Ads (728x90)

Sambal roa adalah sambal yang berasal dari manado. Sambal Roa dibuat dengan bahan utama ikan asap roa. Konon katanya ikan ini hanya terdapat di Manado makannya sambal ini berasal dari Manado. Oya, kelebihan sambal ini konon katanya bisa tahan lama dan mudah dalam pembuatannya.

Anda yang bukan bertepat tinggal di Manado juga bolehlah mencoba Sambal Roa, itung-itung ikut melestarikan resep nusantara. Syukur-syukur anda buka warung makan dengan salah satu menunya pake sambal Roa pasti bagus tuh. Nah berikut ini adalah resep sambal Roa (Manado).

Bahan Sambal Roa (Manado)
100 g ikan roa panggang
1 sdt garam
1 sdt gula pasir
1 bh tomat merah, potong kotak kecil
50 ml minyak goreng

Bumbu Halus
10 bh cabai merah
4 bh cabai rawit merah
10 bh bawang merah
6 siung bawang putih

Cara Membuat Sambal Roa (Manado)


  1. Buang kulit dan tulang ikan roa, suwir-suwir. Haluskan menggunakan food processor.
  2. Panaskan wajan, sangrai ikan roa yang sudah dihaluskan hingga harum. Angkat, sisihkan.
  3. Di dalam wajan bekas menyangrai ikan, panaskan minyak. Tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Masukkan ikan roa, aduk rata.
  4. Tambahkan tomat, garam, dan gula. aduk rata. Masak hingga matang dan bumbu meresap ke dalam ikan roa. Angkat. Sajikan.

Ikan roa: Dikenal juga sebagai galafea (bahasa Manado). Hidup di perairan Sulawesi Utara dan sekitarnya. Mirip ikan cucut atau ikan terbang, hanya berukuran kecil. Dijual dalam keadaan sudah diasapkan di pasar tradisional.
* Sambal roa (Manado) bisa disajikan untuk 8 porsi, waktu memasak 20 menit. Sumber

Poskan Komentar

Blogger