Malam Jum'at Disunnahkan Baca Surah Al-Kahfi

Malam Jum'at Disunnahkan Baca Surat Al-Kahfi, Bukan Surat Yasin

Oleh: Badrul Tamam
Al-Hamdulillah, segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam semoga terlimpah kepada Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam, keluarga dan para sahabatnya serta umatnya hingga akhir zaman.
Membaca surat Yasin pada malam Jum'at menjadi tradisi yang melekat pada masyarakat Melayu, seperti Indonesia dan Malaysia. Selepas Maghrib, rumah-rumah, masjid, dan mushalla ramai dengan lantunan surat Yasin baik dengan sendiri-sendiri maupun berjamaah. Terekam dalam benak, bahwa ini adalah amal yang benar-benar disyariatkan dan memiliki pahala besar. Bagaimana sebenarnya hukum takhsis malam Jum'at dengan membaca surat Yasin?
Pertama, membaca Al-Qur'an dianjurkan kepada kaum muslimin, bahkan termasuk amal utama. Pahalanya sangat besar di sisi Allah Subhanahu wa Ta'ala. Kedekatan seseorang dengan Rabb-nya bisa dilihat seberapa ia dekat dengan Al-Qur'an, karena ia adalah Kalamullah. Maka jika seseorang memperbanyak membaca Al-Qur'an maka itu baik untuknya, termasuk membaca surat Yasin, baik di malam Jum'at atau malam-malam lainnya.
Kedua, Membaca Al-Qur'an termasuk amal ibadah mutlak, tidak terikat kapan dan dimana harus dibaca. Sementara menghususkannya dengan waktu dan tempat tertentu itu membutuhkan dalil. Dan tidak ditemukan dalil shahih tentang anjuran dan fadhilah membaca surat Yasin pada malam dan hari Jum'at. Para ulama ahli hadits menghukumi keutamaan surat Yasin antara dhaif atau maudhu'. Sehingga seseorang tidak boleh menghususkannya pada malam Jum'at dengan meyakini itu termasuk amal khusus yang disyariatkan padanya dan memiliki keutamaan tertentu.
Syaikh Abdurrahman al-Sahim dalam forum Syabkah Misykah Al-Islamiyyah menjawab pertanyaan seputar ini, "Shahihkah Hadits yang Menyebutkan Tentang Membaca Surat Yasin dan al-Shaffat pada Malam Jum'at?",.
Jawaban beliau, "Ini tidak shahih. Dan disebutkan riwayat:
مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ يس فِي لَيْلَةِ الْجُمعَةِ غُفِرَ لَهُ
"Siapa yang membaca surat (Yasin) pada malam Jum'at diampuni dosanya."
Syaikh Al-Albani berkata: "Dhaif Jiddan (sangat lemah,-ter)" (Lihat: Dhaif al-Targhib wa al-Tarhib: no. 450). Dan tidak terdapat satu haditspun yang shahih tentang keutamaan surat Yasin." Wallahu Ta'ala A'lam.
Apa yang Disyariatkan Dibaca Pada Malam dan Hari Jum'at
Salah satu amal ibadah khusus yang diistimewakan pelakasanaannya pada hari Jum’at adalah membaca surat Al-Kahfi. Berikut ini kami sebutkan beberapa dalil shahih yang menyebutkan perintah tersebut dan keutamaannya.
