Ads (728x90)

http://2.bp.blogspot.com/_5XOjc0Zhj3w/SzOjz53NqZI/AAAAAAAAAP4/LyjJeLc0nOA/s320/rambut+fathur-net.blogspot.com
Rambut rontok sering menjadi masalah utama para wanita. Tetapi jangan khawatir, Anda bisa mengatasi masalah kerontokan rambut ini dengan kuning telur. Cara alami atasi rambut rontok dengan kuning telur, kerontokan rambut merupakan masalah rambut yang umum dijumpai beberapa tahun terakhir ini, faktor penyebabnya pun macam macam mulai dari penggunaan shampoo yang tidak cocok, obat obatan dan juga stress.

Telur sangat aman untuk digunakan pada semua jenis rambut dan memberikan hasil yang optimal untuk mengganti rambut yang rontok. Mau tahu caranya? Ikuti tips berikut ini seperti dilansir dari eHow.
  1. Gunakan dua butir telur untuk rambut pendek dan empat butir telur untuk rambut panjang. Pecahkan setiap telur secara hati-hati. Telur yang telah pecah dipisahkan antara bagian putih dan kuningnya. Gunakan bagian kuningnya.
  2. Letakkan kuning telur yang sudah terpisah ke dalam mangkuk. Ulangi untuk semua telur.
  3. Tambahkan tiga sendok teh almond atau minyak biji-bijian dan campurkan dengan lemon, kocok dengan cepat hingga tercampur rata.
  4. Keramaslah rambut dengan menggunakan shampo dan kondisioner yang biasa dipakai. Saat rambut masih basah, pijatkan campuran kuning telur tersebut sampai ke kulit kepala, dan tutupi setiap helai rambutnya.
  5. Tutupi rambut dengan menggunakan shower cap atau handuk yang kering. Biarkan campuran kuning telur tersebut menempel di rambut sekitar 30-45 menit. Kehangatan yang tercipta akan membuat campuran tersebut meresap ke kulit kepala dan di setiap helai rambutnya.
  6. Bilas rambut dari campuran kuning telur sampai bersih dan ulangi lagi beberapa hari kemudian.
  7. Anda pasti pernah mengalami rambut rontok. Rambut dapat rontok dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti: stress, ketombe ataupun rambut anda tidak sehat. Dulu saya juga pernah mengalami kerontokana rambut. Waktu itu rambut saya rontok setelah saya sakit demam berdarah. Saya punya beberapa tips mudah-mudahan bermanfaat.
  8. Creambath - Cara ini lumanyan bermanfaat. Kalau anda creambath lebih baik memilih cream gingseng. Karena kandungan dalam ginseng dapat menguatkan rambut.Tapi bila anda tidak sempat creambat atau merasa terlalu mahal anda bisa mencoba cara yang lebih tradisional.
  9. Dengan lidah buaya - Tanaman lidah buaya terbukti sangat ampuh mengatasi kerontokan bahkan dapat membuat rambut anda lebih bagus dan tebal. hal itu saya alami sendiri. Cara pemakaiannya:
    • Ambil tanaman lidah buay yang berukuran besar dan memiliki daging yang banyak.
    • kemudian lidah buaya tersebut di belah dua dan ambil daging nya.
    • lumuri seluruh bagian kepala anda dengan lidah buaya tersebut hingga merata.
    • diamkan hingga 10 – 15 menit.
    • kemudian anda cuci hingga bersih.
    • lakukan1 minggu 2x secara rutin.
    • Selamat mencoba dan semoga bermanfaat

*****

Merawat Keindahan Rambut dengan Bahan Alami

AKTIVITAS yang padat seringkali menjadi kendala utama bagi sebagian besar perempuan untuk merawat kesehatan dan keindahan rambutnya. Padahal keindahan dan sehatan rambut adalah salah satu faktor penting yang mendukung aktivitas dan mobilitas.

Stres dan tingkat polusi yang tinggi dapat menyebabkan akar rambut (folikel) kurang mendapatkan nutrisi yang cukup, sehingga rambut rusak, kusam, rapuh, dan mudah rontok.

“Stres dan cuaca dapat memengaruhi kesehatan rambut,” kata pakar rambut Rudy Hadisuwarno.

