Ads (728x90)

1. Membantu Penglihatan



Air mata ternyata membantu penglihatan seseorang. Cairan yang keluar dari mata dapat mencegah dehidrasi pada membran mata yang bisa membuat penglihatan menjadi kabur. Jadi, cara penangkal rabun itu dengan mengeluarkan air mata alias nangis.


2. Membunuh Bakteri



Tak perlu obat tetes mata, cukup air mata yang berfungsi sebagai antibakteri alami. Di dalam air mata terkandung cairan yang disebut dengan lisozom yang dapat membunuh sekitar 90% - 95% bakteri-bakteri yang tertinggal dari keyboard komputer, pegangan tangga, bersin, dan tempat-tempat yang mengandung bakteri, hanya dalam 5 menit. Jadi kalo mata lagi sakit atau perih, mendingan nangis dech.


3. Meningkatkan Mood



Seseorang yang menangis bisa menurunkan level depresi, karena dengan menangis, mood seseorang akan terangkat kembali. Air mata yang dihasilkan dari tipe menangis karena emosi mengandung 24% protein albumin yang berguna dalam meregulasi sistem metabolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan dari iritasi mata. Nah, jadi kalo mau nangis, nangis aja, gak usah malu-malu.


4. Mengeluarkan Racun



Seorang ahli biokimia, William Frey telah melakukan beberapa studi tentang air mata dan menemukan bahwa air mata yang keluar dari hasil menangis karena emosional ternyata mengandung racun. Tapi jangan salah, keluarnya air mata yang beracun itu menandakan bahwa ia membawa racun dari dalam tubuh dan mengeluarkannya lewat mata. Jadi itu artinya nangis itu tetap sehat.


5. Mengurangi Stres



Bagaimana menangis bisa mengurangi stress??? Air mata ternyata juga mengeluarkan hormon stress yang terdapat dalam tubuh, yaitu : endorphin leucine-enkaphalin dan prolactin. Selain menurunkan level stress, air mata juga membantu melawan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh stress, seperti : tekanan darah tinggi.


6. Membangun Komunitas



Selain baik untuk kesehatan fisik, menangis juga bisa membantu seseorang membangun sebuah komunitas. Biasanya seseorang menangis setelah menceritakan masalahnya di depan teman-temannya atau seseorang yang bisa memberikan dukungan. Hal ini bisa meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan juga bersosialisasi. Istilah kerennya curhat, githulah kira-kira.


7. Melegakan Perasaan



Semua orang pastinya merasa demikian. Meskipun didera berbagai macam masalah dan cobaan, namun setelah menangis biasanya akan muncul perasaan lega. Setelah menangis, sistem limbik, otak, dan jantung akan menjadi lancar. Hal itu membuat seseorang merasa lebih baik dan lega. Keluarkanlah masalah di pikiranmu lewat tangisan, jangan dipendam, karena sewaktu-waktu kamu bisa menangis meledak-ledak seperti bom Atom di "Hiroshima dan Nagasaki".

Sumber : jelajahunik.blogspot.com

Posting Komentar

Blogger