan patah hati jadinya, cinta dikhianati sangat kecewa.
CINTA… satu kata yang tak pernah habis untuk dibicarakan. Sesungguhnya cinta sejati hanyalah milik Allah SWT, yang pasti akan berbalas melebihi cinta hambaNya.

Jika patah hati, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, yaitu :

1. Mengambil sikap
Jika merasa kecewa ingatlah bahwa kesedihan akan memperhalus perasaan dan meningkatkan kepekaan kepada sesama, bila dikelola dengan baik maka akan membuat emosi semakin matang.

2. Percayai Qadla
Rezeki dan jodoh adalah hal yang berada di luar pilihan kita, kita hanya bisa menduga dan berikhtiar, tapi Allah jua yang menentukan. Maka kokohkanlah keimanan kita pada saat-saat seperti ini, meyakini bahwa skenario Allah sedang berlangsung dan selalu berbaik sangkalah kepada Allah SWT.

3. Bersiap untuk Cinta dan Bahagia
Ambillah sikap seimbang setiap saat, bersiap diri menjadi senang sekaligus kecewa. Jika kecewa maka yang akan datang adalah keikhlasan dan sikap lapang dada. Dan bersyukur padaNya karena doa terkabul.

4. Berpikirlah Positif
Maka energi yang akan keluar adalah aura positif yang akan melawan aura negatif dalam diri kita.

5. Berdoa
Maka berdoalah minta yang terbaik, yang akan membawa kebahagiaan dunia dan akherat kita.

6. Kekuatan Ruhiyah
Maka landasilah rasa percaya diri kita dengan sikap tawakal kepada Allah. Kita berserah diri kepadaNya akan keputusan yang ia berikan. Jauhilah sikap takkabur dan sombong. Karena itu semua hanya akan membuat diri kita rendah dihadapan Allah dan orang lain.

7. Memberi cinta kesempatan lagi
Beri kesempatan diri kita untuk kembali merasakan kehangatan cinta. Jangan menyerah untuk meraih kebahagiaan yang di ridhoiNya.

Sumber
*****

Apakah patah hati dapat diatasi? Tentu. Para psikolog berpendapat bahwa bagi penderita patah hati agar tetap percaya diri dan yakin bahwa masalah yang dihadapinya akan bisa diatasi oleh orang yang bersangkutan. Orang yang patah hati tersebut harus terus-menurus meyakinkan dirinya bahwa ia bisa mengatasi patah hatinya.

Pada gilirannya, ia pun diharapkan bisa menerima kenyataan yang telah terjadi. Namun melalui masa-masa yang menyakitkan itu memang memerlukan waktu, yang rentangnya bisa tidak sama pada masing-masing orang. Rentang waktu itu bergantung pada seberapa keras usaha orang yang sedang patah hati untuk mengatasi masalah yang mengungkung dirinya. Beberapa ahli menyarankan beberapa tindakan-tindakan yang sebaiknya dilakukan bagi orang yang menagalami patah hati.
  1. Lupakan segala sesuatu terhadap mantan kekasih Anda, putuskan kontak, dan jangan biarkan ia hinggap dalam pikiran Anda. Walau demikian, Anda tidak perlu membencinya, artinya, persahabatan dan silaturahim harus tetap diupayakan, bila suatu saat bertemu tidak sengaja, Anda tidak perlu menghindar. Dan Anda tidak perlu menelponnya kalau tidak perlu sekali.
  2. Bila Anda dan mantan kekasih Anda pernah saling memberi barang, kembalikan saja barang-barang pemberiannya, atau berikan kepada yang membutuhkan, misal yayasan yatim piatu, atau boleh juga singkirkan sementara untuk menghapus kenangan terhadap dia.
  3. Perbanyak kesibukan-kesibukan sosial, kesibukan yang dapat membantu dan meringankan beban orang lain. Penelitian membuktikan,bahwa menolong orang lain mendatangkan perasaan nyaman bagi pelakunya. Banyak cara untuk melakukan hal itu, misal menjadi sukarelawan bakti sosial, panitia keagamaan, atau kegiatan lainnya yang berguna.
  4. Anda harus mengevaluasi kegagalan hubungan Anda dan pelajari sebab-sebab kegagalan hubungan tersebut. Tumpahkan isi hati dan uneg-uneg Anda ke dalam catatan atau diary. Jangan ragu kalau Anda ingin memakai kata atau kalimat makian. Menumpahkan semua pikiran yang ada di kepala ke dalam suatu tulisan dapat meringankan beban Anda. Cara yang paling sederhana menumpahkan isi hati dan pikiran adalah dengan menulis, bila tidak, seperti sebuah saluran, ia akan tersumbat dan suatu saat meledak. Hal ini juga perlu, bila suatu saat nanti ketika Anda membuka kembali catatan Anda, jangan kaget, jika Anda kemudian menemukan jalan ke hal-hal yang baru dan dapat lebih memahami kecenderungan yang ada pada diri Anda sendiri. Sehingga di kemudian hari Anda sudah punya gambaran seperti apa hubungan yang Anda inginkan.
  5. Bila perasaan kesepian menghampiri Anda, kunjungilah sahabat atau keluarga terdekat Anda dan lakukan hal-hal yang menyenangkan, seperti bermain kartu atau berceritalah hal-hal yang ringan dan lucu, seperti masa kecil Anda atau ketika Anda bersekolah dulu.
  6. Sediakan waktu Anda untuk memanjakan diri sendiri. Datanglah ke tempat-tempat yang dapat membuat Anda rileks dan santai, seperti salon, spa, pijat refleksi, sauna, lulur atau bahkan menonton film. Bisa juga Anda datang ke sebuah pesta yang sudah Anda ketahui sebelumnya hanya akan dihadiri oleh sedikit orang.
  7. Bila rasa sakit sudah begitu meluap, carilah saluran yang positif, seperti berolah raga, bermain video game, atau melakukan meditasi.
  8. Tekuni kembali hobi lama Anda atau carilah kegemaran baru, misal melalui kursus atau pelatihan. Pada kesempatan ini, mungkin Anda masih menutup diri terhadap kemungkinan berkenalan dengan orang- orang baru. Tidak ada yang terlalu cepat untuk bertemu berkenalan dengan orang-orang baru meskipun hubungan Anda dengan kekasih baru berakhir beberapa hari.
  9. Bacalah buku, majalah atau putarlah film yang dapat menggugah inspirasi Anda.
  10. Binatang piaraan adalah sesuatu hal yang menarik. Binatang piaraan akan memberikan cinta tak terbatas kepada Anda.

