Ads (728x90)

Tips Merawat Software Komputer


Quantcast
kayuagung - jime owams - tutorial merawat software komputer
Penulis tidak hanya memposting hal yang tidak pernah di teliti, tutorial kali ini mengulas bagaimana sih merawat software komputer ?
  1. Pastikan sotware yang anda install bebas dari virus
  2. Install anti virus yang mampu mendetect secara auto virus, update anti virus kamu, sebaiknya gunakan anti virus yang mampu mendelete’ dengan baik. (rajin untuk melakukan scanning komputer semua lokal harddisk)
  3. Gunakan sebuah software yang ringan sesuai sfesifikasi komputer dan keperluan.
  4. Sebaiknya Buat 2 Partisi, sehingga kita dapat menyimpan file di lokal D dan tidak terlalu banyak menyimpan di lokal C.
  5. Tutup / close program yg tidak berguna Setiap program yg diload atau dijalankan membutuhkan memory (RAM) sehingga semakin banyak program yg dijalankan semakin banyak memory yg tersita
  6. Defrag harddisk secara berkala. Fungsi defrag adalah untuk menata dan mengurutkan file-file harddisk berdasarkan jenis file/data sedemikian rupa sehingga akan mempermudah proses read/write sehingga beban kerja akan lebih ringan yg akhirnya dapat memperpanjang umur harddisk
  7. Install software security seperti deff freaze (bila perlu), dan install perogram seperti (system mechanic).
  8. Apabila sering pada terjadi hang’/craz instalasi saat membuka program,sebaiknya instalasi kembali program itu.
  9. Jangan mengutak-atik file windows dan registry (regedit) apabila anda tidak memahaminya.
  10. Sebelum rusak hadware, rajin-rajin Backup Data Kamu ya.
-------------------------------------------------------------------------------------------------------

Software Virtualisasi

Software virtualisasi telah menjadi populer belakangan ini. Untuk mengatasi beberapa masalah kompatibilitas pada Windows 7, Microsoft telah dimasukkan Windows XP virtual pada Windows 7.

Untuk pengguna umum, salah satu keuntungan menggunakan software virtualisasi, memungkinkan pengguna untuk menjalankan aplikasi yang sangat tua. Misalnya, jika Anda memiliki aplikasi yang hanya berjalan pada DOS, apa yang perlu Anda lakukan adalah menginstal DOS pada virtualisasi perangkat lunak dan menginstal aplikasi di sistem operasi DOS virtual.

Sebagai pengguna umum, Anda juga dapat menguji sistem operasi lain dengan menginstal mereka dalam perangkat lunak virtualisasi. Sekarang sangat umum bagi pengguna umum untuk menjalankan Windows dengan Linux virtual. Hal ini lebih umum untuk pengguna Mac untuk menjalankan sistem operasi Windows pada perangkat lunak virtualisasi mereka karena banyak aplikasi yang hanya berjalan pada sistem operasi Windows. Namun, Anda perlu membeli lisensi Windows tambahan sistem operasi.

Hal ini terutama berguna untuk lingkungan korporasi, khususnya di lingkungan sistem yang kompleks dengan campuran dari UNIX, Linux dan Windows. Sebagai contoh, jika aplikasi hanya berjalan di UNIX, pengguna dapat menginstal desktop dalam sistem operasi UNIX dengan Windows dan menjalankan aplikasi tertentu dalam UNIX virtual. Selain itu, sistem operasi virtual dapat dikelola dari server virtual, maka mengurangi biaya dalam mempertahankan beberapa sistem operasi. Saya percaya bahwa pasar perangkat lunak virtual akan terus tumbuh menjadi bagian penting dari arsitektur enterprise. Virtualisasi software ini berguna untuk profesi TI dalam sistem pengujian dan pengembangan software di berbagai platform.

Ada banyak software virtualisasi di pasar. VM Ware populer di lingkungan perusahaan. Untuk pengguna rumah, Microsoft Virtual PC populer dengan pengguna Windows. Sun VirtualBox tersedia dalam berbagai platform. Xen pengguna menginstal Linux atau VirtualBox.