1. Dari Abu Sa'id al-Khudri radliyallahu 'anhu, dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
مَنْ َقَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمْعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ فِيْمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيْقِ
"Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada malam Jum’at, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dia dan Baitul 'atiq." (Sunan Ad-Darimi, no. 3273. Juga diriwayatkan al-Nasai dan Al-Hakim serta dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih al-Targhib wa al-Tarhib, no. 736)
2. Dalam riwayat lain masih dari Abu Sa’id al-Khudri radhiyallahu 'anhu,
مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمْعَةِ أَضَآءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ مَا بَيْنَ الْجُمْعَتَيْنِ
"Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya untuknya di antara dua Jum'at." (HR. Al-Hakim: 2/368 dan Al-Baihaqi: 3/249. Ibnul Hajar mengomentari hadits ini dalam Takhrij al-Adzkar, “Hadits hasan.” Beliau menyatakan bahwa hadits ini adalah hadits paling kuat tentang surat Al-Kahfi. Syaikh Al-Albani menshahihkannya dalam Shahih al-Jami’, no. 6470)
3. Dari Ibnu Umar radhiyallahu 'anhuma, berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,
مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمْعَةِ سَطَعَ لَهُ نُوْرٌ مِنْ تَحْتِ قَدَمِهِ إِلَى عَنَانِ السَّمَاءَ يُضِيْءُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَغُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَ الْجُمْعَتَيْنِ
Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat.
Al-Mundziri berkata: hadits ini diriwayatkan oleh Abu Bakr bin Mardawaih dalam tafsirnya dengan isnad yang tidak apa-apa. (Dari kitab at-Targhib wa al- Tarhib: 1/298)”
Kapan Membacanya?
Sunnah membaca surat Al-Kahfi pada malam Jum’at atau pada hari Jum’atnya. Dan malam Jum’at diawali sejak terbenamnya matahari pada hari Kamis. Kesempatan ini berakhir sampai terbenamnya matahari pada hari Jum’atnya. Dari sini dapat disimpulkan bahwa kesempatan membaca surat Al-Kahfi adalah sejak terbenamnya matahari pada hari Kamis sore sampai terbenamnya matahari pada hari Jum’at.
Imam Al-Syafi'i rahimahullah dalam Al-Umm menyatakan bahwa membaca surat al-Kahfi bisa dilakukan pada malam Jum'at dan siangnya berdasarkan riwayat tentangnya. (Al-Umm, Imam al-Syafi'i: 1/237).
Mengenai hal ini, al-Hafidzh Ibnul Hajar rahimahullaah mengungkapkan dalam Amali-nya: Demikian riwayat-riwayat yang ada menggunakan kata “hari” atau “malam” Jum’at. Maka dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud “hari” temasuk malamnya. Demikian pula sebaliknya, “malam” adalah malam jum’at dan siangnya. (Lihat: Faidh al-Qadir: 6/199).
DR Muhammad Bakar Isma’il dalam Al-Fiqh al Wadhih min al Kitab wa al Sunnah menyebutkan bahwa di antara amalan yang dianjurkan untuk dikerjakan pada malam dan hari Jum’at adalah membaca surat al-Kahfi berdasarkan hadits di atas. (Al-Fiqhul Wadhih minal Kitab was Sunnah, hal 241).
. . . Kesempatan membaca surat Al-Kahfi adalah sejak terbenamnya matahari pada hari Kamis sore sampai terbenamnya matahari pada hari Jum’at. . .
Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi di Hari Jum’at
Dari beberapa riwayat di atas, bahwa ganjaran yang disiapkan bagi orang yang membaca surat Al-Kahfi pada malam Jum’at atau pada siang harinya akan diberikan cahaya (disinari). Dan cahaya ini diberikan pada hari kiamat, yang memanjang dari bawah kedua telapak kakinya sampai ke langit. Dan hal ini menunjukkan panjangnya jarak cahaya yang diberikan kepadanya, sebagaimana firman Allah Ta’ala:
يَوْمَ تَرَى الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ يَسْعَى نُورُهُمْ بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَبِأَيْمَانِهِمْ
Pada hari ketika kamu melihat orang mukmin laki-laki dan perempuan, sedang cahaya mereka bersinar di hadapan dan di sebelah kanan mereka.” (QS. Al-Hadid: 12)
Balasan kedua bagi orang yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at berupa ampunan dosa antara dua Jum’at. Dan boleh jadi inilah maksud dari disinari di antara dua Jum’at. Karena nurr (cahaya) ketaatan akan menghapuskan kegelapan maksiat, seperti firman Allah Ta’ala:
إن الحسنات يُذْهِبْن السيئات
Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk.” (QS. Huud: 114)
Surat Al-Kahfi dan Fitnah Dajjal
Manfaat lain surat Al-Kahfi yang telah dijelaskan Nabi shallallahu 'alaihi wasallam adalah untuk menangkal fitnah Dajjal. Yaitu dengan membaca dan menghafal beberapa ayat dari surat Al-Kahfi. Sebagian riwayat menerangkan sepuluh yang pertama, sebagian keterangan lagi sepuluh ayat terakhir.
