Ads (728x90)

SIM Corner, SIM Keliling Untuk Perpanjangan Masa Berlaku



Mengurus perpanjangan SIM merupakan kewajiban pemegang SIM. Namun terkadang untuk mengurus perpanjangan SIM miliknya, masyarakat masih malas melakukannya.

Alasan yang paling banyak ditemui karena tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan perpanjangan SIM. Namun ketika mereka memiliki waktu untuk mengurus perpanjangan SIM, justru giliran loket pelayanan SIM yang tutup.

Jajaran direktorat Lalu Lintas Polda Kalsel, menyadari hal itu dengan membuat berbagai terobosan untuk lebih mendekatkan pelayanan perpanjangan SIM kepada masyarakat.

Terobosan yang dilakukan mulai menyediakan pelayanan loket SIM keliling hingga membuka SIM Corner di lokasi strategis dan menyentuh masyarakat.

Salah satunya adalah loket pelayanan SIM Corner yang berada di lantai dasar Duta Mall Banjarmasin. Sejak mulai dibuka setahun lalu, pelayanan SIM Corner Duta Mall, menjadi pilihan masyarakat mengurus perpanjangan masa berlaku SIM mereka.

Di SIM Corner, masyarakat yang ingin mengurus perpanjangan SIM miliknya tak perlu repot antri berlama-lama. Tempatnya pun sangat representatif. Desain modern dilengkapi dengan fasilitas pendingin ruangan.

Posisinya berada di mall, membuat pengunjung mall dapat memanfaatkan fasilitas ini. Apalagi, kini SIM Corner kini buka setiap hari selama seminggu.

"Masyarakat yang berbelanja di mall dan kebetulan masa berlaku SIMnya sudah atau mau habis, bisa mengurus perpanjangan SIMnya di SIM Corner. Fasilitas ini buka seminggu penuh dari pukul 10.00 Wita sampai pukul 18.00 Wita," ungkap Kanit SIM Direktorat Lalu Lintas Polda Kalsel, Kompol Sri Winugroho.

Hadirnya SIM Corner untuk menjawab serta memberikan kemudahan pelayanan, bagi warga yang ingin memperpanjang SIM mereka yang telah habis masa berlakunya.

Masyarakat bisa sekaligus belanja di Mall sambil memperpanjang SIM mereka tanpa harus datang ke Kantor polres atau kantor Poltabes seperti kebiasaan sekarang ini.

Untuk melakukan pengurusan perpanjangan SIM di SIM Corner Duta Mall, pengunjung cukup membawa SIM asli yang habis masa berlakunya, serta membawa fotocopy KTP.

"Perlu diingat, SIM Corner ini hanya melayani perpanjangan SIM C dan SIM A. Sedangkan untuk pembuatan SIM tetap dilayani di Kantor Poltabes atau Polres," katanya.

Kian hari jumlah masyarakat yang datang memanfaatkan fasilitas SIM Corner untuk melakukan perpanjangan SIM terus bertambah. Dalam sehari SIM Corner bisa melayani hingga 40 pengunjung.

Waktu maksimal yang diperlukan untuk melayani perpanjangan SIM dipatok maksimal 15 menit. Apalagi, kini SIM Corner juga dilengkapi fasilitas pemeriksaan kesehatan.

"Yang memakan waktu sebetulnya adalah waktu pengisian formulir oleh warga yang melakukan perpanjangan SIM. Kalau masalah prosesnya sendiri tidak sampai 15 menit," katanya.
Sumber

Lokasi Pelayanan



Info lantas => Banjarmasin Bagi Masyarakat Banjarmasin yang ingin mengurus perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) bisa mendatangi layanan bus keliling yang disediakan Direktorat Lalu Lintas Polda Kalimantan Selatan
SIM keliling hari ini terbagi di beberapa bagian sebagai berikut:

1. Banjarmasin
SIM KELILING : Jl. H H Basri ( Depan halaman gedung wanita)
2. Banjarmasin
SIM KELILING : Jl. JEND. Sudirman (Depan Kantor Gubernur)
3. Banjarbaru
SIM KELILING : Lapangan murjani Banjarbaru
4. Banjarmasin
SIM Corner : lantai dasar Duta Mall Banjarmasin (lokasi tetap)