Kondisi rambut akan semakin parah jika rambut sering terkena paparan zat kimia. Panasnya hairdryer dan bahan-bhan kimia yang terkandung di dalam pewarna rambut membuat kelembaban alami rambut berkurang.

“Sering terkena hairdryer dan rambut yang sering dicat akan membuat rambut jadi semakin kering,” sambungnya.

Perawatan rambut yang tepat dapat membuat rambut kembali indah, sehat, dan berkilau. Ada dua macam perawatan rambut, yaitu secara modern dan tradisional. Perawatan rambut secara modern merupakan perawatan yang memakai bahan-bahan dengan teknologi canggih. Sedangkan perawatan tradisional adalah perawatan dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Perawatan dengan bahan-bahan alami saat ini cukup banyak diminati. Selain murah, perawtan ini juga cukup mudah dilakukan tanpa harus repot-repot ke salon.

“Banyak bahan yang tersedia  di rumah dan dapat kita gunakan untuk merawat rambut,” kata Rudy.

Yang penting, lanjut Rudy orang harus paham jenis rambut dan jenis kulit kepala, serta kandungan yang terdapat dalam bahan-bahan tersebut.

“Contohnya, bagi yang memiliki jenis rambut kering, dapat menggunakan alpukat yang memiliki banyak kandungan lemak,” urainya.
Berikut ini beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk merawat rambut.

Yoghurt

Khasiat yoghurt untuk kulit sudah menjadi rahasia umum. Selain itu, yoghurt juga berfungsi untuk menutrisi rambut. “Yoghurt dapat melembapkan dan menguatkan akar rambut,” kata Rudy.

Yoghurt juga dapat mencegah kerontokan. Penggunaan yoghurt secara rutin juga akan mencegah rambut cepat beruban. Caranya, gunakan yoghurt sebagai masker rambut dengan teratur setiap dua minggu sekali. Dan hasilnya, rambut akan semakin bercahaya.

Teh

Selain sehat untuk diminum, teh juga memilliki manfaat untuk mencegah tumbuhnya uban. “Teh memiliki khasiat mencegah rambut beruban,” sambung Rudy.

Semua jenis teh mempunyai kemampuan masing-masing untuk menyehatkan rambut. Kandungan antioksidan pada teh hijau (green tea) mampu melindungi rambut dari paparan polusi. Teh melati dipercaya mampu meningkatkan kilau rambut. Sedangkan teh rasa mint dapat dipilih untuk menyejukkan kulit kepala. Kandungan mint yang segar mampu menghilangkan lemak dan ketombe serta mengurangi rasa gatal di kulit kepala.

Cara menggunakannya cukup mudah. Seduh teh dengan menggunakan air panas, lalu endapkan selama semalaman. Air teh yang sudah basi tersebut, digosok-gosokkan ke kulit kepala. Lakukan sesaat sebelum keramas. Dan hasilnya, uban akan berkurang dan rambut menjadi hitam berkilau.

Alpukat

Bagi yang memiliki rambut kering, dapat menggunakan khasiat dari alpukat. Karena alpukat kaya akan asam lemak dan nutrisi. “Caranya, hancurkan alpukat di dalam mangkuk, dan aduk hingga jadi pasta kental,” jelas Rudy.

Kemudian, aplikasikan pada rambut mulai dari akar hingga ujung rambut. Dan biarkan selama 20 menit. Setelah itu, bersihkan rambut dengan menggunakan sampo, kemudian bilas.

Kemiri

Sudah bukan rahasia lagi jika kemiri dapat memperbaiki dan memperkuat rambut. Kandungan minyak di dalam kemiri, sangat baik bagi akar rambut. Caranya, kemiri ditumbuk  kasar, lalu disangrai. Setelah itu, tumbuk hingga halus sampai keluar minyak. Gunakan minyak kemiri untuk creambath, lakukan sebelum keramas.

Bawang Merah
Bawang merah memiliki khasiat yang baik untuk mencegah rambut rontok. “Caranya cukup mudah, cukup makan bawang merah tersebut. Atau makan bawang merah yang sudah jadi acar. Ini membantu agar rambut tidak cepat rontok,” urai Rudy.