Imam Muslim meriwayatkan dari hadits al-Nawas bin Sam’an yang cukup panjang, yang di dalam riwayat tersebut Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,  “Maka barangsiapa di antara kamu yang mendapatinya (mendapati zaman Dajjal) hendaknya ia membacakan atasnya ayat-ayat permulaan surat al-Kahfi.
Dalam riwayat Muslim yang lain, dari Abu Darda’ radhiyallahu 'anhu, bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa yang membaca sepuluh ayat dari permulaan surat al-Kahfi, maka ia dilindungi dari Dajjal.” Yakni dari huru-haranya.
Imam Muslim berkata, Syu’bah berkata, “Dari bagian akhir surat al-Kahfi.” Dan Hammam berkata, “Dari permulaan surat al-Kahfi.” (Shahih Muslim, Kitab Shalah al-Mufassirin, Bab; Fadhlu Surah al-Kahfi wa Aayah al-Kursi: 6/92-93)
Imam Nawawi berkata, “Sebabnya, karena pada awal-awal surat al-Kahfi itu tedapat/ berisi keajaiban-keajaiban dan tanda-tanda kebesaran Allah. Maka orang yang merenungkan tidak akan tertipu dengan fitnah Dajjal. Demikian juga pada akhirnya, yaitu firman Allah:
أَفَحَسِبَ الَّذِينَ كَفَرُوا أَنْ يَتَّخِذُوا عِبَادِي مِنْ دُونِي أَوْلِيَاءَ
Maka apakah orang-orang kafir menyangka bahwa mereka (dapat) mengambil hamba-hamba-Ku menjadi penolong selain Aku? . . .” QS. Al-Kahfi: 102. (Lihat Syarah Muslim milik Imam Nawawi: 6/93)
Penutup
Hari Jum'at merupakan hari yang mulia, hendaknya setiap muslim memuliakannya dengan amal-amal ketaatan. Namun menetapkan amal-amal tersebut tidak boleh hanya dengan anggapan semata, tapi harus didasarkan kepada tuntutan Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam yang kita ketahui melalui sunnahnya. Karena dengan ittiba' kepada sunnah beliau Shallallahu 'Alaihi Wasallam  tersebut, -sesudah ikhlash- seseorang akan diterima amal ibadahnya dan dicintai oleh Rabb-nya. Dan tidak didapatkan sunnah shahihah dari Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam yang menghususkan malam Jum'at ataupun siang harinya dengan membaca surat Yasin. Bersamaan itu, terdapat amal yang dianjurkan oleh beliau Shallallahu 'Alaihi Wasallam, yaitu membaca surat Al-Kahfi, dan inilah yang dianjurkan oleh Imam al-Syafi'i rahimahullah. Wallahu Ta’aa a’lam. [Sumber]
=====

Pertanyaan
Amalan apa saja yang sunnah dilaksanakan pada hari Jum’at? Dan bagaimana hukumnya membaca surat al-Kahfi (surat ke-18 dalam Al-Qur’an) pada hari Jum’at?
Jawaban:
Seperti kita ketahui, hari Jum’at merupakan hari yang paling mulia dalam Islam. Karena hari itu merupakan hari raya mingguan bagi umat Islam. DR Muhammad bakar Isma’il dalam Al-Fiqhul Wadhih minal Kitab was Sunnah menyatakan, hari Jum’at merupakan hari yang sangat mulia di sisi Allah Subhanahu wa Ta'ala. Hari itu merupakan hari yang dipilih oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala sebagai hari raya mingguan bagi kaum muslimin. Pada hari itu mereka berkumpul untuk melaksanakan shalat dengan penuh keramahan dan kecintaan.