Microsoft Virtual PC sudah larut dalam permainan di pasar virtual; bekerja dengan baik menjalankan Windows XP atau versi sebelumnya sistem operasi Microsoft. Namun, karena tidak melakukan dengan baik menjalankan Linux dan tidak menyediakan integrasi antara OS host dan klien. Sun VirtualBox merupakan alternatif yang lebih baik. Tersedia dalam beberapa platform, persaingan keras melakukan lebih baik jika Anda menginstal penambahan tamu.

Saya telah menguji beberapa software virtualisasi VM Ware terutama, Microsoft Virtual PC dan Sun VirtualBox. Untuk kegunaan secara keseluruhan, saya lebih memilih VM Ware dan VirtualBox. Harap dicatat bahwa Anda perlu membeli perangkat lunak untuk VM Ware, dan VirtualBox gratis untuk pengguna rumahan.
------------------------------------------------------------------------------------------------------- 
Cara/Tips Mendownload Video Dengan Cepat Tanpa Terputus

Pengelaman saya selama bekerja di depan internet aktifitas saya mencdownload file dari beberapa web video seperti youtube, saya mencoba mendownload menggunakan software tambahan sejenis download accelerator atau lainnya, tapi sering banget terputus, saya mencoba mendownloadnya tenpa software, yang bermaksud mempercepat download video . dari yputube, facebook, dll.


Akhirnya saya praktekankan ampuh juga. Sekarang kita coba.
1. Set Folder Options dari Windows Explorer->Tool->View
2. Check list files and folders, dan hilangkan centang di Hide extensions for known file types
3. Pilih video dari youtube, Facebook dan play dari awal hingga selesai
4. Buka Temporary Internet Files, kemudian copy file terakhir yang ada, dimana jika file video akan memiliki kapasitas yang lebih besar daripada yang lain.
5. Paste ke salah satu folder di Windows Explorer.
Rename file dengan ekstensi.flv
6.Play file dengan FLV (Flash Video) player
7.Berikut lokasi Temporary Internet Files pada beberapa browser:
Internet Explorer : menu tools –>Internet Options –> General –> Setting–> View Files.
Mozilla Firefox : pada C:\Documents and Settings\NAMAUSERKOMPUTER\Local Settings\Application Data\Mozilla\Firefox\Profiles\NAMAFOLDER.default\Cache
Opera : pada C:\Documents and Settings\ NAMAUSERKOMPUTER\Local Settings\Application Data\Opera\Opera\profile\NAMAFOLDER
Beres :) Goodluck
------------------------------------------------------------------------------------------------------- 
Cara Memeperbaiki Printer Dengan Resetter

Terkadang hal yang kecil, menjadi hal yang besar pada saat kita membutuhkan, tentunya hal seperti ini memang harus kita hindari, saya belajar banyak tentang perbaikan printer komputer,  hal yang sering kita temukan adalah kerusakan cardtight printer yang rusak, tapi selain itu ternyata kerusakan cartright juga disebabkan oleh chip yang ada pada printer, nah apabila anda sering mengalami gangguna pada saat ngeprint, lampu berkedip dan printer sudah berulang kali kita hidup matikan, ada satu cara yaitu ikuti langkah-langkah ini. 

Resetter lakukan langkah berikutnya :
1. Hidupkan printer Canon iP1880 (Turn On iP1880)
2. Tekan dan tahan tombol Resume selama 2 menit. (Push and Hold Resume button about 2 minutes)
3. Lepaskan tombol Resume. (Release Resume button)
4. Printer akan normal kembali. (Printer back to normal again)
5. Lalu Gunakan Softwarenya deh…
6. Semoga Berhasil Bang ….
 
Kalau mau mudah, pake saja program resetter ini , resetter ini juga bisa dipake untuk tipe printer canon Ip 1100, 1800, 2500, 1880, 1980.
 
Menggunakan sofware ini cukup mudah anda tinggal mencentang pilihan “eepRom Clear” dan “Cleaning“. Lalu pada pilihan Tabulasi Clear Waste Ink Counter, pilih tombol “Platen” dan “Main” untuk mereset indikator menjadi posisi o.
 
