Ads (728x90)

Biasa begadang buat kerja, ngerjain tugas kuliah, atau nonton drama Korea? Yup, begadang dan kurang tidur mungkin adalah makanan sehari-harimu. Paling-paling kamu cuma bakal ngantuk di siang hari, nggak fokus, grogi, atau males-malesan. Tapi, apa kamu yakin kalau efek kurang tidur cuma itu-itu aja?

Menurut National Sleep Foundation, orang dewasa idealnya tidur antara 7-9 jam setiap malamnya. Nah, kalau kamu, biasa tidur berapa jam?

Kurang tidur dalam satu malam aja mungkin nggak akan berbahaya, tapi kalau udah seminggu? Atau, begadang justru udah jadi kebiasaan kamu selama bertahun-tahun? Ini lho, akibat berbahaya kalau kamu kurang tidur, guys!

1. Kena Stroke
kena stroke
kena stroke via rhin.com
Meskipun dianggap bukan efek pasti atau yang biasa terjadi, kurang tidur ternyata bisa mengakibatkan penyakit stroke. Menurut penelitian di tahun 2012, orang dewasa yang tidur kurang dari 6 jam punya resiko empat kali lebih besar terserang stroke daripada mereka yang cukup tidur.

2. Obesitas Alias Kelebihan Berat Badan
obesitas
obesitas via 4.bp.blogspot.com

Kurang tidur ternyata juga berpengaruh sama pola makan. Biasanya, orang yang kurang tidur bakal makan lebih banyak dan cenderung suka junk food. Hal ini udah dibuktikan dalam 18 penelitian di tahun 2012, bahwa pola makan dan pola tidur emang berkaitan.
Kurang tidur berakibat pada perubahan hormon dalam tubuh. Produksi ghrelin (hormon yang menambah nafsu makan) bertambah, sementara produksi leptin (hormon yang mengontrol pola makan) berkurang. Nah, sekarang kamu tahu ‘kan kenapa kalau begadang malam-malam, bawaannya lapar?

3. Resiko Diabetes
resiko diabetes
resiko diabetes via static.guim.co.uk

Penelitian di 2012 membuktikan kalau kurang tidur bisa mempengaruhi insulin. Dengan kata lain, kurang tidur berakibat penyakit diabetes.
Hasil penelitian National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases pada beberapa remaja menjelaskan kalau salah satu remaja yang paling sedikit tidur ternyata punya resistensi insulin tertinggi. Hal ini berarti bahwa tubuhnya nggak menggunakan insulin dengan efektif.
Selain itu, terdapat sel lemak yang mengindikasi kalau kurang tidur mengakibatkan resistensi insulin pada sel-sel itu. Bahkan, ketika seseorang sedang diet atau membatasi asupan kalorinya sekalipun.

4. Daya Ingat Melemah
daya ingat melemah
daya ingat melemah via blizard.qmul.ac.uk

Mungkin wajar kalau kamu gampang lupa atau nggak fokus ketika tubuh lagi lelah. Tapi, kurang tidur ternyata mengakibatkan penurunan daya ingat secara permanen. Makin sedikit kamu tidur, maka makin lemah kemampuan ingatanmu. Parahnya, kurang tidur berakibat kerusakan otak yang kemudian bisa berakibat hilang ingatan.

5. Osteoporosis
osteoporosis
osteoporosis via www.empoweryourhealth.org

Para peneliti menemukan perubahan kepadatan mineral tulang dan sumsum pada tulang-tulang tikus yang kurang tidur selama 72 hari.
Steven R. Goodman, Ph.D editor utama dari Experimental Biology and Medicine menjelaskan bahwa hasil yang sama mungkin terjadi pada manusia, bahwa ada kaitan antara kurang tidur dan osteoporosis.

6. Berakibat Kanker
berakibat kanker
berakibat kanker via www.befittingyouboutique.com

Meskipun masih simpang siur, tapi penelitian terus berlanjut dan hasilnya rata-rata sama, bahwa kurang tidur berakibat pada jenis kanker tertentu. Dari 1240 orang yang diskrining kanker kolorektral, 338 diantaranya biasa tidur kurang dari 6 jam.
Penelitian lanjutan juga menyebutkan bahwa polip adalah hal umum bagi mereka yang kurang tidur. Selain itu, resiko kanker payudara juga mengancam kamu yang hobi begadang.

7. Serangan Jantung
serangan jantung
serangan jantung via newsnetwork.mayoclinic.org

Stres dan tegang karena kurang tidur juga mempengaruhi tubuh untuk menghasilkan zat kimia dan hormon yang bisa mengakibatkan serangan jantung. Menurut penelitian, resiko mereka yang kurang tidur adalah 48%.

8. Kurang Tidur = Mati Muda
kurang tidur = mati muda
kurang tidur = mati muda via static.rappler.com

Percaya nggak percaya, orang-orang yang kurang tidur ternyata terindikasi mati muda, guys! Resikonya lebih besar daripada mereka yang tidur cukup, yaitu sekitar 6,5 – 7,5 jam setiap malam. Faktanya, pria yang tidur kurang dari 6 jam beresiko 4x lebih besar buat meninggal pada periode 14 tahun. Nah, lho!

Well, meskipun resiko begadang atau kurang tidur emang lumayan serem, tapi kamu bisa kok mencegah semuanya. Kamu bisa mengontrol waktu tidurmu sendiri ‘kan? Coba deh belajar disiplin buat kesehatan diri sendiri. Biar bisa hidup lebih lama, guys! Semangat. Sumber

Poskan Komentar

Blogger