Karena itu, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah pada hari itu. Di antaranya adalah memperbanyak wirid dan dzikir. Karena pada hari itu ada saat waktu istijabah yang sengaja dirahasiakan oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala agar hamba-hamba-Nya lebih giat mencari waktu tersebut. Termasuk juga yang disunnahkan adalah membaca shalawat kepada nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam.
عَنْ أَوْسِ بْنِ أَوْسٍ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : إنَّ مِنْ أَفْضَلِ أَيَّامِكُمْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فِيْهِ خُلِقَ آدَمُ، وَفِيْهِ النَّفْخَةُ، وَفِيْهِ الصَّعْقَةُ، فَأَكْثَرُوا عَلَيَّ مِنَ الصَّلَاةِ، فّإنَّ صّلَاتَكُمْ مَعْرُوضَةٌ عَلَيَّ، قَالُوا: يَا رَسُوْلَ اللهِ وَكَيْفَ تُعْرَضُ صَلَاتُنَا عَلَيْكَ وَقَدْ أَرَمْتَ؟- أي بَلِيْتَ- قَالَ: إنَّ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ قَدْ حَرَّمَ عَلَى الْأرْضِ أنْ تَأكُلَ أجْسَادِ الْأنْبِيَاءِ—سنن ابن ماجه
"Diriwayatkan dari Aus bin Aus, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Sesungguhnya hari yang paling mulia bagi kalian adalah hari Jum’at. Pada hari itu Nabi Adam 'alaihis salam diciptakan, di hari itu ditiupkan ruh, dan pada hari itu dilaksanakan siksaan. Karena itu maka perbanyaklah membaca shalawat kepadaku. Sebab shalawat yang kamu baca pada hari itu akan didatangkan kepadaku." Lalu sahal seorang sahabat bertanya: "Wahai Rasulullah bagaimana mungkin shalawat yang kami baca itu bisa dihadapkan kepadamu, padahal engkau telah hancur dimakan bumi?" Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam menjawab: "Sesungguhnya Allah ’Azza wa Jalla mengharamkan bumi untuk memakan jasad para Nabi-Nya"." (HR Ibnu Majah, 1075)
Di antara amalan yang dianjurkan juga adalah membaca surat al-Kahfi pada malam Jum’at atau pada hari Jum’atnya.
عَنْ أَبِي سَعِيْدٍ الخُذْرِيّ قَالَ مَنْ َقَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمْعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ فِيْمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيْقِ
"Diriwayatkan dari Abi Said Al-Khudri, ia berkata, "Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada malam Jum’at, maka Allah Subhanahu wa Ta'ala akan menyinarinya dengan cahaya antara dia dan rumah yang penuh dengan keindahan"." (Sunan Ad-Darimi, 3273)
Membaca Shalawat dan membaca surat al-Kahfi pada malam atau hari Jum’at itu sunnah. Dalam hal ini DR Muhammad Bakr Isma’il menyatakan, seorang muslim disunnahkan untuk memperbanyak membaca shalawat kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam pada malam hari Jum’at. Begitu juga sunah sunnah membaca surat al-Kahfi pada malam dan hari Jum’at." (Al-Fiqhul Wadhih minal Kitab was Sunnah, hal 241). (Sumber)
=====


surah al kahfi yakni beerti gua adalah surah yang ke 18 didalam al quran yang mengandungi 110 aat.ia dinamakan al kahfi kerana dari ayat 9 hingga ayat 26 menceritakan penduduk gua yang ditidurkan oleh allah selama lebih 300 tahun,demi iman mereka yang amat teguh terhadap dasar tauhid.sebagaimana firman nya :
maksudnya
(al kahfi ayat 9)atau kamu mengira bahawa orang orang yang mendiami gua dan yang mempunyai raqim itu,mereka termasuk tanda tanda kami yang menghairankan?(al kahfi ayat 10)dan ingatlah kamu,tatkala pemuda pemuda itu mencari tempat berlindung kedalam gua lalu mereka berdoa "wahai tuhan kami,berikanlah rahmat kepada kami dari sisimu dan sempurnakanlah bagi kami pertunjuk yang lurus dalam urusan kami (surah al kahfi ayat 11)maka kami tutup telinga mereka beberapa tahun lamanya didalam gua itu(surah al kahfi ayat 12)kemudian kami bangunkan mereka agar kami mengetahui manakah diantara kedua golongan itu yang lebih tepat dalam menghitung berapa lama mereka tinggal didalam gua itu.