Jika tidak kuat makan bawang merah karena baunya, dapat mengolesi kulit kepala dengan perasan bawang merah pada malam harinya. Kemudian pada pagi hari, bilas rambut dengan menggunakan sampo.

Cuka apel

Cuka apel, kaya akan alpha-hidroxy acids yang membantu membersihkan residu dari polusi dan kotoran. Sehingga rambut menjadi lembut dan bersinar. Campur setengah cangkir cuka apel dengan seperempat cangkir air. Gunakanlah campuran tersebut untuk membilas rambut pada saat keramas. Ini akan membuat rambut menjadi berkilau alami.

Telur

Telur sangat baik sebagai conditioner rambut. Kandungan proteinnya yang tinggi mambentu rambut. Perawatan rambut dengan telur juga akan menambah kilau rambut. Tetapi bau amis telur terkadang membuat banyak orang yang enggan untuk menggunakannya. Ada cara untuk menghilangkan bau amis pada telur, yaitu dengan menggunakan tetesan perasan jeruk lemon ke dalam telur yang sudah dikocok. Kemudian dioleskan ke rambut sebagai masker.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung antioksidan yang mampu melembutkan rambut yang kering dan kutikula yang rusak sehingga rambut menjadi bersinar. Caranya, hangatkan tiga sendok makan minyak kelapa dan sikatkan rambut dengan lembut, mulai dari akar hingga ujung rambut. Kemudian bungkus rambut dengan menggunakan handuk panas selama 30 menit. Lalu keramas dengan sampo dan bilas rambut dengan air bersih
*****

Cara mengatasi rambut rontok :
  1. Siapkan beberapa kulit semangka.
  2. Tusuk-tusuk kulit semangka tersebut dengan menggunakan garpu atau pisau kecil. Hingga mengeluarkan air dari kulit semangka tersebut.
  3. Kemudian oles kulit semangka yang sudah mengeluarkan air tadi ke bagian kulit kepala anda.

Catatan : Lakukan langkah di atas pada malam hari. Lalu cuci bersih pada pagi harinya. Lakukan hingga 3X pada rambut anda secara teratur, sehingga rambut anda tidak rontok lagi.

Dan minumlah ramuan penguat akar rambut berikut ini :

Smoothie penguat rambut
Bahan :
1 buah pisang besar, kupas, potong-potong150ml, yogurt polos 15ml, madu, Es batu secukupnya.
Membuat :
Blender semua bahan sampai halus. Segera minum.

Disamping itu dapatkan suplemen seperti vitamin B6 dan Zinc. Suplemen berguna jika tidak mendapatkan kecukupan sumber makanan alamiah. Seperti biasa, sebelum mengkonsumsi suplemen apapun, Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anda.

Tips mencegah rambut rontok :
  • Tundukkan kepala ketika men-shampoo dan pijat kulit kepala. Cara ini membantu
  • meningkatkan sirkulasi darah ke kepala.
  • Eliminasi stress.
  • Coba manajemen stress dengan yoga,
  • meditasi atau teknik relaksasi lainnya.
Dapatkan kecukupan tidur.

Jika rambut rontok terus, periksakan ke dokter ahli dermatologi.
*****

Kesehatan Ibu Dan Anak Sebagai mahkota, rambut biasanya mendapat perhatian tersendiri baik bagi kaum wanita atau pria. Tapi bagaimana jika kering dan kusam tentu bisa membuat tak percaya diri. Merawat rambut ke salon adalah salah satu cara untuk membuat rambut indah dan sehat.

Selain melakukan creambath secara teratur, Anda juga bisa menggunakan minyak alami untuk mengatasi rambut kering dan memanjakannya. Bukan hanya bisa membuat rambut lebih bersinar dan lembab, minyak alami juga bisa memperkuat akar rambut. Berikut lima minyak alami yang bisa Anda gunakan pada rambut, seperti dilansir dari madamenoire.com.

1. Minyak avokad
Minyak avokad memiliki dampak luar biasa untuk membuat rambut lebih lembut. Kandungan nutrien, asam amino, lemak serta vitamin
A, D, dan E sangat tinggi. Sangat baik untuk melembabkan, meningkatkan kekuatan rambut dan membuatnya lebih cerah.