Memang, tak ada jaminan yang pasti patah hati Anda akan terobati jika mengikuti saran-saran tersebut. Tapi, setidaknya langkah-langkah itu dapat menjadi sedikit pemantik untuk menyalakan semangat, sehingga Anda kembali siap menjalin hubungan asmara yang baru.

Orang yang telah berhasil menyembuhkan sakit hatinya seringkali tidak menyangka sebelumnya kalau bisa bangkit lagi. Padahal asal mau, pasti mereka bisa membuka hati dan jatuh cinta lagi.

Sumber: Bahayanya Patah Hati oleh Sonny Wibisono (Majalah Violet - Edisi Mei 2006)
*****

Prof. Alex Garner mengatakan :"orang bisa mati karena patah hati". Frank Tallis ahli kejiwaan yang berasal dari london sebagaimana di kutip majalah psychologist, termasuk meminta para ahli untuk lebih mewaspadai orang patah hati dan menangganinya dengan serius. lebih jauh menurut frank orang yang sedang patah hati cenderung melakukan tindakan diluar kendali.

Tapi tidak semua patah hati berakhir dengan kematian. jika kita ingin melihat orang-orang disekeliling kita ada yang bisa berdiri tegar ditengah rasa sakit hatinya, tidak heran juga kalau kita melihat penyanyi-penyanyi justru dengan rasa patah hatinya bisa menciptakan lirik-lirik indah, ternyata tidak salah juga isi salah satu lirik lagu dari Meggy Z " lebih baik sakit gigi daripada sakit hati ini biar tak mengapa".

yang menarik adalah ketika aku membaca sebuah artikel di majalah yang isinya: " orang yang tidak pernah merasa patah hati akan menganggap konyol hal bunuh diri karena ia tidak sedang berada diposisi tersebut", langsung saja hatiku sungguh-sungguh tidak bisa terima dengan pernyataan tersebut..why aku tidak menerima?? karena bagiku sedang mengalami atau tidak rasa sakit hati  itu bunuh diri tetap adalah hal sangat teramat bodoh. lagi pula rasa sakit hati itu bisa hilang seiring berjalannya waktu dan tergantung cara kita menyikapinya. walaupun pshycologis orang berbeda-beda ada yang tahan banting, ada juga yang lemah.

sejati nya sebagai muslim tentu saja hidup kita dilandasi dengan iman, setiap segala sesuatu yang kita kerjakan Allah selalu mengawasi kita, insyaallah jikalau kita selalu mengingat Allah maka hal seperti ini tidak akan terjadi tentunya. Intinya patah hati hanyalah bagian yang sangat terkecil masalah dalam kehidupan, anggaplah seperti riak kecil ditengah lautan, justru dengan patah hati membuat kita akan berdiri tegar dalam menjalani hidup.

Dalam islam sendiri kita tidak mengenal kata-kata pacaran, akan tetapi zaman terus berkembang ritual ini pun kerap saja dirasakan oleh muda-mudi sekarang tanpa bisa di cegah, walaupun pada dasarnya rasa cinta adalah fitrah bagi setiap manusia, setiap kita pasti pernah merasakan jatuh cinta namun kembali lagi bagaimana kita menyikapi rasa itu dan bisa mengontrol diri dengan baik sehingga tidak terjerumus kepada hal-hal yang tidak baik.