 (al kahfi ayat 13)kami menceritakan kisah mereka kepada mu dengan sebenarnya,sesungguhnya mereka itu adalah pemuda pemuda yang beriman kepada tuhan mereka dan kami tambahkan kepada mereka pertunjuk (al kahfi 14)dan kami telah meneguhkan hati mereka diwaktu mereka berdiri lalu mereka berkata "tuhan kami adalah tuhan langit dan bumi,kami sekali kali tidak akan menyeru tuhan selain dari dia,sesungguhnya kami kalau demikian mengengkarinya telah mengucapkan perkataan yang amat jauh dari kebenaran.(al kahfi 15)sesungguhnya kaum kami telah menjadikan tuhan selain dia sebagai tuhan tuhan untuk disembah.mengapakah  mereka tidak mengemukakan alasan yang terang tentang kepercayaan mereka?siapakah yang lebih zalim daripada orang orang yang mengadakan kebohongan terhadap allah?

(al kahfi 16)dan apabila kamu meninggalkan mereka dan apa yang mereka sembah selain allah maka carilah tempat berlindung kedalam gua itu nescaya tuhan mu akan melimpahkan sebahagian rahmat nya kepada kamu dan menyediakan sesuatu yang berguna bagimu dalam urusan kamu
(al kahfi ayat 17)dan kamu melihat matahari ketika terbit,condong dari gua mereka kesebelah kanan,dan bila matahari itu terbenam menjauhi mereka ke sebelah kiri sedang mereka berada dalam tempat yang luas dalam gua itu.
(al kahfi 18)kamu mengira mereka itu bangun padahal mereka itu tidur dan kami balik balikkan mereka ke kanan dan kekiri,sedang anjing mereka mengunjurkan kedua lengannya dimuka gua.dan jika kamu menyaksikan mereka tentulah kamu akan berpaling dari mereka dengan melarikan diri dan tentulah hati kamu akan dipenuhi dengan ketakutan terhadap mereka.

(al kahfi 19)dan demikianlah kami bangunkan mereka agar mereka saling bertanya diantara mereka sendiri,berkatalah salah seorang diantara mereka "sudah berapa lamakah kamu berada disini?"mereka menjawab "kita berada disini sehari atau setengah hari"tuhan kamu lebih mengetahui berapa lamanya kamu berada disini.maka suruhlah salah seorang diantara kamu pergi kekota dengan membawa wang perakmu ini,dan hendaklah dia lihat manakah makanan yang lebih baik ,maka hendaklah dia membawa makanan itu untukmu dan hendaklah dia berlaku lemah lembut dan janganlah sekali kali menceritakan halmu kepada seseorang.(al kahfi ayat 20)sesungguhnya jika mereka dapat mengetahui tempatmu ,nescaya mereka akan melempar kamu dengan batu atau memaksa kamu kembali kepada agama mereka dan jika demikian nescaya kamu tidak akan beruntung selama lamanya.
