Tips & Cara Mencuci Pakaian dan Beberapa Hal Terkait

Tips Cara Mencuci, Menjemur, Menyetrika, Menyimpan Pakaian/Baju Agar Awet Tahan Lama, Rapi & Bagus

Membeli pakaian adalah ritual rutin yang harus dilakukan oleh seseorang. Orang akan terpaksa membeli baju, celana, pakaian dalam, kaus kaki, jaket, dsb jika yang lama sudah tidak layak dipakai lagi alias rusak. Jika baju-baju kita yang lama dapat bertahan lebih lama maka kita pun bisa menghemat pengeluaran sandang kita.

Berikut ini situs web organisasi.org kesayangan kita akan berbagi tips cara-cara membuat pakaian kita bisa awet bertahan selama mungkin serta mengatasi berbagai permasalahan baju-baju kita. Apabila anda punya tambahan tips silahkan anda berbagi dengan kita-kita melalui komentar di bawah.

A. Tips Mencuci Pakaian / Baju

1. Untuk pakaian yang baru dibeli, baru dikasih orang, baru dapat hadiah, dan sebagainya sebaiknya dalam mencuci kita cuci sendiri tidak digabung dengan pakaian yang lain dan tidak di mesin cuci agar aman dari kasus kelunturan. Jika pencucian pertama dan kedua tidak ada masalah maka kita boleh menggabungkannya dengan pakaian lain untuk pencucian selanjutnya.

2. Pilah-pilah pakaian sebelum mencuci berdasarkan tingkat kekotorannya. Jangan menggabung pakaian yang habis dipakai untuk bermain lumpur atau kain pel dengan baju-baju yang dipakai sehari-hari karena baju yang tadinya bersih bisa terkontaminasi kotoran.

3. Jangan rendam kaos, celana, baju, dan lain-lain yang disablon terlalu lama lebih dari satu jam di dalam larutan deterjen agar tidak rusak.

4. Apabila anda membeli atau mendapat baju bekas / second yang pernah dipakai orang lain maka cuci pakaian tersebut dengan deterjen yang dapat membunuh kuman agar penyakit-penyakit yang menempel di baju-baju tersebut dapat bersih.

5. Pada saat mencuci gunakan perasaan dan jangan emosi. Hati-hati pada saat menyikat pakaian, memeras pakaian, mengucek pakaian, membanting pakaian, dll jangan terlalu keras agar baju-baju tidak cepat rusak dan melar.

6. Bila menginginkan hasil yang lebih baik dan lebih bersih serta lebih yakin maka sebaiknya anda cuci pakaian tersebut secara manual dengan tangan anda sendiri. Mesin cuci yang pada saat mencuci diset tidak sesuai dengan bahan pakaian atau sablon bisa membuat pakaian rusak.

7. Biasanya pada laber pakaian yang terdapat di leher atau bagian pinggang terdapat pesan-pesan dari pabrik mengenai perlakuan yang seharusnya dilakukan pada saat mencuci pakaian tersebut. Ada aturan tentang suhu air, zat kimia untuk mencuci, cara menyetrika, dsb. Pelajari bahan-bahan pakaian dan cara pencuciannya agar tidak salah metode / teknik mencuci.

8. Zat pemutih pakaian yang terlalu kuat dapat menyebabkan sablon mengelupas dan rusak serta membuat bahan pakaiannya menjadi lebih tipis dan kasar.

9. Pakaian jenis tertentu dengan bahan khusus atau mudah rusak sebaiknya cucilah di tempat cuci laundry profesional agar pakaian kita bisa awet selalu.

10. Pada bilasan terakhir kita bisa menggunakan cairan pelembut dan pewangi pakaian untuk hasil pencucian yang terbaik.

11. Jika ada baju kita yang terkena noda makanan atau noda kimia lainnya sebaiknya lekas dibersihkan agar lebih mudah dihilangkan nodanya daripada menunggu yang akhirnya malah sulit dibersihkan.

12. Hati-hati dengan pembersih noda / bleaching karena bisa mengubah warna pakaian anda jadi belang. Tes dulu pada bagian bahan yang tersembunyi sebelum mencoba membersihkannya.

B. Tips Menjemur Pakaian / Baju

1. Untuk bahan seperti kaos yang bisa melar sebaiknya pada saat dijemur jangan digantung dengan hanger agar kerah atau bagian leher tidak melar.

2. Pakaian yang ada sablon / sablonan seperti kaos / t-shirt sebaiknya dijemur setelah baju dibalik. Jadi yang terkena matahari secara langsung adalah baju bagian dalam agar warna baju tidak cepat pudar, kusam dan mbladus.