Untuk yang sudah terlanjur patah hati, sudah saat nya bangkit dan buang semua rasa sakit itu, tak perlu berlama-lama dengan hal tersebut, yakinkan diri untuk tegar, setegar karang dilautan yang tak goyah di hempas ombak ( puitis dikit ). berikut ada sedikit obat yang bisa mengobati rasa patah hati tapi yang? jelas bukan baygon atau racun ^_^ :

Berpikir positif
Kita harus berpikir positif terhadap sesuatu, jadi jangan isi pikiran anda dengan hal-hal negatif,, berpikirlah Allah mengetahui yang terbaik buat kita dan akan memberi yang lebih baik sebagai gantinya. tepatnya Allah  akan memberi apa yang kita butuhkan bukan apa yang kita inginkan. jadi berhusnudhan lah (berprasangka baik).karena setiap kejadian yang terjadi pasti ada hikmahnya .

Berhenti memikirkan orang yang menyakitimu.
Jangan membuang-buang waktumu untuk memikirkan orang yang telah menyakitimu sedangkan ia tengah bersenang-senang dengan orang lain, carilah kesibukan dengan hal-hal yang bermanfaat.

Don't be alone
Bila sudah begini jangan menyendiri disudut lemari, menangis darah tak tentu, anda masih punya orang tua, sahabat-sahabat yang begitu penuh kasih menyanyangi dan mencintai. anggap saja gugur satu tumbuh seribu. kasih sayang dan cinta ortu dan para sahabat bisa membuat badai segera berlalu yakinlah....^_^

Singkirkan segala kenangan
Segala kenangan dulu tak usah diingat-ingat lagi, semakin di ingat maka semakin susah untuk melupakan orang tersebut, jalani hari-hari baru anda, yakinlah seiring berjalannya waktu sebuah akan seperti biasa kembali, kalau ada barang- barang yang sempat diberikan dulu ya museumkan saja atau bagikan kepada yang membutuhkan.

Do something
Artinya lakukanlah sesuatu jangan berdiam diri, cari kesibukan dengan berbagai kegiatan, atau sekedar jalan-jalan dengan sahabat, banyak hal yang bisa dilakukan tentunya yang bermanfaat.

Mendekatkan diri kepada sang khalik
Ini adalah obat yang paling mujarab, ketika anda merasa sendirian sesungguhnya anda tidak sendirian karena Allah selalu bersama hambanya, bangun disepertiga malam adalah obat mujarab untuk curhat segala yang anda rasakan dan insyaallah hatipun akan terasa ringan, perbanyaklah zikir karena syaitan senantiasa membisikkan kita hal--hal negatif ketika hati senang gundah. mungkin saja moment ini pula yang membuat anda kembali berhijrah dan lebih dekat lagi dengan Allah karena selama ini bisa saja anda terlena dengan cinta yang anda rasakan sehingga membuat anda lalai dari mengingat Allah. ingatlah Allah ketika senang dan sedihmu. walaupun kebanyakan orang-orang ketika ditimpa musibah baru sadar untuk mengingat allah, karena setiap musibah juga peringatan bagi kita.
*****

Untungnya Pernah Patah Hati

Berikut lima keuntungan dari putus cinta, yang dikutip dari Divine;

1. Memiliki kesempatan untuk bisa mengenal diri sendiri; Ketika Anda berpacaran, Anda harus selalu berbagi dengan kekasih danterasa tidak memiliki kehidupan pribadi. Mungkin juga Anda menjadipribadi yang berbeda saat berpacaran dengan mantan kekasih Anda. Inisaatnya untuk Anda mengenal diri Anda kembali. Anda pun akanmendapatkan kembali kehidupan Anda dan bisa mencintai diri sendirisebelum Anda mencintai orang lain nantinya.

2. Anda akan menjadi orang yang lebih kuat; Saat Anda sudah bisa kembali bangkit dari keterpurukan dan kembalimenjalin cinta baru, bisa saja hubungan Anda akan kembali gagal. Namun,Anda akan menjadi orang yang lebih kuat dan mampu menangani masalahlebih baik.

3. Mengetahui akar masalah hubungan Anda; Setiap hubungan adalah sebuah pembelajaran. Hal ini, bisa dijadikanpelajaran untuk mengevaluasi diri dan orang yang telah bersama Andaselama ini. Anda jadi mengetahui hal positif dan negatif dari suatuhubungan. Anda dapat menganalisa kesalahan Anda, sehingga di hubunganAnda yang baru nantinya, Anda akan mendapatkan hubungan yang lebih baik.

4. Bisa kembali bergaul dengan teman-teman Anda; Saat mempunyai kekasih, tentunya Anda terfokus terhadap pacar Anda.Kini, saatnya Anda menjalin hubungan kembali dengan teman-teman Anda.Bergaul dengan beberapa sahabat, membuat Anda bisa melupakan mantanlebih cepat.

5. Memberikan kesempatan untuk Anda dan mantan untuk sama-sama menemukan cinta sejati; Mungkin Anda berpikir, akan sulit mendapatkan cinta kembali. Tapipercayalah, hal ini menguntungkan untuk Anda bisa mengenal orang barudan menemukan cinta sejati. Keputusan Anda untuk mengakhiri hubungantentu untuk tujuan tersebut bukan?[wol]

Posting Komentar

Blogger