(al kahfi 21)dan demikian pula kami mempertemukan manusia dengan mereka agar manusia itu mengetahui,bahawa janji allah itu benar,dan bahawa kedatangan hari kiamat tidak ada keraguan padanya,ketika orang orang itu berselisih tentang urusan mereka,orang orang itu berkata "dirikanlah sebuah bangunan  diatas gua mereka,tuhan mereka lebih mengetahui tentang mereka"orang orang yang berkuasa atas urusan mereka berkata "sesungguhnya kami akan mendirikan sebuah rumah ibadat diatasnya"
(al kahfi 22)nanti ada orang yang akan mengatakan jumlah mereka adalah 3 orang,yang keempat adalah anjingnya,ada yang lain mengatakan"jumlah mereka adalah 5 orang dan yang keenam adalah anjingnya"sebagai tekaan terhadap barang yang ghaib dan yang lain lagi mengatakan "jumlah mereka 7 orang,yang ke 8 adalah anjingnya"katakanlah "tuhan ku lebih mengetahui jumlah mereka,tidak ada orang yang mengetahui bilangan mereka kecuali sedikit,kerana itu janganlah kamu bertengkar tentang hal mereka kecuali pertengkaran lahir saja dan kamu menanyakan tentang mereka yakni pemuda pemuda itu kepada seorang pun diantara mereka.(al kahfi 23)dan janganlah sekali kali kamu mengatakan terhadap sesuatu "sesungguhnya aku akan mengerjakan itu esok pagi"(al kahfi 24)kecuali dengan menyebut "insya allah dan ingatlah kepada tuhanmu jika kamu lupa dan katakanlah "mudah mudahan tuhanku akan memberikan aku pertunjuk kepada yang lebih dekat kebenarannya daripada ini.
(al kahfi 25)dan mereka tinggal dalam gua mereka 300 tahun lamanya dan ditambahi dengan 9 tahun lagi(al kahfi 26)katakanlah "allah lebih mengetahui berapa lamanya mereka tinggal digua,kepunyaan allah lah semua yang tersembunyi dilangit dan dibumi.alangkah terang penglihatannya dan alangkah tajam pendengarannya ,tidak ada sebarang perlindungan pun bagi mereka selain daripadanya dan dia tidak mengambil seorang pun untuk menjadi sekutunya dalam menerapkan keputusan"

       saya fikir banyak terdapat beberapa hadis rasulullah saw yang menyatakan berbagai fadhilat,faedah dan hikmah bagi mereka yang mengamalkan membaca surah al kahfi,diantaranya ialah sabda baginda yang diriwayatkan oleh al baihaqi dari abi said al khudri yang bermaksud :
sesiapa yang membaca surah al kahfi pada malam jumaat maka terpancarlah cahaya diantaranya dan baitullah
imam ahmad berkata yang daripada abi darda' yakni daripada nabi saw,baginda bersabda
sesiapa yang menghafaz 10 ayat permulaan surah al kahfi maka terhindar daripada dajjal

imam ahmad berkata,daripada abi darda' bahawa nabi saw bersabda
sesiapa yang membaca 10 ayat akhir daripada surah al al kahfi maka terhindarlah ia daripada fitnah dajjal


daripada muaz ibnu anas al juhari,daripada bapanya,daripada nabi saw baginda bersabda
sesiapa membaca dari surah al kahfi maka jadilah baginya cahaya daripada kepala hingga kakinya dan sesiapa yang membaca keseluruhan ayat al kahfi maka jadilah baginya cahaya antara langit dan juga bumi
dan daripada umar bahwawa beliau berkata,rasulullah saw telah bersabda yang bermaksud
sesiapa yang membaca surah al kahfi pada hari jumaat maka bersinarlah cahaya daripada bawah kakinya hingga ke langit,untuknya dihari kiamat dan diampunkannya antara 2 jumaat
selain dari itu ada sebuah lagi hadis menceritakan bahawa rasulullah bersabda yang bermaksud
sesiapa yang membaca surah al kahfi pada malam atau siang jumaat,maka diampun kan dosanya hingga jumaat akan datang,dan 70 ribu malaikat memohonkan rahmat kepada allah hingga waktu subuh dan dijauhkan allah dari terkena wabak penyakit demam panas atau ta'un ,penyakit sopak dan dijauhkan dari fitnah dajjal
semoga kita semua tergolong dari orang yang dirahmati allah dan berusaha mendekatkan diri kepada allah,hendaklah kita ingat dengan sabda nabi saw yang bermaksud
sesungguhnya allah tidak melihat gambaran lahir kamu tetapi allah melihat batin (hati) kamu.
Sumber

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak