Ads (728x90)

Perbatasan antara dua negara, menjadi hal yang penting menyangkut teritorial dari masing-masing negara yang berbatasan. Namun, jika batas teritorial tersebut hanya dihubungkan oleh sebuah jembatan tersingkat, apa jadinya, ya?

Dua pulau yang berdekatan, bisa jadi berada dalam dua wilayah yang berbeda. Pulau yang besar berada dalam wilayah Kanada, sedangkan pulau yang kecil berada di wilayah Amerika Serikat.

Yang menarik dalam hal ini, bukan karena pulau yang satu besar, dan satunya lagi kecil, akan tetapi dua pulau negara ini dihubungkan oleh sebuah jembatan sepanjang 10 meter. Ini merupakan jembatan internasional terkecil atau tersingkat di dunia.

‘Pasangan’ pulau terletak dekat Rockport disebut Zavikon. Dua pulau itu termasuk kumpulan ‘kepulauan seribu’ yang berada di Saint Lawrence River di Teluk Alexandria, perbatasan antara AS-Kanada.

Persetujuan batas wilayah ini telah disepakati antara kedua negara, AS dan Kanada, sejak tahun 1793. Namun, kedua negara memutuskan untuk tidak akan membagi dua pulau di perbatasan. Sekitar 2/3 pulau berada di wilayah Kanada, 1/3 nya lagi berada di Amerika.

AS maupun Kanada, menganggap posisi mereka setara dalam hal kepemilikan pulau. Namun, bagi para pemandu wisata, ini merupakan sebuah ‘keuntungan’, karena dari segi pariwisata keberadaan dua pulau ini menjadi sangat unik dan menarik untuk ‘dijual’.

Para pemandu wisata ingin agar keberadaan jembatan internasional tersingkat di dunia ini, diketahui khalayak dunia. Pulau besar yang diklaim sebagai wilayah kanada dibangun sebuah rumah, sementara pulau kecil yang merupakan bagian dari Amerika, berfungsi sebagai halaman belakang rumah. Sungguh unik, ya?

Sumber : akiyova.blogspot.com

Posting Komentar

Blogger