Ads (728x90)

10 Tips Merawat Sepatu Anda

Sepatu merupakan salah satu elemen fashion yang penting bagi pria. Selain karena fungsinya yang vital sebagai alas dan pelindung kaki, sepatu juga menjadi elemen fashion yang penting pada kesan pertama. Namun berapa banyak pria yang menyadari akan hal tersebut? Banyak dari mereka yang menganggap sebelah mata.  Fungsinya yang sebagai alas kaki bukan berarti luput dari perhatian. Justru disitulah test sesungguhnya akan kepedulian anda tentang kebersihan.

Kulitas dari sepatu yang anda kenakan dapat menunjukan seberapa besar rasa penghargaan terhadap diri sendiri. Termasuk kualitas dari kebersihannya. Orang lain akan otomatis menghargai penampilan anda, tidak terkecuali wanita. Beberapa orang mengatakan bahwa,
“Women checking out your shoes before their eyes rise to scan the rest of your look.”
Sepatu yang terawat dengan baik dan bersih, akan nyaman dikenakan. Menambah daya tarik dari penampilan dan tentunya rasa percaya diri. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan dalam merawat kebersihan sepatu.


Saddle Soap
1. Bersihkan kotoran sebelum anda semir – Jangan pernah anda menyemir sepatu kulit anda sebelum kotoran yang ada hilang. Karena ketika anda gosok, anda hanya akan menyebarkan kotorannya ke seluruh permukaan.

Untuk hasil maksimal anda bisa menggunakan saddle soap. Sabun ini dirancang khusus untuk membersihkan kulit tanpa merusak permukaan yang sensitif. Kemudian bersihkan dengan sikat atau kain yang lembut.

2. Semir secara rutin – Setelah bersih, semir sepatu kulit anda dengan produk wax/cream polish yang ada. Pastikan sepatu sudah kering sebelum anda semir. Sesuaikan warna wax/cream dengan sepatu.

Tempelkan wax/cream ke sepatu. Kemudian  anda sikat hingga seluruh permukaan sepatu. Diamkan selama beberapa menit. Lalu anda gosok dengan kain bersih hingga mengkilap. Sepatu kulit sebaiknya di semir setiap hari secara rutin.

3. Segera keringkan jika terkena basah – Jangan biarkan terlalu lama sepatu anda terkena air. Jika anda kehujanan, segera keringkan dengan lap kering atau tisu. Untuk bagian dalam sepatu yang basah, gunakan kertas koran.

Masukkan kertas koran ke dalam sepatu. Kemudian posisikan sepatu pada posisi berdiri agar cepat kering.Jangan gunakan pemanas buatan seperti hair dryer, dll. Karena akan merusak kulit dari sepatu tersebut. Biarkan sepatu kulit anda kering secara natural.

4. Keringkan kaki – Kaki yang basah akan membuat kaus kaki anda juga basah. Kondisi di dalam sepatu akan menjadi lembab. Jika anda terus-menerus melakukan hal ini, akan memicu bakteri dan kuman di dalam sepatu yang tentunya tidak baik baik bagi kesehatan kaki. Selain itu, sepati juga akan menjadi bau.

5. Miliki beberapa pasang sepatu – Jika sepatu yang sama anda gunakan secara terus menerus, sepatu akan cepat berkerut.  Istirahatkan sepatu anda, sehingga awet dan tetap dalam performa terbaiknya.

6. Bersihkan kotoran lumpur ketika kering – Lumpur di sepatu atau sering kita sebut “belok” sangat sering kita alami. Pada sneakers noda lumpur biasanya agak sulit dibersihkan. Karena sneakers biasa dipakai di lingkungan outdoor. Jangan anda bersihkan ketika lumpur masih basah, hal tersebut hanya akan memperparah keadaan. Lumpur akan tersebar ke seluruh permukaan. Jika sudah kering, anda bisa benturkan bagian yang terkena lumpur. Agar kotoran lumpur rontok dan lebih mudah dibersihkan.

7. Hindari mencuci dengan mesin cuci – Sepatu akan cepat rusak dan berkerut. Beberapa lem di sepatu juga akan mudah lepas. Ada baiknya anda mencucinya dengan sikat dan sabun/deterjen.
Sepatu sneakers  canvas biasanya agak sulit dibersihkan. Jangan menunda, karena semakin lama, kotorannya yang menempel akan sulit dibersihkan. Jangan menggunakan pemutih jika sepatu banyak terdapat variasi warna yang cukup banyak.

8. Jauhkan dari sinar matahari langsung – Ketika anda menjemur, hindari sinar matahari langsung. Karena sepatu akan mudah cepat rusak dan warna akan cepat pudar. Sepatu akan terlalu kering dan merusak bentuk aslinya.

9. Gunakan baking soda untuk penghilang bau – Anda bisa taburkan baking soda pada bagian dalam sepatu di malam hari.  Lalu anda bersihkan taburannya di pagi hari.

10. Simpan dengan baik dan rapih – Apa yang anda lakukan setelah selesai beraktifitas dan pulang ke rumah? Bagaimana anda memperlakukan sepatu anda? apakah asal lepas dan bergeletakan tak beraturan? Jika iya, mulailah untuk berubah.