2. Minyak jarak
Minyak jarak sangat pas untuk Anda yang ingin membuat rambut lebih tebal. Itu karena kandungan didalamnya bisa meningkatkan pertumbuhan rambut, mencegah rambut menipis, melembabkan, mencegah rambut patah, membuat rambut keriting lebih mudah diatur
serta mencegah infeksi kulit kepala.

3. Minyak kelapa
Minyak kelapa sangat efektif untuk mencegah timbulnya ketombe. Lalu bisa merangsang pertumbuhan rambut lebih cepat, melembabkan
serta mencegah kerusakan.

4. Minyak zaitun
Bukan hanya bagus untuk kulit, minyak zaitun juga bisa mempercantik mahkota Anda. Gunakan saja minyak zaitun yang sudah dihangatkan secara teratur. Kerontokan rambut bisa berkurang, kareng kandungan antioksidannya yang tinggi. Rambut Anda pun akan lebih cerah bersinar.

5. Minyak rosemarry
Minyak rosemary sangat bagus untuk merangsang folikel untuk pertumbuhan rambut. Termasuk mencegah rambut rontok dan beruban,
serta menangkal ketombe. (vivanews)
*****

Tips Menjaga Kesehatan Rambut

Tips Menjaga Agar Rambut Anda Tidak Mudah Rontok
  1. Kurangi atau hindari pemakaian shampoo dengan busa yang terlalu banyak. Karena shampoo yang memiliki busa banyak mengandung pH 7 sampai 8 yang dapat merusak asam alamiah kulit kepala yang pH-nya sekitar 5,5. Ketidakseimbangan pH dapat mengganggu pertumbuhan rambut yang sehat dan menyebabkan rambut rontok. Cobalah mengganti shampoo dengan formula rendah busa, atau gunakan shampoo bayi karena umumnya tidak mengandung detergen.
  2. Conditioner bermanfaat untuk melawan sifat rambut yang alkalis. Sifat asam dalam conditioner akan menutup kutikula rambut seperti semula. Conditioner juga memberi minyak pada rambut dan membuatnya lebih bercahaya. Walau sebetulnya rambut memproduksi minyak, tetapi pada rambut yang panjang, minyak tidak sampai pada ujung rambut, dan inilah salah satu guna conditioner.
  3. Sering-seringlah memijat kulit kepala. Memijat kulit kepala berfungsi untuk membantu memperlancar peredaran darah. Darah akan menuju pembuluh kapiler untuk mengantarkan makanan bagi akar-akar rambut. Tundukkan kepala ketika men-shampoo sambil memijat kulit kepala. Cara ini dapat membantu otak Anda mendapat asupan oksigen lebih baik yang dapat membantu Anda berkonsentrasi dengan lebih baik lagi.
  4. Minumlah suplemen yang mengandung vitamin B6 dan Zinc, terutama jika Anda memang kurang mendapatkan asupan nutrisi tersebut dari makanan. Vitamin B5 dan B6 mengatur produksi sebum, minyak yang melumaskan folikel rambut sehingga menghasilkan batang rambut yang sehat.
  5. Kurangi mengkonsumsi kopi dan soda, gantilah dengan minum smoothie buah yang kaya akan vitamin B, seperti pisang, stroberi, mangga dan buah kiwi sehingga asupan vitamin B akan bertambah banyak. Selain itu kelebihan kafein dalam tubuh malah akan menghilangkan cadangan vitamin B5 dan B6. Kacang-kacangan dan wholegrain yang kaya akan zinc juga mutlak dikonsumsi untuk mengatasi kerontokan rambut.
  6. Batasi penggunaan zat kimia ataupun perlakuan fisik berlebihan pada rambut. Rambut yang diwarnai, di-rebonding, dicatok, atau diikat maupun dikeringkan dengan menggunakan hair dryer telah menyiksa rambut Anda sehingga rambut menjadi stres dan lebih rapuh.
  7. Hindari stres, karena stres dapat memicu kerontokan rambut. Usahakan tidur cukup agar tubuh Anda mendapatkan cukup istirahat. Hindari rokok dan alcohol. Serta hindari diet terlalu ketat atau diet yang tak seimbang, karena kurangnya asupan protein akan mengurangi pula jatah nutrisi protein untuk pertumbuhan rambut
*****


