Ads (728x90)


Gerhana pada 16 Juni 2011 sudah terjadi pada dini hari tadi, yaitu mulai dari pukul 1.22 WIb s.d 05.02 WIB atau terjadi sekitar 3 jam 20 menit. Dari berbagai pemberitaan media massa menyebutkan bahwa Gerhana Bulan Juni 2011 ini merupakan gerhana terlama yang akan terjadi dalam 1 abad terakhir.

Pada puncak gerhana bulan Juni 2011, yaitu sekitar pukul 3.14 WIB, terjadi gerhana bulan total, dimana permukaan bulan sama sekali tidak tampak pada saat itu. Gerhana bulan yang terjadi kali ini merupakan gerhana yang bisa disaksikan dari seluruh wilayah di Indonesia, sehingga apabila didaerah anda cuaca cerah, maka pasti anda juga ikut menyaksikan gerhana bulan yang terjadi dini hari tadi.

Bagi anda yang tidak dapat menyaksikan secara langsung terjadinya gerhana bulan Juni 2011, maka berikut Karo Cyber ingin berbagi beberapa fotonya untuk anda. Berikut adalah foto lengkap Gerhana Bulan Juni 2011 yang bersumber dari berbagai situs internet:


Foto Gerhana Bulan Juni 2011 di Pakistan

Terlama dan Lebih Merah

Tawakkal/Fajar
SEMBURAT MERAH. Proses gerhana bulan total yang diabadikan di Makassar terjadi Kamis dini hari 16 Juni terlihat sangat spektakuler. Bulan berangsur berubah dari keperakan menjadi hitam dengan semburat merah di sekelilingnya selama seratus menit mulai pukul 03.22 Wita.

JAKARTA -- Gerhana bulan total yang terjadi Kamis 16 Juni dini hari kemarin terlihat sangat spektakuler. Bulan berangsur berubah dari keperakan menjadi hitam dengan semburat merah di sekelilingnya selama 100 menit mulai 02.22 WIB.

Direktur Observatorium Bosscha Hakim L. Malasan menuturkan, perubahan warna bulan dari keperakan menjadi hitam dengan semburat merah kemungkinan disebabkan abu vulkanik dari letusan gunung Caulle Puyehue-Cordon di Cile.

“Pada saat puncak, bulan memang terlihat lebih merah, kemungkinan karena atmosfir tertutup abu vulkanik imbas letusan gunung di Cile," tutur Hakim ketika dihubungi kemarin.

Hakim menuturkan, Bosscha sebenarnya hendak menyediakan layanan live streaming gerhana dari empat kota, yakni Lhoknga (Aceh Besar), Pekanbaru, Bandung, dan Tenggarong. Namun, kendala cuaca menyebabkan rangkaian sempurna proses gerhana hanya terpantau di Tenggarong.

Gerhana bulan total kemarin adalah yang terpanjang dalam sepuluh tahun terakhir, karena bulan bersembunyi di dalam bayangan bumi selama 100 menit. Gerhana bulan sebagian mulai terlihat pukul 01.23 WIB dan berakhir pada 05.02 WIB. "Rentang waktu gerhana total mulai pukul 02.22 WIB sampai pukul 04.03 WIB," urai Hakim. (jpnn)


Koleksi Foto Gerhana Bulan Total Terbaru - Foto atau gambar gerhana bulan total pada tanggal 16 Juni 2011 bisa anda peroleh di blakblakannews. Foto-foto tersebut akan kami update dari berbagai penjuru dunia dan tak lupa dari Indonesia.

Foto gerhana bulan terbaru 16 Juni 2011 Tahun ini akan terjadi dua kali gerhana bulan total yang bisa terlihat di Indonesia, yaitu pada 16 Juni dan 10 Desember. Saat itu, bulan akan muncul dengan warna baru dan mengalami proses gerhana yang cukup panjang dan Spektakuler untuk disaksikan.

Gerhana bulan total akan terjadi pada 16 Juni dini hari dan bisa disaksikan dari seluruh wilayah di Indonesia. Di Indonesia bagian barat, proses gerhana akan dimulai pukul 01.25 hingga 05.04 WIB. “Bulan akan mulai tertutup pukul 02.25 dan totalnya pada 03.14 WIB”.

Dampak gerhana bulan total ini ke bumi hanya pada pasang surut laut.

Berikut foto-foto gerhana bulan Total Terbaru 16 Juni 2011 di Indonesia dan di berbagai negara lain.

Foto Gerhana Bulan Total di Indonesia (16 Juni 2011)

Gerhana Bulan Total Juni 2011 di Yogyakarta













Foto Gerhana Bulan Total di Negara Lain (16 Juni 2011)















"Segera Update"
Ini dari youtube






Posting Komentar

Blogger