Untuk ip 1980 terdetect oleh software ini sebagai 1800 ASA. Dengan mengetahui tipe printer pengenal id printer anda ini, akan memudahkan anda untuk mereset printer anda dgn memilih tombol relesase lock, lalu set destination ke IP 1800 ASA (hnaya untuk printer ip 1980)–> beda printer beda setingan, akhiri dengan menekan tombol set. Kalau berhasil indikator cartridgenya akan penuh, tapi terkadang tidak berpengaruh. Untuk mengetahui informasi printer anda, anda bisa memilih tombol “device id“. penggunaan Tab “Set Destination” disesuaikan dengan tipe printer anda. Jika fasilitas ini non aktif berarti tipe printer milik anda tidak mendukung untuk mode ini. Semoga dengan adanya tutorial ini membantu teman-teman untuk meresetter tipe printer canon anda.
 
DAPATKAN SOFTWARENYA.. DOWNLOAD
-------------------------------------------------------------------------------------------------------

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus

Pernah menghapus file-file penting di komputer tanpa disengaja? Kasus seperti ini mungkin pernah menimpa Anda, terkadang terjadi karena kita tengah terburu-buru atau dikejar waktu.

Namun jangan khawatir, Anda bisa menggunakan tools khusus untuk mengembalikan file-file tadi. Berikut ini ada 4 tools yang bisa Anda gunakan untuk mengembalikan file yang terhapus. Tools ini dapat di-download secara gratis di internet.

1. Undelete Plus
Di antara aplikasi-aplikasi gratis yang beredar di luaran untuk mengembalikan file yang terhapus, Undelete Plus salah satu yang dapat digunakan. User interface-nya (antar muka) tergolong sangat simpel. Anda dapat mengembalikan file-file yang terhapus dengan mudah sesuai dengan tipe file, misalnya Application, GIF graphics, HTML Documents, PDF.
Tools ini beroperasi pada sistem operasi Windows 95, Windows 98, Windows Me, Windows NT, Windows 2000, Windows XP, Windows 2003 dan Windows Vista. Anda dapat men-download Undelete Plus di: http://www.undelete-plus.com/

2. Restoration
Restoration adalah salah satu aplikasi untuk mengembalikan file yang terhapus. Tools ini juga sangat mudah digunakan dan tidak perlu diinstal di komputer. Cukup download toolsnya di: http://www.snapfiles.com/get/restoration.html, lalu jalankan file executable-nya untuk mengembalikan file yang terhapus.

3. PC Inspector File Recovery
Meski user interface PC inspector File Recovery tidak begitu user friendly, aplikasi ini tergolong sangat ampuh untuk mendeteksi dan mengembalikan file yang terhapus. Sesudah dilakukan proses scanning, akan tersaji file-file yang terhapus dalam folder dengan struktur pohon (tree structure) untuk mempermudah pencarian. Dengan begitu, Anda dengan mudah dapat mencari dan memilih file/folder yang terhapus, lalu klik icon “save” untuk mengembalikan file. Tools ini dapat di-download di: http://www.pcinspector.de/Sites/file_recovery/info.htm?language=1

4. Recuva
Recuva sering disebut juga sebagai “Recover”. User interface-nya sangat sederhana. Pada mode basic, tools ini akan menampilkan daftar file-file yang terhapus yang bisa dikembalikan. Jika Anda menggantinya ke mode advanced, maka proses scanning ulang akan dilakukan dan muncul pilihan untuk menampilkan informasi berisi daftar file-file yang terhapus. Tools ini dapat di-download di: http://www.recuva.com/

 
File terhapus, Sesuatu yang membuat kita paling panik ,karena biasanya isi file itu sendiri sangat berharga buat kita, saya sendiri pernah mengalaminya, saya menitip sebuah file ke dalam flashdisk teman, ternyata dihapus tanpa sengaja, ya mau gimana lagi, saya cari beberapa cara mengembalikan file  saya.

Ada beberapa software yang saya download, ternyata selain memang banyak ada yang menyediakan free download, tetapi tetap saja saat penyimpanan dia membutuhkan register, padahal saya susah menunggu lama, ya anda jangan kecewa seperti saya.

Saya menemukan software cara mengembalikan file terhapus / terdelete, software yang sedikit lebih baik ketimbang software lainnya, memang sedikit lama, anda butuh sedikit kesabaran.