3. Selain dengan cara menjemur pakaian pada sisi sebaliknya, bisa juga menjemur pakaian dengan posisi miring terhadap cahaya matahari agar tidak terlalu panas.

4. Dalam menjemur pakaian sebaiknya gunakan penjepit baju agar baju kita tidak beterbangan tertiup angin kencang yang dapat membuat baju kembali kotor jika jatuh ke tanah atau lantai yang kotor.

C. Tips Menyeterika Pakaian / Baju

1. Gunakan cairan pelicin pakaian agar hasil setrikaan lebih bagus, tidak kusut dan harum baunya.

2. Untuk kaos dan pakaian lain yang ada sablonan sebaiknya disetrika setelah dibalik di mana yang tersetrika adalah bagian sisi yang lainnya agar sablonan awet tidak ngelotok, rusak atau luntur terkena suhu panas.

3. Setrikalah baju anda sesuai aturan yang tertera pada label pesan perlakuan pakaian yang biasanya ada di bagian leher atau pinggang. Pelajari suhu-suhu yang perlu diset untuk setiap jenis bahan agar tidak salah setrika.

4. Menyetrika pakaian sebaiknya dilakukan ketika pakaian benar-benar kering habis dijemur di terik matahari cukup agar pakaian lebih awet tidak rapuh.

D. Tips Menyimpan Pakaian

1. Simpanlah pakaian anda di tempat yang bersih, kering, tidak berdebu dan tertutup rapat. Bersihkan dulu dengan lap kering atau lap basah jika kotor sekali.

2. Sebelum menyimpan pakaian pada lemari pakaian sebainya anda pastikan terlebih dahulu tingkat kekeringan pakaian tersebut. PAstikan telah kering benar agar tidak menimbulkan bau tidak sedap.

3. Jangan menyimpan pakaian di tempat yang penuh sesak agar mudah diambil jika diperlukan dan tidak membuat pakaian menjadi kusut tidak rapi.

4. Cuci dengan bersih pakaian anda sebelum disimpan dan keluarkan benda-benda yang ada di dalam saku. Pakaian yang kotor atau mengandung makanan bisa mengundang serangga yang akhirnya merusak pakaian kita.

5. Baju anda bisa digantung di hanger agar baju rapi tanpa bekas lipatan. Untuk celana bisa digantung dan bisa juga dilipat untuk menghemat ruangan penyimpanan pakaian.

6. Gunakan kamper dan alat penghilang kelembabab air untuk menjaga pakaian anda tetap terjaga dalam kondisi yang prima dan baik serta menghadang serangga perusak pakaian kita.

E. Tips Tambahan

1. Untuk baju-baju khusus yang mahal atau baju kesayangan kita sebaiknya jangan sering dipakai dan jangan dibawa tidur agar tidak cepat rusak.

2. Untuk pakaian yang digunakan sehari-hari dengan bahan umum dan murah bisa anda cuci di tempat laundry kiloan. Tetapi untuk jenis pakaian khusus yang mahal dengan bahan khusus sebaiknya anda cuci di laundry khusus satuan bukan kiloan agar pakaian anda dicuci dengan cara yang sesuai.

Selamat Mencoba dan Semoga Berhasil.

Bila anda punya tips atau trik lain silahkan isi komentar di bawah untuk berbagi dengan kita semua :)
-----

Tips mencuci baju putih agar tetap kinclong!

Kalian semua pasti punya baju putih kan? Sebagai warna netral yang cocok dipakai semua kalangan, baju putih memang jadi favorit banyak orang. Tapi, warna baju putih yang cepat berubah itu lho yang kadang bikin pusing.

Putih memang warna dasar yang paling terang, jadi wajar kalau baju putih lebih cepat terlihat kotor dan berubah warna. Perubahan warna pertama kali terjadi pada saat Anda mencuci baju putih.

Lalu, bagaimana dong cara menjaga agar warna baju putih tetap kinclong seperti baru? Jangan khawatir, Suite101.com memberikan beberapa tips mencuci baju putih di bawah ini.

1. Berdasarkan artikel "A Crisp White Shirt is a Fashion Classic" yang ditulis oleh Davis, Fort, dan Richa, lebih baik baju putih dicuci sendiri dan dijemur daripada menggunakan mesin cuci dan dry-clean.

2. Gunakan deterjen khusus untuk pakaian berwarna putih.

3. Jangan pernah mencampur baju warna putih dengan warna lain saat mencuci.

4. Jika warna baju putih kalian sudah terlihat kusam, coba gunakan pemutih. Ingat, gunakan pemutih khusus kain seperti Ecover's Laundry Bleach. Jangan gunakan pemutih biasa karena ini malah akan membuat warna baju kekuningan.