Ketombe.jpg (223×226)
Cara Mengatasi Ketombe Secara Alami

Cara alami menghilangkan ketombe :
Apakah anda mempunyai masalah dengan ketombe ? atau apakah anda sangat terganggu dengan ketombe ??.. maka praktekanlah cara - cara berikut ini untuk mengatasinya, tapi sebelum saya beritahu caranya. Jauh lebih baik anda mengetahui terlebih dahulu apa itu ketombe dan penyebeb terjadinya ketombe.

ketombe merupakan serpihan kecil yang muncul pada kulit kepala yang sering disertai dengan rasa gatal. Pada umumnya Ketombe merupakan  pengelupasan sel – sel kulit mati yang berlebih pada kulit kepala.

Penyebab Ketombe :
Ada banyak faktor yang memicu munculnya ketombe, namun secara umum ketombe disebabkan oleh :
Kulit kepala yang berminyak : banyak orang yang percaya bahwa minyak yang berlebih di kepala merupakan faktor utama pemicu munculnya ketombe.
Keringat : olah raga yang berlebih yang menyababkan keringat di kepala bisa memicu ketombe.
Jamur : jamur Pityrosporum merupakan jamur yang menyebabkan ketombe pada kulit kepala.
Faktor lainnya termasuk: cuaca dingin, penggunaan semprotan dan minyak rambut, sampo yang tidak sesuai,  bilasan sampo yang kurang bersih, jarang mencuci rambut, diet, stress dan gangguan hormon
Terus bagaimanakan cara mengatasinya ? berikut cara alami atasi ketombe.

1. Cuka putih
Cuka putih adalah obat yang sangat baik untuk ketombe. Campurkan secangkir cuka putih dengan secangkir air, dan tuangkan di kulit kepala Anda setelah berkeramas, sebagai bilasan akhir. Biarkan sebentar, kemudian bilas dengan air bersih.
Anda juga dapat mencuci rambut Anda dengan satu sendok cuka yang dicampur 3 sendok makan minyak, lalu dibersihkan dengan sampo. Cara ini memberikan efek yang sama baiknya.

2. Soda kue
Basahi sedikit rambut Anda. Ambil segenggam soda kue dan gosokkan kulit kepala Anda dengan soda kue tersebut. Kemudian bilas dengan baik sehingga semua soda hilang dari rambut Anda. Lakukan hal ini beberapa kali. Pada awalnya, rambut Anda mungkin akan sedikit kering, tapi setelah satu minggu Anda akan melihat perbedaannya. Kulit kepala Anda memproduksi minyak secara alami, membuat rambut Anda lembut kembali dan ketombe Anda akan hilang.

3. Jeruk nipis
Siramkan 2 sdm air jeruk nipis di kepala Anda. Remas-remaslah rambut dan kulit kepala Anda. Ambil segelas air dan tambahkan 1 sendok makan jus lemon ke dalamnya, lalu siramkanlah ke rambut Anda. Bilaslah dengan air setelah beberapa menit. Kepala Anda akan berbau harum dan segar lemon dan ketombe Anda pun menghilang. Ulangi beberapa kali sampai ketombe Anda benar-benar hilang.

4. Garam
Ambil garam meja ketika Anda akan mencuci rambut Anda. Taburkan dan gosok kulit kepala Anda dengan garam. Bilaslah setelah beberapa saat dan bersihkan rambut Anda dengan sampo.

5. Santan kelapa
Campur santan dari setengah butir kelapa, satu gelas jus buah nanas, perasan jeruk nipis, dan satu setengah gelas air kelapa. Aduk secara merata. Gunakan campuran ini untuk mencuci rambut setiap lima hari sekali. Bersihkan dengan sampo setiap kali melakukannya.

6. Memijat kepala saat keramas. Pijatlah rambut anda secara lembut dan menyeluruh dari leher sampai kepala. Ini bisa membantu meningkatakan sirkulasi darah dan menghilangkan serpihan ketombe yang telah terakumulasi pada kulit kepala anda.

7. Dan yang jauh lebih penting lagi ialah selalu menjaga kebersihan tubuh terutama kulit kepala dengan mandi secara teratur.

Selamat Mencoba dan semoga berhasil.


Dari berbagai sumber google.

Posting Komentar

Blogger