Sediakan tempat khusus untuk menyimpan sepatu anda. Sediakan rak atau apapun itu agar sepatu anda tertata dengan rapih. Jika memang sepatu anda jarang digunakan, anda bisa meletakkannya di dalam box/kotak kardus agar sepatu anda terhindar dari debu dan kotor.

Silahkan anda terapkan secara konsisten 10 tips perawatan sepatu di atas. Jika anda salah satu pria yang sibuk, minimal sempatkanlah untuk memperhatikan sepatu anda sebelum beraktifitas.
Baik itu Ketika anda bekerja, kencan, ataupun hangout dengan sahabat anda. Tidak ada waktu untuk melakukan hal diatas? silahkan saja anda minta bantuan seperti pembantu, atau jasa semir sepatu dll.
Tapi menurut saya tidak ada yang lebih baik selain merawat barang milik pribadi dengan tangan sendiri.
“If you want to know if a guy is well-dressed? Just look down!”George Frazier
-----

Cara Mencuci Sepatu

Sepatu selalu digunakan dalam kehidupan sehari-hari, untuk bekerja, sekolah atau sekedar jalan-jalan. Karena penggunaan yang sering, sepatu mudah sekali kotor. Sepatu kotor selalu menjadi masalah karena pemakainya jadi terkesan jorok dan tidak suka bersih-bersih.

Mencuci sepatu bukanlah hal sulit, namun terkadang kita malas mengerjakannya. Jika kita tahu cara mencuci sepatu yang benar, kita dapat menghemat waktu mencuci, sehingga rasa malas bersih-bersih bisa hilang.

Artikel ini akan membahas cara mencuci sepatu dengan benar. Bahan, alat dan cara kerja dipaparkan agar sepatu dapat kembali bersih saat dicuci.

Dalam mencuci sepatu kita memerlukan bahan.

BAHAN:

  • Sepatu yang kotor
  • Air
  • Sabun Cuci


Dalam mencuci sepatu kita memerlukan alat.

ALAT:

  • Ember
  • Sikat (besar dan kecil)
  • Setelah bahan dan alat lengkap maka kita dapat mencuci sepatu


CARA KERJA:

  1. Menyiapkan semua alat dan bahan
  2. Melarutkan sabun cuci secukupnya ke dalam air
  3. Melepaskan tali dari sepatu
  4. Menyelupkan sepatu dan talinya ke dalam air sabun
  5. Sepatu disikat satu-persatu (bag. dalam dan bag. luar)
  6. Bagian dalam ujung sepatu digosok dengan tangan / memakai sikat kecil
  7. Tali sepatu dikucek
  8. Sepatu dan tali sepatu dibilas sampai bersih dari air sabun
  9. Sepatu ditiriskan (membuka lidah sepatu lalu ditengkurapkan)
  10. Dijemur dengan lidah sepatu terbuka dan sepatu menghadap ke atas
  11. Ditunggu hingga kering, lalu kibaskan agar debu yang menempel jatuh
  12. Pasang tali sepatu
  13. Kita dapat menggunakan sepatu itu lagi dalam keadaan bersih

Demikian cara mencuci sepatu yang benar. Sepatu akan menjadi bersih dan nyaman dipakai.
-----

Tips Membersihkan Sepatu

Sepatu adalah bagian terpenting dalam kegiatan di alam bebas. Jenisnya banyak, ada sepatu boot, sepatu panjat tebing dsb. Bahannya juga beraneka macam. Ada yg dari karet, kain keras, gore tex sampai bahan kulit atau kain.

Sebelum disimpan, Sepatu harus dibersihkan dulu. Dicuci dengan air saja atau pakai shampoo khusus seperti misalnya Sneaker Shampoo buatan Kiwi. Untuk model sepatu dari bahan kain dan kulit perlu disikat dgn sikat khusus sepatu wanita. Caranya, sikat direndam dulu dalam air. Ada juga bahan pembersih semprot untuk suede/kulit, misalnya Leather Cleaner buatan Cololite.

Setelah bersih, keringkan dengan cara diangin-anginkan, jangan langsung kena sinar matahari. Lalu simpan, jangan di dalam kardus karena akan lembab dan terkena jamur. Boleh pakai silica gel, tapi harus diganti silikanya tiap 2 minggu. Paling baik sepatu disimpan di rak yg terbuka dgn posisi sepatu berdiri.

Produk pembersih sepatu yang ada di pasaran tidaklah murah. Oleh karena itu, kita perlu mencari cara membersihkan sepatu sambil tetap menghemat. Selain bersih, dengan teknik ini, sepatu Anda dijamin juga wangi.

Nah, untuk sepatu yang terbuat dari kain dan cat lukis, beda lagi perawatannya
Aplikasikan sabun ke sepon. Pastikan bahwa sabun meresap dan berbusa. Saat menggunakan sepon, jangan gunakan bagian yang kasar, karena ini bisa membuat sepatu tergores. Setelah Anda menggosoknya dengan sabun, bilas.