5. Produk penghilang noda lebih baik digunakan saat kalian menghilangkan kotoran pada pakaian putih, terutama bagian leher dan lengan. Gunakan pasta gigi untuk menggosoknya, tapi jangan terlalu keras karena bisa merusak kain.

6. Kalau bagian ketiak baju kalian biasanya terkena noda deodoran yang membandel, sebaiknya cegah hal ini sebelum terjadi pada baju putih karena nodanya akan lebih terlihat dan lebih sulit hilang. Sebaiknya gunakan kaos lagi di dalam sebelum memakai baju putih untuk melindungi kebersihannya.

7. Saat mengeringkan, sebaiknya gunakan hanger supaya baju tidak kusut.

8. Selamatkan kancing baju dengan membuka terlebih dulu kancing sebelum dicuci atau dimasukkan ke mesin cuci.

Itulah beberapa saran untuk mencuci baju putih. Memang membutuhkan usaha yang lebih daripada baju lainnya sih. Tapi kalau baju putih kalian terlihat lebih kinclong dari yang lain, kalian juga kan yang untung?
-----

Cara Mencuci Baju Dengan Sempurna

Siapa yang anak kost, angkat tangan! Biar aku tebak, sebagian anak kost itu biasanya mengandalkan jasa laundry untuk mencuci baju mereka. Mudah, cepat, instant. Tapi itu menandakan anak kost yang manja. Atau jangan-jangan kamu tergolong anak kost yang super sibuk? Kalo memang super sibuk, pake jasa laundry untuk mencucikan baju memang tidak masalah.

Akan tetapi kalo kamu tergolong anak kost yang punya banyak waktu luang, mengapa kamu tidak mencuci baju sendiri? Gak biasa? Wah berarti kamu anak kost yang cemen, tidak gentle.
Okelah biar kamu jadi anak kost yang gentle, kamu harus bisa mencuci baju sendiri. Belum bisa? Oke aku ajarin trik-trik mencuci baju agar baju kamu bersih dengan sempurna.

Cekidot:

Bahan dan peralatan yang perlu disiapkan:
1.  Ember ukuran secukupnya untuk menampung baju-baju kamu yang begitu kotornya.
2.  Sikat baju.
3.  Alas cuci baju bila perlu.
4.  Sabun deterjen yang kamu sukai, sesuai selera dan rasa yang kamu suka.
5.  Pewangi pakaian sesuai selera bila perlu, secukupnya.
6.  Air bersih. Bisa air sumur atau air PAM.
7.  Permen karet untuk menemani kamu mencuci biar kamu enggak mengoceh sendiri nantinya.

Teknis pelaksanaan mencuci baju adalah sebagai berikut ini:

1.  Pisahkan baju yang tingkat kotornya ringan dan berat. Nantinya baju yang kotornya tergolong berat, akan mendapat perlakuan lebih khusus.

2.  Rendam baju. Ada dua opsi yang bisa kamu pilih, pertama kamu bisa rendam dulu dengan air biasa tanpa sabun, dan yang kedua bisa juga kamu langsung rendam dengan air sabun deterjen. Jika rendam dengan air biasa, rendam selama kurang lebih 1 jam. Hal ini dilakukan agar kotoran lebih mudah terkelupas. Kemudian rendam dengan air sabun selama setengah jam saja. Jika kamu langsung rendam dengan air sabun, rendam selama setengah jam saja, jangan lebih, apalagi sampai satu hari, bahaya. Hal ini berlaku untuk pakaian dengan tingkat kotor yang ringan maupun berat. Ukuran air dan deterjen kamu kira-kira sendiri ya, jangan terlalu kental banyak busa, juga jangan terlalu encer kebanyakan air.

3.  Kemudian lakukan pengucekan terhadap baju kamu. Untuk baju yang tingkat kotornya ringan, dikucek dengan tangan saja sudah cukup. Untuk baju yang tingkat kotornya berat, perlu tambahan penyikatan baju pada bagian yang teramat kotor. Kalau menyikat bersikaplah hati-hati, jangan terlalu keras sehingga baju kamu bisa sobek.

Teknis mengucek baju adalah: pegang satu sisi baju dengan tangan kiri, dan yang lain dengan tangan kanan. Celupkan dulu ke dalam air sabun hingga busanya menempel. Kemudian gesek-gesekkan kedua sisi baju yang telah kamu pegang itu. Gesek-gesek hingga keluar bunyi khas kucekan, srutt-srutt-srutt gitu. Semakin keras dan kentara bunyi kucekan kamu, itu menandakan kalau kamu mempunyai jiwa seni mengucek yang tinggi.