SIM Keliling dan SIM Corner hanya untuk memperpanjang SIM A dan SIM C. Pembuatan SIM Baru dan jika masa berlakunya habis lebih dari setahun tidak bisa di layanan SIM Keliling dan SIM Corner.
Sumber

SAMSAT Corner



Saat ini “ urang banua ” boleh berbangga, karena ada tambahan satu lagi layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) dan pengesahan STNK 1 Tahun yang dapat dirasakan langsung sambil melakukan aktivitas berbelanja.

Layanan Samsat Corner di Duta Mall lantai satu blok A-1 yang telah diresmikan pada tanggal 10 Agustus 2010, telah menjawab tantangan layanan public bagi Direktorat Lalu Lintas Polda Kalsel, Dinas Pendapatan Daerah dan PT. Jasa Raharja, Tbk sekaligus memberikan pilihan layanan mudah, cepat, murah yang diinginkan oleh masyarakat banua pada umumnya dan Banjarmasin pada khususnya.

Samsat Corner yang ada di Duta Mall Banjarmasin untuk sementara hanya melayani pembayaran pajak untuk wilayah Banjarmasin dan akan terus berkembang untuk wilayah yang lain.

Sehingga, masyarakat Kalimantan Selatan tidak perlu khawatir terlambat melakukan pembayaran apabila sedang berada di Banjarmasin, hanya dengan menunjukkan STNK, BPKB dan KTP, wajib pajak langsung dapat membayar pajak tahunan dan pengesahan STNK kurang dari 5 menit.

Layanan samsat Corner Duta Mall Banjarmasin, dimulai dari Pukul 09.00 WITA bersamaan saat Duta Mall buka, hingga pukul 21.00 WITA, layanan yang sangat dibutuhkan bagi wajib pajak yang super sibuk pada jam-jam kerja, dan hari Minggu pun petugas dengan setia melayani wajib pajak yang ingin melakukan kewajibannya membayar Pajak Kendaraan Bermotor.

Direktorat Lalu Lintas Polda Kalsel telah melakukan perkembangan inovasi dan tekhnologi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya bagi “ urang banua “, samsat corner yang berada di Duta Mall tidak berbeda dengan pelayanan samsat di Km. 6 Banjarmasin, hanya saja pelayanan yang diberikan khusus untuk perpanjangan dan pengesahan STNK 1 (satu ) tahun.

Direktorat Lalu Lintas Polda Kalsel, selalu berusaha untuk terus melakukan inovasi dalam mengembangkan tekhnologi yang telah dimiliki oleh Dit Lantas Polda Kalsel.

Alhasil, inovasi yang diberikan oleh Direktorat lalu lintas Polda Kalsel dapat senantiasa memudahkan dan mempercepat proses pelayanan kepada masyarakat pada umumnya dan Banjarmasin pada khususnya, sesuai dengan motto layanan “ Mengutamakan Kepuasan Masyarakat “.
Sumber

Tips Tips 10 Ketentuan Mengemudi



Dalam Berkendara ada kalanya kita mempunyai Etika Mengemudi Kendaraan Roda Dua Atau Roda Empat, antara lain :
  1. Sempurnakanlah ketrampilan mengemudi dan menggunakan ketrampilan untuk keluar dari kesulitan.
  2. Mengemudi dengan perhitungan tepat saat mendahului.
  3. Kembangkan penguasaan dan ketahui kemampuan kendaraan anda.
  4. Beri sinyal yang benar pada waktu yang tepat.
  5. Konsentrasi setiap saat untuk menghindari kecelakaan, karena konsentrasi membantu pengamatan.
  6. Pikir dahulu sebelum betindak.
  7. Kendalikan diri atau tidak terburu-buru mendahului.
  8. Membelok dengan aman.
  9. Gunakan kecepatan yang tepat.
  10. Mengetahui peraturan lalu lintas dan sopan santun di jalan.
Sumber : NTMC

Poskan Komentar

Blogger