Ambil sikat gigi bekas dan beri pasta gigi. Gosok sepatu dengan sikat hingga bersih. Arah gosoknya terserah pada Anda. Ulangi pembersihan bila perlu. Bilas lagi.

Ambil kain dan bersihkan sepatu dari sisa-sisa pasta gigi yang masih ada. Proses ini sekaligus untuk mengeringkan sepatu. Jika bagian dalam sepatu terkena air, maka jemur hingga kering. Sepatu wangi nan bersih pun siap Anda kenakan kembali.

Sedangkan untuk sepatu dengan bahan kulit kaku (patent leather) bisa dibersihkan dengan kain lembut yang dicelupkan dalam air bercampur cuka. Sementara sepon lembut dengan shampo merupakan pembersih yang tepat untuk sepatu jenis suede (bahan kulit lunak). Untuk membersihkan bulu-bulu halusnya, maka gunakan kuas atau sikat lembut.

Sepatu kanvas harus dicuci dengan tangan. Penggunaan mesin cuci hanya akan merusak bahan dan sol sepatunya. Cucilah dengan pembersih khusus. Gunakan sikat khusus untuk menghapus noda membandel, bila perlu gunakan pemutih

Cuci sol karetnya dari bagian luar saja, jangan rendam dalam air. Sneaker juga sebaiknya dikeringkan dengan cara alami, namun jauhkan dari sinar matahari secara langsung.

Perhatikan pula petunjuk mencuci yang tersedia saat Anda membeli sepatu baru. Sebelum mengaplikasikan bahan-bahan, cobalah terlebih dulu di bagian yang tak terlalu mencolok, agar bila terjadi reaksi kimia yang tidak diinginkan, maka Anda tidak mengorbankan seluruh sepatu.

Bila perlu gunakan ganjalan dalam sepatu untuk menjaga bentuk. Kalau tidak punya ganjal khusus, bisa juga menyumpal bagian dalam sepatu (Sepatu Etnik) dengan potongan koran.

Kalau bagian Sepatu Wanita ada yg lepas, rekat kembali dgn lem super atau Aica Aibon. Ingat, tiap perusahaan sepatu memakai lemnya sendiri, jadi lebih baik dilakukan oleh pembuat Model Sepatu Wanitanya. Setelah itu sepatu bisa disemprot dgn bahan pelindung, misalnya Protector buatan Dasco dsb. Bahan ini sekaligus melindungi sepatu agar kedap air. Jika ada, tutupi bagian plastik (sol misalnya). Ada juga bahan parafin / wax khusus sepatu untuk menutup bagian jahitan antara badan sepatu dengan sol supaya tidak bocor.
-----

Cara Merawat Sepatu Agar Tidak Berbau

Tanpa anda sadari sepatu yang anda pakai bisa berbau bila anda tak tau perawatannya, bagaimanakah cara merawat sepatu agar tidak berbau busuk dan selalu fresh?, simak tips berikut ini:

  1. Baking soda merupakan zat penghilang bau, itu bisa di gunakan untuk menghilangkan bau di sepatu, Caranya, taburkan baking soda ke dalam sepatu Anda pada malam hari. Biarkan selama satu malam. Pagi harinya, bersihkan baking soda tersebut. Bau pada sepatu Anda akan hilang. Selain itu, Anda juga bisa menaburkan bedak baby ke dalam sepatu.
  2. Setelah dipakai biarkan sepatu bernapas, lepaskan tali sepatu Anda kemudian keluarkan alas sepatu, letakkan di tempat yang terbuka biarkan angin membawa udara segar ke dalam dan sekaligus mengeringkan keringat
  3. Hindari menggunakan sepatu yang sama selama 2 hari berturut-turut
  4. Gunakan sol dalam sepatu. Sol ini bisa dilepaskan dan dipakai ulang. Dengan begitu lebih mudah dibersihkan
  5. Cucilah kaos kaki Anda dengan menggunakan produk-produk yang mengandung desinfektan. Ini bisa mencegah munculnya bau pada kaos kaki dan sepatu Anda dan pakailah kaos kaki yang bersih setiap hari
  6. Pastikan Anda mencuci dan mengeringkan kaki terlebih dahulu sebelum memakai sepatu
  7. Bila sepatu basah, letakkan di tempat terbuka. Jika hujan, pastikan dulu sepatu Anda kering sebelum meletakkannya di tempat sepatu atau sebelum memakainya kembali.
  8. Pakailah antriprespiran pada kaki. Anda bisa menggunakan pelembab sebelum memakai sepatu, dengan begitu kaki tidak akan berkeringat dan tentunya mencegah bau yang tidak sedap
  9. Pakailah kaos kaki, ini akan membantu menyerap keringat dan mencegah pertumbuhan bakteri di dalam sepatu.
  10. Rawatlah kaki anda selalu, penebalan kulit juga sering menahan bau keringat bahkan setelah mandi. Karena itu, gosoklah kaki secara perlahan dengan menggunakan batu apung. Hal ini bisa membantu mengangkat kulit tebal pada kaki, menghilangkan bau pada sepatu juga bisa dengan menyemprotkan alkohol ke dalam sepatu.

-----

Posting Komentar

Blogger