Gesekan ini bisa dilakukan sebanyak 3-5 kali, tergantung tingkat kotor baju kamu. Lebih dari itu juga enggak apa-apa, asal jangan keterusan.

Sedangkan teknik menyikat yang baik adalah: basahi dulu baju kamu dengan air sabun. Kemudian letakkan pakaian pada alas cuci baju atau lantai yang beralur. Fokuskan penyikatan pada bagian yang terlihat jelas kotornya. Sikat sebanyak 8-10 kali, atau tergantung tingkat kotor baju kamu. Yang jelas, sikat sampai bersih dan hilang nodanya. Kalo terpaksa enggak bisa hilang noda itu, yaa jangan dipaksakan. Pemaksaan itu tidak baik. Tentunya kamu dipaksa enggak mau kan? Setelah itu baju diperas agar air sabunnya tidak mengikuti.

4.  Bilas baju yang telah dikucek atau disikat. Siapkan terlebih dulu air bilasan. Air bilasan pertama harus banyak, agar busa sisa sabun deterjen bisa hilang. Caranya: celup-celupkan baju di dalam air bilasan sambil dikucek-kucek sedikit. Lakukan selama 3-5 kali celupan dan kucekan ringan. Peras baju dan kemudian pindahkan pada ember penampung baju bilasan pertama.

5.  Langkah selanjutnya adalah bilasan kedua. Bilasan kedua menyempurnakan pembersihan sisa sabun pada bilasan pertama. Cukup dicelup-celupkan saja berulang kali sebanyak 3-5 kali lagi, sambil juga dikucek-kucek ringan. Jika kamu ingin menambahkan pewangi pakaian, tuangkan dulu pewangi pada air bilasan ini, aduk rata. Setelah dibilas, siram baju dengan air bersih. Yang paling baik adalah air mengalir. Tapi air siraman juga tidak apa-apa. Sebanyak satu kali saja. Kemudian diperas. Kemudian letakkan pada penampung pakaian yang siap untuk dijemur.

6.  Kemudian jemur baju. Detail teknis menjemur baju adalah peras dulu baju yang akan dijemur. Memeras baju pada tahap ini tidak perlu terlalu keras, yang penting sekitar seperempat airnya runtuh. Lalu kibaskan baju hingga bekas lekukan-lekukan hilang. Pasang gantungan baju dan kaitkan pada tali jemuran.

7.  Selesai. Dan tunggu baju jemuran hingga kering dengan sempurna.

Selesailah cara mencuci baju dengan sempurna. Kamu bisa laksanakan mencuci baju di kost kamu secara sendirian maupun berjamaah dengan teman-teman kost kamu. Makin rame mencuci baju makin asyik. Apalagi kalo sambil ngrumpi, beeuhh, asik banget tuh.

Ada yang perlu kamu koreksi atau tambahkan? Komentar aja!
Selesai.
-----

TIPS MENCUCI KAOS

Tips Mencuci Kaos

1. Jangan merendam kaos terlalu lama

Deterjen dapat menyebabkan sablon pada kaos kesayangan anda cepat rusak, untuk itu pada saat merendam kaos usahakan tidak lebih dari 1 jam. Bahkan untuk kaos baru jangan direndam lebih dari 30 menit.

2. Pisahkan kaos putih dari yang berwarna saat dicuci

Pisahkan  antara kaos yang berwarna terutama yang berwarna kuat seperti hitam, merah, biru, dan hijau dengan kaos lain yang berwarna putih, untuk mengantisipasi apabila ada yang luntur. Pisahkan juga kaos yang sangat kotor dengan yang tidak begitu kotor, karena apabila dicampur malah dapat membuat kotoran yang ada saling menyebar ke kaos yang lain.

3. Jangan disikat

Pada saat mencuci kaos, jangan menyikat terlalu keras karena dapat merusak sablon pada kaos tersebut. Hindari juga mengucek kaos dengan terlalu kuat karena dapat merusak pori-pori baju.

4. Jemur terbalik

Setelah dibilas, jemur kaos dengan terbalik. Kuatnya sinar matahari dapat mengakibatkan warna kaos dan sablon anda memudar. Oleh sebab itu jemur kaos yang telah dicuci dengan cara di balik terlebih dahulu agar sablon tidak langsung menghadap ke matahari.

5. Jangan digantung pakai hanger

Baju kaos yang akan dijemur jangan digantung pakai hanger karena dapat membuat leher kaos menjadi melar. Kecuali setelah kering, kaos dapat digantung pakai hanger karena berat bahan kaos tidak terlalu berat.

