Ads (728x90)

Saya yakin rekan tukang ngeblog dah tahu apa itu Nofollow dan Dofollow , tapi saya juga yakin ada rekan yang belum tahu tentang itu, seperti Saungweb ini sampai dengan minggu kemarin masih belum paham, nah.. bagi yang belum tahu sekaligus mau tahu blog kita atau blog yang kita kunjungi itu statusnya Nofollow atau Dofollow ??, silahkan aja teruskan bacanya sedikit kok.

Dari referensi yang saya baca kira-kira dapat di simpulkan gini nih :

Nofollow mengandung maksud bahwa link yang dimasukkan saat kita memberikan komentar disebuah blog tidak akan ditelusuri lebih lanjut oleh mesin pencari seperti mbah google , jadi layaknya tanda forbidden atau dilarang masuk kepada search engine untuk mengindeknya. Buntutnya dari komentar yang kita buat itu , tak akan mendapatkan backlink dari blog tersebut, sementara kita tahu bahwa backlink merupakan salah satu unsur penting dalam peningkatan page rank.

Dofollow adalah kebalikannya dari nofollow, jadi tanda forbidden itu dicabut dan diganti dengan welcome, silahkan masuk, mangga kalebet, monggo , dan silahkan berkomentar nanti saya kasih hadiah kontan, tanpa diundi berupa backlink dari komentar yang anda berikan.

Memang dari sononya alias secara default setting komentar sebuah blog itu nofollow, maksudnya sih untuk mengurangi spam, tapi kita bisa ubah menjadi dofollow. Seperti Blog Link Tea , status komentarnya sudah Dofollow. " Biar lebih merakyat dan dari blogger untuk blogger ". Sooo... Berkomentarlah karena link anda akan ditelusuri lebih lanjut oleh mesin pencari atau anda akan mendapatkan backlink dari blog ini. Anggaplah itu sebagai hadiah kecil dan penghargaan karena anda sudah bersedia mampir dan memberi komentar n tentunya yang baguuus. .. kalau tidak baguuuus.. pastti di delete oleh yang empunya... Hehehe.

Keuntungan blog yang menganut sistem Dofollow ini bagi pemberi komentar akan mendapatkan backlink. tentunya ini merupakan tambahan poin untuk meningkatkan pagerank dan keuntungan bagi pemilik blog adalah bertambahnya pengunjung. Sementara kerugiannya jika setiap link yang masuk atau ada pada blog / web dianggap link yang sah oleh mesin pencari, bisa jadi blog / web tersebut dianggap link farm (peternakan Link). Sehingga nilai Pagerank blog / web tersebut akan menjadi turun .,, ah sabodo teuing..

Dengan demikian pikirkan dulu secara matang mau tetap nofollow atau merubahnya ke dofollow.. setelah tahu keuntungan dan kerugiannya....selanjutnya .... terserah anda...

Kembali ke pokok masalah bagaimana kita tahu status blog itu dofollow atau nofollow ?. . caranya gampang aja kok , gunakan Mozilla firefox sebagai browser default anda, ( kalau untu IE atau Opera ,, maaf ya,, saya kurang begitu tahu ) kemudian ”klik kanan ” pada orang yang memberi komentar dan klik "propertis". kemudian lihat "Relation", kalau isinya external berarti DoFollow, kalau blog tersebut NoFollow juga akan terlihat disitu. Atau fokuskan aja pada tulisan nofollow-nya (setelah klik kanan). Jika ada berarti nofollow, jika tidak ada berarti dofollow . Sumber

Cara Mengubah Blog NoFollow Jadi DoFollow

Pada postingan saya kali ini, saya akan membahas tentang blog NoFollow dan DoFollow.

ok langsung aja apa yang dimaksud dengan NoFollow dan DoFollow.

NoFollow Artinya URL pengunjung yang tercantum di komentar tidak tertangkap oleh search engine.

DoFollow Artinya URL pengunjung yang tercantum di komentar akan tertangkap dan di index oleh search engine, sehingga memungkinkan bagi orang yang berkomentar dan dengan mencantumkan URLnya, maka website/blognya akan mendapatkan backlink dari blog DoFllow tersebut.

Nah bagi sobat" yang belum mengubah blognya jadi blog DoFollow di bawah ini saya punya sedikit tips untuk merubah blog sobat jadi DoFollow.
  • Login ke Blog anda
  • Klik rancangan --> Elemen halaman --> Edit HTML (centang pada Expand Template Widget)
  • Tekan ctrl + F untuk memudahkan mencari (bagi pengguna firefox) lalu cari kode

<a expr:href=’data:comment.authorUrl’ rel=’nofollow’><data:comment.author/></a>

Lalu ganti kode tersebut dengan kode seperti dibawah ini.

<a expr:href=’data:comment.authorUrl’ rel=’external’><data:comment.author/></a>

atau

<a expr:href=’data:comment.authorUrl’><data:comment.author/></a>

Lalu jika sobat" ingin mengganti trackback jadi DoFollow, maka cari kode dibawah ini.

<a expr:href=’data:backlink.url’ rel=’nofollow’><data:backlink.title/></a>

ganti jadi seperti dibawah ini.

<a expr:href=’data:backlink.url’ rel=’external’><data:backlink.title/></a>

atau

<a expr:href=’data:backlink.url’><data:backlink.title/></a>

Klik Simpan Tempate. Semoga Bermanfaat. Sumber

Poskan Komentar

Blogger