Ads (728x90)

Trik Pencarian / Search Pada Google



Kita pasti udah tau dan mengenal mesin ancari yang satu ini, paman GOOGLE, yang selalu membantu kita dalam browsing dan berselancar di dunia maya, berikiu ini adalah sintax-sintax penting google yang bisa kita gunakan untuk ber-browsing ria!

” Intitle:” ialah sintaks perintah untuk membatasi pencarian yang hanya menghasilkan judul yang mengandung informasi pada topik yang dimaksud. Sebagai contoh pada pencarian, “intitle:password admin “ ( tanpa tanda kutip ). Pencarian akan mencari page yang mengandung kata “ password “ sebagai judulnya dengan prioritas utama “admin” .

Jika pada pencarian terdapat dua query pencarian utama, digunakan sintaks allintitle: untuk pencarian secara lengkap. Sebagai contoh pada pencarian “allintitle:admin mdb”. Maka pencarian akan dibatasi pada dua subjek utama judul yaitu “admin” dan “mdb”.

“inurl:” ialah sintaks perintah untuk membatasi pencarian yang hanya menghasilkan semua URL yang hanya berisi kata kunci informasi yang dimaksudkan. Sebagai contoh pencarian dalam pencarian,”inurl : database mdb”. Pencarian akan menghasilkan semua URL yang hanya mengandung informasi tentang “database mdb “.

“allinurl:” untuk mendapatkan list url tersebut. Sebagai contoh pencarian “allinurl: etc/passwd“ , pencarian akan menghasilkan URL yang mengandung informasi tentang “etc” dan “passwd”. Tanda garis miring slash (“/”) diantara dua kata etc dan passwd akan diabaikan oleh mesin pencari Google.

“site:” ialah sintaks perintah untuk membatasi pencarian suatu query informasi berdasarkan pada suatu situs atau domain tertentu. Sebagai contoh pada pencarian informasi: “waveguide site:itb.ac.id” (tanpa tanda kutip). Pencarian akan mencari topic tentang waveguide pada semua halaman yang tersedia pada domain itb.ac.id.

“cache:” akan menunjukkan daftar web yang telah masuk kedalam indeks database Google. Sebagai contoh: “cache:deffcon.org”, pencarian akan memperlihatkan list yang disimpan pada Google untuk page deffcon.org

“filetype:” ialah sintaks perintah pada Google untuk pencarian data pada internet dengan ekstensi tertentu (i.e. doc, pdf or ppt etc). Sebagai contoh pada pencarian : “filetype:doc site:go.id confidental” ( tanpa tanda kutip). Pencarian akan menghasilkan file data dengan ekstensi “.doc” pada semua domain go.id yang berisi informasi “confidential”.

“link:” ialah sintaks perintah pada Google yang akan menunjukkan daftar list webpages yang memiliki link pada webpage special. Sebagai contoh:“link:www.securityfocus.com” akan menunjuukan daftar webpage yang memiliki point link pada page SecurityFocus.

“related:” sintaks ini akan memberikan daftar web pages yang serupa dengan web page yang di indikasikan.

“intext:” sintaks perintah ini akan mencari kata kata pada website tertentu. Perintah ini mengabaikan link atau URL dan judul halaman. Sebagai contoh : “intext:admin” (tanpa tanda petik), pencarian akan menghasilkan link pada web page yang memiliki keyword yang memiliki keyword admin.

Sintaks “Index of ” dapat digunakan untuk mendapatkan situs yang menampilkan indeks browsing direktori.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------

Google Caffeine "Search Engine Terbaru"

Sempat Baca pada malajah komputer edisi oktober. tentang akan ada renovasi google terbaru. yang bernama google caffeine, dengan ini penulis ini mempostingnya sehingga lebih jelas untuk pembaca.

Google kini telah meningkatkan arsitektur pencarian web selanjutnya. Project Google terbaru itu dinamakan Caffeine yang hadir di dalam search engine Google Search. Project Caffeine bukanlah sesuatu yang diluncurkan Google dalam satu malam, namun akan mengalami step-by-step update untuk infrastruktur search engine Google.

Dengan adanya project Caffeine ini, Google telah melakukan improvisasi pencarian web mereka berdasarkan ukuran, kecepatan index, akurasi, komprehensif, dan dimensi lainnya. Google akan mengintegrasikan infrastruktur project Caffeine tersebut dalam beberapa periode, untuk melihat feedback dari developer web dan user.

Sementara staff engineer software Google, Sitaram Iyer mengungkapkan bahwa user tidak akan melihat banyak perubahan dalam hasil pencarian. Bahkan, tidak ada perubahan user interface yang banyak berubah dalam halaman preview project Google terbaru itu. Pada dasarnya engineer Google akan menulis kembali kode infrastruktur search engine mereka.

Preview Caffeine ditujukan untuk developer untuk menguji halaman pencarian yang sama juga dengan search engine Google. Arsitektur Caffeine akan lebih berfokus kepada hasil pencarian real time dan dipadu dengan kecepatan loading website. Google juga mengungkapkan bahwa pihaknya sengaja membuat project Caffeine tersebut untuk menyaingi rivalnya, Microsoft Bing.

salam penulis ebhie febrians, boleh di kutip kemana saja, asal sertakan link sumber dan penulisnya.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------

Bertanya Kepada Mbah Google



Penulis terkadang pernah berpikir, bahwa guru yang paling pinter itu google, hahaha kenapa ?

penulis berpikir google tau semua hal tentang perkembangan zaman, setiap kita bertanya pasti om google tau jawabannya.

yang hebatnnya lagi sebodoh apapun kita, berulang kali kita bertanya om google tidak akan pernah marah, hehehe

tutorial kita kali ini adalah bagaimana sih kata/pencarian yang tepat saat kita bertanya ?

caranya sederhana saja, sama seperti kita bertanya dengan seseorang ?

kata kunci kita bertanya dimana, bagaimana , kapan, caranya, siapa, ?

ya awali kata kuncinya dengan sebuah kalimat tanya?

tentunya om google bakal jawab ?

seperti contoh dibawah ini, siapa penemu facebook ??

lihat jawaban om google > Mark Zuckerberg

perhatikan gambar dibawah ini.



-------------------------------------------------------------------------------------------------------

Mengganti Icon/Teks Google



Banyak hal menarik sebenarnya yang membuat suasana tidak jenuh, penulis biasa melakukan hal ini, asalkan tidak menyalahi aturan yang berakibat tidak baik.

nah kali ini kita akan mengganti logo google menjadi kreasi teks kita sendiri.

sesuai keinginan kamu dech

kita coba ya

Caranya

1. Klik disini MULAI

2. Berikutnya akan tampil gambar seperti tampak dibawah ini.


tampilan funny logo

3. Pada step 1 ketikan teks yang ingin kamu buat, kemudian pada step 2 Pilih salah satu yang kamu inginkan.

4. Klik Create My Search Engine

5. Setelah itu akan berubah tampilan teks dan stylenya sesuai dengan apa yang kita inginkan. seperti tampak pada tampilan di bawah ini.



6. Belum selesai sampai disitu, copy url seperti tampak pada gambar dibawah.


copy tampilan urlnya

7. Terakhir kamu simpan, caranya klik tools > options > pilih menu > kemudian pastekan ke dalam Home Page. lihat gambar lebih jelas.


pilih menu > copy pastekan url kamu ke home page > terakhir klik ok
Sukses ya…

-------------------------------------------------------------------------------------------------------
Source : http://jimeowams.wordpress.com/

Posting Komentar

Blogger