6. Hindari penggunaan pemutih

Jangan menggunakan pemutih pakaian pada kaos anda. Bahan pemutih pakaian mengandung zat kimia yang sangat kuat, yang dapat menyebabkan sablon menjadi luntur dan terkelupas. Pemutih pakaian juga berpotensi membuat kaos jadi cepat tipis dan kasar.

7. Cuci dengan menggunakan Antiseptic

Jika kita membeli atau mendapat baju bekas / second yang pernah dipakai orang lain maka cuci pakaian tersebut dengan cairan kimia yang aman, untuk  membunuh kuman agar penyakit-penyakit yang menempel di baju-baju tersebut dapat di bersihkan, contohnya adalah Dettol.

8. Hindari mencuci dengan menggunakan mesin cuci

Cara mencuci kaos yang terbaik adalah dengan cara manual / menggunakan tangan. Penggunaan mesin cuci pada umumnya dapat membuat kaos menjadi melar, sablon cepat rusak, dan pori-pori kasar. Hal ini dikarenakan pada saat mesin cuci berputar, kaos akan menerima beban tarik-ulur dan gesekan dengan kain lain disekitarnya.

9. Perhatikan aturan pada label

Biasanya pada label baju yang terdapat di leher atau bagian pinggang terdapat pesan-pesan dari pabrik mengenai perlakuan yang seharusnya dilakukan pada saat mencuci pakaian tersebut. Ada aturan tentang suhu air, zat kimia untuk mencuci, cara menyetrika, dsb. Pelajari bahan-bahan pakaian dan cara pencuciannya agar tidak salah metode / teknik mencuci

10. Cuci pada jasa laundry

Untuk kaos jenis tertentu dengan bahan khusus atau mudah rusak sebaiknya cucilah di tempat cuci laundry profesional agar kaos kesayangan anda bisa awet selalu.

11. Gunakan pewangi dan pelembut pakaian

Pada bilasan terakhir kita bisa menggunakan cairan pelembut dan pewangi pakaian untuk hasil pencucian yang terbaik.

12. Setrika dengan aman

Jangan lupa untuk menyetrika kaos kesayangan anda yang telah dicuci, dijemur dan telah kering. Hal ini membantu untuk membuat kaos kesayangan anda menjadi lebih awet.

13. Cepat bersihkan kaos yang kena noda

Jika kaos kita terkena noda makanan atau noda kimia lainnya sebaiknya lekas dibersihkan agar lebih mudah dihilangkan nodanya.

14. Jangan dipakai tidur

 Kebanyakan orang memakai kaos mereka untuk berbagai macam aktivitas, termasuk pada saat tidur. Demi keamanan kaos anda, sebaiknya jangan memakai kaos kesayangan anda pada saat tidur. Hal tersebut disebabkan karena pada saat tidur, sering kali keringat yang keluar dari tubuh kita membuat kaos menjadi lebih kotor.

15. Pakailah seperlunya

 Yang terakhir, pakai kaos kesayangan anda seperlunya. Semakin sering kaos anda dipakai, semakin cepat pula kaos anda akan menjadi pudar. Untuk mengakali hal ini, pakai kaos anda secara bergantian dalam kurun waktu yang tidak terlalu berdekatan.

Demikian beberapa tips praktis tentang bagaimana mencuci kaos kesayangan anda agar dapat awet dan tahan lama untuk dipakai.
-----

Cara Mencuci Pakaian Buat Anak Kost Cowok

Nah buat kamu-kamu yang cowok dan rada males mencuci pakaian sendiri, terutama buat anak kost. Berikut Cara Mencuci Pakaian Buat Anak Kost Cowok, cekidot dah :

1. Kumpulin Pakaian Kotor
Pakaian atau baju yang habis dipake dan kotor. Kumpulin ditempat khusus pakaian kotor. Jadi gak berantakan dan bergelantungan gak jelas. yang bisa mengurangi keindahan kamar, kebersihan dan pastinya bisa mencegah kehadiran nyamuk.

2. Rendam Pakain Dengan Deterjen
Kalo pakaian udah dikumpulin jadi satu dan mulai menumpuk, saatnya buat dicuci.
ambil bak kosong lalu diisi air bersih secukupnya.
masukkan deterjen favorite kamu secukupnya dan aduk-aduk.
masukkan pakaian kotor kamu terus rendam sampai merata.
tunggu palin cepat 30 menit, paling lama terserah.

3. Kucek Pakaian Yang Sudah Direndam
Kalau sudah cukup waktu merendam pakaian tadi (biasanya ada yang sampai sehari semalem), waktunya mencuci.
biar gak capek ambil bangku buat duduk.
pilih baju yang berat-berat terlebih dahulu terus dikucek-kucek dengan ganteng.
biar gak cape pelan-pelan saja.
kalo udah dikucek semua, bilas dengan air yang bersih.