1. Download Softwarenya disini
2. Installasi > Selesai
3. Buka Recuva > Next
4. Maka akan tampil pilih/check list format file apa yang ingin anda kembalikan.
5. Akan Tampil Kembali Kotak Dialog Pilihan dimana Lokasi File, In a Sfecific Locations > Browse > Lokasi
6. Klik Enable Dee Scan > Start > Tunggu Poses Rendering
7. Akan Tampil Photo File yang terhapus, Setelah Selesai, Check List file mana Saja yang ini anda kembalikan.
8. Klik Received > cari lokasi tempat penyimpanan data baru
9. Tunggu Hingga Proses Selesai, OKE

10. Akhirnya, dan Syukurlah File Anda Kembali Lagi, Capek Juga Jelasinnya, Sukses ya :) jangan sampai terulang lagi, dan kalo ada teman yang perlu bantuan, tolong dibantu.. :)
-------------------------------------------------------------------------------------------------------

Apa Itu HIBERNATE ? Serta Kelebihan & Cara Menampilkannya

http://abrari.files.wordpress.com/2010/03/hibernate_menu.gif

APA ITU HIBERNATE ?
 Hibernate adalah sebuah Framework ORM ( Object Relational Mapping ). yaitu memetakan sesuatu ( dalam hal ini umumnya tabel dalam database ) menjadi sebuah Objek ( menggunakan apa yang disebut PERSISTENCE => mewakilkan sesuatu pada sebuah objek, jika sesuatu yang diwaklikan ingin diolah, maka objek tersebutlah yang akan dimanipulasi ).

KELEBIHANNYA ?
Untuk pemrograman database kita dapat membebaskan diri dari “QUERY Terhadap Tabel” dimana untuk fungsi insert, update, atau delete, dimungkinkan untuk sama sekali tidak menulis query. yang berpengaruh pada sedikitnya kode ( pengeffisiensian kode ).

CARA MENAMPILAKNNYA ?

CARA 1
1. Klik Kanan Pada Deskstop  > Propperties
2. Setalah Masuk Jendela Properis Pilih Screen Saver
3. Pilih Power di bagian bawah kotak
4. Klick Tab Hibernate
5. Setelah itu Berikan Tanda Centang/Check list Pada Kotak Enable Hibernation
6. Klick Ok
Cara Penggunaanya
1. Klick start – Turn Off
2. Klick Tombol Shift Maka Menu StandBy Akan Berubah Menjadi Hibernate
3. Klick Tombol Hibernat

Cara 2
1. Klik kanan pada Desktop
2. pilih New > Short cut
3.Kemudian Setelah tampil Kotak New Shortcut, Pastekan Kode Dibwah Ini

%windir%\\system32\\rundll32.exe PowrProf.dll, SetSuspendState
4. Secara Otomatis Akan tampil Shortcut Hibernate
------------------------------------------------------------------------------------------------------- 
Cara Membuat & Menghapus Password Pada File .pdf

Ketika membeli e-book dari file PDF di internet seringkali e-book tersebut diproteksi dengan menggunakan password, kadang hal ini sangat merepotkan setiap akan membaca e-book tersebut. Atau kita sendiri yang membuat file PDF untuk dijadikan buku elektronik dan ingin melindungi buku tersebut dari tangan yang tidak berhak dengan memproteksi file PDF dengan menggunakan password. 

Banyak aplikasi untuk membuat file PDF (Portable Document Format), namun banyak yang belum menyertakan fitur untuk mengunci PDF tersebut dengan password. Dengan bantuan Quick PDF Tools kita dapat menambahkan dan membuang password pada file PDF. Berbagai fitur yang dimiliki oleh Quick PDF Tools antara lain:
  • Preview file PDF dengan klik kanan.
  • Dapat mengedit judul, subyek, keyword, dan author file PDF pada saat bersamaan.
  • Menambah dan menghapus password.
  • Mengubah image ke file PDF begitu juga sebaliknya dapat mengubah pdf ke format jpg.
  • Dapat mengekstrak teks pada file halaman pdf dan mengubahnya ke format file txt.
  • Mudah digunakan dan lebih ringan.
Ketika Quick PDF Tools telah diinstall, Untuk menampilkan menu silakan klik kanan pada file pdf yang dipilih dan selanjutnya akan ditampilkan menu dari Quick PDF.
-------------------------------------------------------------------------------------------------------
Sumber : http://jimeowams.wordpress.com/

Poskan Komentar

Blogger