4. Jemur Pakaian Yang Sudah Dicuci
Kalau sudah selesai mengucek pakaian tadi, nah saatnya dijemur. Baiknya langsung dijemur (kalo males ntar-ntaran aja).
bilasan taro di ember.
bawa ke tempat jemuran baju.
peras dan kibarkan pakaian (biar gak kusut).
jemur pakai gantungan baju (biar gak makan tempat).
jejerkan secara rapi satu persatu.
selesai.

5. Istrihat
Setelah melakukan proses mencuci pakaian yang cukup melelahkan, sekarang waktunya buat istirhat. Kamu bisa duduk-duduk, tidur-tiduran, dll. Pokoknya terserah kamu mau ngapain aja.
-----

Cara Mencuci Pakaian dengan Benar

Ada berita baik bagi Anda yang benci mencuci pakaian. Mungkin Anda tidak perlu sering-sering mencuci baju. Menjaga pakaian kita supaya dalam kondisi baik agar dapat bertahan lama memang penting. Tetapi menurut beberapa ahli, mencuci secara konstan tidak selalu menjadi cara menghemat biaya.

Mary Kate McGrath, editor senior di Real Simple, membagi beberapa saran dalam mencuci, mulai dari denim, legging, rok, hingga bra.

Denim
Denim tidak gampang kotor, sehingga dapat dikenakan beberapa kali sebelum dilemparkan ke keranjang pakaian kotor. McGrath mengatakan, mencuci denim terlalu sering dapat menyebabkan warnanya memudar, sehingga baliklah saat Anda mencucinya, gunakan air dingin dan keringkan. Pakaian itu akan menjadi sedikit kaku pada awalnya, namun akan dapat bertahan lama.

Hal itu tidak berlaku untuk jegging atau jeans legging. Pakaian itu mengandung spandex, sehingga perlu dicuci setiap kali habis dipakai, untuk mencegah bagian lutut menjadi longgar. Lalu jemurlah untuk mengeringkannya.

Celana panjang dan pakaian khaki
Karena Anda cenderung mengenakan celana panjang di dalam kantor yang suhunya terkontrol, maka Anda dapat mengenakannya empat sampai lima kali sebelum mencucinya, terutama jika Anda memiliki kebiasaan mengganti pakaian setelah pulang kantor.

Namun McGrath mengatakan, jika celana yang Anda kenakan merupakan pasangan dari setelan jas, carilah jaket yang cocok, bahkan jika pakaian itu tidak kotor. Bersihkan keduanya dengan cara dry-clean pada waktu yang bersamaan.

"Setelan itu akan bertahan selama sepuluh tahun," kata McGrath.

"Ini mungkin terdengar janggal, namun sebaiknya Anda mencuci setelan secara bersamaan, bahkan jika salah satunya baru saja dipakai. Supaya tidak terlalu memudar," tambahnya.

Celana dengan warna terang seperti khaki lebih rentan terhadap kotoran, jadi seperti mencuci pakaian lainnya, hilangkan noda sesegera mungkin dengan menggunakan tisu penghilang noda.

Rok
"Dengan mengasumsikan bahwa Anda tidak melakukan sesuatu yang berat dengan menggunakan rok, Anda dapat mengenakannya selama beberapa kali sebelum dicuci," kata McGrath. Ini berlaku terutama untuk rok berbentuk A atau balon yang tidak terlalu banyak menyentuh tubuh.

Blazer
Blazer biasanya dikenakan di atas blus atau kamisol, sehingga tidak memerlukan perawatan yang lebih. Meskipun jaket itu terkena bau yang berasal dari makanan, rokok, atau parfum. Angin-anginkan di luar jendela anda, atau semprot dengan pewangi pakaian sebelum dimasukkan ke dalam lemari pakaian Anda.

Pakaian dalam
Bra tidak bersentuhan langsung dengan ketiak, jadi dapat digunakan beberapa kali. Tetapi karena karetnya butuh 24 jam untuk mengembalikan kelenturannya, lebih baik ganti pakaian dalam dan hindari mengenakan bra yang sama selama dua hari berturut-turut.

Gaun malam dan piyama
"Orang-orang cenderung berkeringat dan melepaskan sel kulit mati pada malam hari, sehingga akan lebih baik jika Anda mencuci piyama dua kali lebih sering dari mencuci seprai," kata McGrath.

Gaun dan atasan
Kunci untuk menjaga atasan dan gaun terbebas dari noda adalah dengan menghindari pemakaian deodoran secara berlebihan, dan lakukan pemeriksaan ketat terhadap noda sebelum disetrika, sehingga noda tidak tertinggal di pakaian. Kecuali jika pakaian Anda merupakan pakaian formal atau semi formal. Dalam kasus itu, Anda dapat membersihkan dengan cara dry-clean setelah setiap kali dikenakan, untuk menghindari noda membandel di dalamnya.

Pakaian renang
Garam dan klorin akan menggerogoti serat-serat pada pakaian renang Anda. Cucilah dengan menggunakan tangan, gunakan air dingin, dan deterjen yang lembut, keringkan dengan di angin-anginkan agar menjaganya tetap berada dalam kondisi baik.

Kaus, tank top, dan kamisol
Pakaian-pakaian jenis ini menempel langsung dengan tubuh, jadi harus sering-sering dicuci. Cucilah pakaian-pakaian ini dengan menggunakan air hangat.
Yahoo! News
-----

Begini Cara Mencuci Pakaian Dalam

KOMPAS.com - Pakaian dalam, khususnya bra, sangat diperlukan untuk menunjang aktivitas Anda sehari-hari. Coba bayangkan jika Anda memakai bra yang sudah butut, pasti Anda jadi tak nyaman bergerak. Maka boleh dibilang, selain mampu memberi perlindungan pada payudara, pakaian dalam yang tepat juga bisa meningkatkan kepercayaan diri seseorang.

Namun perlu Anda perhatikan juga, tidak semua pakaian dalam yang nyaman mampu menjaga tubuh Anda dengan baik.

"Banyak orang justru lebih suka menggunakan pakaian dalam yang sudah lama karena dianggap lebih nyaman dan tidak kaku dibandingkan yang baru," tukas Lucia Niken, Marketing National Manager produk pakaian dalam Felancy, saat talkshow "Inspirasi Kenyamanan Wanita" di Blitz Megaplex, Grand Indonesia, Jakarta, Selasa (17/7/2012) lalu.

Agar pakaian dalam lebih awet, perhatikan cara Anda merawatnya. Lucia menambahkan, sampai saat ini masih banyak perempuan yang mengabaikan cara merawat pakaian dalam. Sebenarnya tak masalah jika Anda mencucinya dengan mesin cuci, tetapi bra akan lebih awet jika dicuci dan dikucek dengan tangan.

Untuk bra yang menggunakan tambahan kawat di dalamnya, hindari mencuci dengan menggunakan mesin. Pencucian bra berkawat dengan mesin cuci akan membuat kawat merusak lapisan bra di luarnya. Untuk merawat bra berkawat, sebaiknya rendam bra terlebih dahulu dalam air yang hangat. Air hangat akan membantu menghilangkan bakteri yang ada di dalamnya, dan berfungsi untuk menjaga kain agar tetap lembut.

Di dalam rendaman ini, sebaiknya tambahkan deterjen cair untuk menghilangkan kotoran yang menempel. Deterjen cair ini dianggap lebih lembut dan mudah meresap ke serat kain dibandingkan dengan deterjen bubuk. Setelah semua kotoran ini terangkat, cuci bra seperti biasa. Jangan memeras sisa air di bra karena bisa merusak kainnya (khususnya yang berkawat). Tepuk-tepuk saja sebentar, agar sisa airnya mengalir keluar. Setelah itu baru dijemur sampai kering.
-----

Bonus

Cara Mencuci Motor yang Benar

Berikut beberapa hal penting yang perlu Anda cermati jika Anda akan mencuci motor.

Air

Air menjadi media utama dalam dalam proses mencuci motor. Perhatikan kondisi air yang digunakan, apakah terlihat keruh atau kotor? Berpasir (mengandung pasir?). Jika salah satu kriteria tadi ada pada air tersebut, maka air tersebut tidak disarankan digunakan untuk mencuci motor.

Tanpa kita sadari bahwa air yang keruh juga mengandung kotoran walaupun sangat halus. Lama kelamaan kotoran akan mengendap dan akan �nimbun� dimotor kita, hal ini bisa kita lihat indikasinya pada body motor kita yang cenderung semakin lama semakin kusam dan buram.

Peralatan mencuci

Saat kita mencuci motor di tempat cuci motor, umumnya peralatannya sudah banyak yang menggunakan adalah compressor/steam wash. Namun jika kita mencuci dirumah atau ditempat tinggal sendiri biasanya cukup dengan alat-alat lap kain halus/kanebo, ember, selang air, sikat dan sabun.

Terlepas dari apakah kita pakai steam wash atau cukup pake ember aja, disarankan untuk menyeka air and sabun gunakan 2 tipe lap/kanebo.

1.untuk mengelap bagian yang halus seperti body, tangki dan kaca/mika lampu.
2. untuk mengelap bagian velg, ban, mesin dll.

Diusahakan pada saat mencuci jangan sampai masing-masing kanebo bertukar fungsi, ini menjaga agar bagian yang halus (Body, tangki, lampu) tidak baret-baret, karena jika kita menggunakan satu lap/kanebo maka kotoran-kotoran seperti tanah, aspal atau pasir dari ban, velg dan sektor kaki-kaki dikhawatirkan akan menempel, merusak bagian yang halus lainnya.

Sabun yang kita gunakan juga jangan sembarangan, gunakan sabun yang sesuai untuk mencuci kendaraan, hati-hati dalam hal penggunaan minyak tanah, umumnya orang menggunakan minyak tanah untuk menghilangkan bekas aspal, oli dan kotoran yang lengket dimesin atau body. Untuk bagian tertentu seperti rantai mesin disarankan tidak menggunakan minyak tanah, mengingat bagian ini terdapat komponen karet, sehingga dikhawatirkan karetnya akan menjadi rusak.

Gunakan juga sikat hanya untuk bagian tertentu saja seperti mesin, velg dan ban.

Cara mencuci

Mencuci yang baik yakni mulai dari bagian bawah ke atas, mulai dengan membasahi seluruh permukaan motor, setelah itu mulailah menggosok bagian kaki-kaki dan bagian mesin, baru setelah itu bagian body atau tangki dan lampu.

Untuk proses mengeringkan, mulailah dari bagian atas turun ke bagian bawah, dengan tujuan bagian yang sudah kering tidak kena air lagi sewaktu mengelap bagian atas.

Untuk bagian ban, setelah dicuci bersih, agar lebih terlihat mengkilat bisa kita gunakan semir ban.
-----

Sumber Google




22 komentar:

  1. makasi infonya gan...mantap




    http://www.belikaoscouple.com

    BalasHapus
  2. thanks gan infonya, boleh share ga?

    BalasHapus
  3. terima kasih banget tipsnya sangat menarik

    BalasHapus
  4. Hey bro, gimana ya cara bikin baju baru cepet melar?
    Anjrit nih, habis beli baju baru mah kekecilan.

    BalasHapus
  5. Mau tanya donk..bagaimana cara nyetrika baju yang bahannya sulit untuk disetrika? ketika masih hangat (setelah disetrika) memang terlihat rapi tetapi ketika sudah suhu normal baju tersebut kembali kusut? tolong bantuannya yah..hehehe

    BalasHapus
  6. lengkap ya! keren! ada tips tambahan nih buat yg pakai mesin cuci : spy baju awet/tidak cepat melar, gunakan "kantong cuci", underwear/kaos/sutra/clodi masukkan dlm kantong cuci lalu cuci dalam mesin cuci bersamaan dg pakaian lain. mksh
    www.kantongcuci.com

    BalasHapus
  7. They do not require as much work as many other animals
    do and are really fun to watch. E-papers are able to take
    advantage of story, sacrificing other, decidedly less important stories and giving as much detail about breaking news as possible.
    It is one of those helpful and useful addiction that every man and woman should have.
    Newspapers act as the ideal method of public relations due to its strength
    as the best way of communication. Until I was five I lived with my mother's younger sister Dorothy and my grandmother, who told me before she died that my mother had received letters from my father for some years after bringing me to New York.

    my weblog :: click here

    BalasHapus
  8. Make sure to evenly cover your hair, especially the tips.
    As well as in this article I am going to explain why and how
    to use it to cultivate hair - According to dermatologist Marianne ODonoghue its the most proven supplement
    for growing a prolonged mane. I confess that I was a
    little bit skeptical at initially. Even though all the hair
    was thoroughly coated and it was always rinsed so well that no traces were left,
    little by little the kids escaped our weekly ritual and I found it easier to
    not chase them about it, especially considering the hundreds of other matters which did
    need to be chased. Indeed, nourishing and conditioning the scalp using
    aromatherapy oils is one of the most basic and simplest ways to prevent further hair loss and stimulate healthier hair regrowth.



    Feel free to surf to my web-site hairstyles for men

    BalasHapus
  9. mantep gan thanks yua...

    BalasHapus
  10. piye kabare wan. udah jd mbah cuci pakaian ya.. hehehehe........

    BalasHapus
  11. ko blognya lama bgt dibukanya..
    kebanyakan script ya wan..?

    BalasHapus
  12. Thanks informasi nya sob. Sangat bermanfaat untuk saya yang sedang belajar mencuci :)

    BalasHapus
  13. tipnya mantap gan salam plakat blok m jakarta

    BalasHapus