Ads (728x90)

Ramadhan memang selalu jadi bulan yang spesial. Tak hanya karena kita berpuasa dan berkesempatan dapat pahala berlipat ganda, namun juga karena ada beberapa hal yang memang hanya akan sering kamu temukan saat bulan itu tiba.


Eh, hal-hal apa aja ya? Lihat yuk di dalam poin-poin di bawah ini!

1. Sadranan/Nyadran/Ruwahan

Warga membawa tenong ke makam
Warga membawa tenong ke makam via 2.bp.blogspot.com
Warga melakukan kenduri setelah bersih-bersih makam
Add caption
Warga melakukan kenduri setelah bersih-bersih makam via images.solopos.com
Sadranan, ruwahan, atau yang biasa disebut juga ‘nyadran’ ini berkembang dari dan dilestarikan oleh tradisi Jawa. Bahkan, sebagian perantau di luar Jawa akan rela pulang kampung hanya untuk menghadiri acara ini.
Kegiatan sadranan dimulai dengan mengarak panganan berisi ayam, telur, nasi, serta makanan ringan ke makam desa (acara ini memang biasanya dilakukan di makam), dimana para warga telah berkumpul sebelumnya. Kegiatan lalu dilanjutkan dengan bersih-bersih makam, mendoakan leluhur, kemudian ditutup dengan makan bersama-sama.
Kegiatan sadranan sendiri awalnya merupakan akulturasi budaya antara agama Hindu dan agama Islam, yang diinisiasi oleh Sunan Kalijaga saat menyebarkan agama Islam di Jawa.

2. Padusan

Padusan di obyek wisata
Padusan di obyek wisata via images.solopos.com
Tak berbeda dengan sadranan, padusan juga umum dilakukan satu hari sebelum puasa dimulai. Tradisi padusan berasal dari ‘adus’, kata dalam bahasa Jawa yang berarti mandi. Jadi, padusan bisa diartikan sebagai mandi dengan niat membersihkan diri sebelum mulai berpuasa.
Yang menarik, tradisi ini biasanya ditunaikan seseorang bareng-bareng dengan keluarganya di umbul, kolam renang umum, atau mata air. Mungkin maksudnya sekalian silahturahmi dan maaf-maaf sebelum puasa juga kali ya?!

3. Iklan Ini Mulai Berseliweran Di Layar Kaca

Mulai banyak iklan produk ini di TV
Mulai banyak iklan produk ini di TV via dbdd.https.cdn.softlayer.net
Di bulan puasa, yang lebih niscaya dari aktivitas puasa itu sendiri adalah iklan sirup (karena siapa tahu kamu bukan Muslim?). Sering merhatiin nggak, kalau iklan produk ini hanya keluar menjelang bulan puasa doang? Setelah puasa, enggak tahu deh ya ilang kemana…

4. Bangunin Sahur Bareng-Bareng

Sahur...sahuurr...
Sahur…sahuurr… via 3.bp.blogspot.com
Buat kamu khusus para cowok yang jadi anggota remaja masjid, pasti kegiatan ini bukan lagi hal yang aneh. Tidur-tiduran di masjid bareng temen-temen hingga jam 2 terus sibuk ngebangunin warga pakai toa’ dan kentongan pasti udah jadi keseharianmu kan?

5. Sahur on The Road

Sahur on Street
Sahur on Street via kabargress.com
Bulan Ramadhan juga seringkali menjadi waktu untuk melakukan amal dan banyak membantu orang-orang, seperti kegiataan Sahur on the Street yang dilakukan beberapa komunitas ataupun perusahaan dalam wadah CSR (Corporate Social Responsibility). Bagi-bagi nasi kotak atau bungkus dan menyantapnya bersama tentu bikin sahur kita lebih ramai dan bermakna.

5. Habis Sahur dan Sholat Subuh? Apalagi Kalau Bukan Kasur

Tapi memang nggak bisa dipungkiri bahwa setelah sahur dan sholat Subuh itu paling enak adalah kembali bergulat dengan kasur dan selimut sebagai bekal untuk bekerja nanti…

6. Kalau Enggak, Ya Jalan-Jalan Pagi Deh

Jalan-jalan bareng satu komplek
Jalan-jalan bareng satu komplek via 2.bp.blogspot.com
Hari libur tapi sayangnya nggak bisa balik tidur? Jalan-jalan sambil silaturahmi aja deh sama orang komplek…badan sehat, mata seger, hubungan sama tetangga juga rukun.

7. Pengen Jitak Bocah Yang Pada Maenan Petasan…

bocah mainan mercon
bocah mainan mercon via trihatmaningsih.files.wordpress.com
Sering kesel kan sama bocah-bocah (yang biasanya dapet libur sekolah) pada mainan petasan mulai dari sahur hingga nanti lepas taraweh…?! Atau kamu juga sering ikutan mereka?

8. Tayangan Khas Ramadhan Banjir Di Layar Kaca

Sinetron musiman
Sinetron musiman via static.sctv.co.id
Selain iklan yang musiman, layar kaca kita juga tak kalah heboh dengan banyaknya tayangan khas Ramadhan. Mulai dari sinetron, talkshow, hingga komedi dan kuis..

9. Jalan-Jalan Sore Atau Ngabuburit Di Alun-Alun Kota atau Taman Kota, Sambil Nyari Ta’jil dan Nungguin Buka…

Tradisi jalan-jalan sore atau ngabuburit
Tradisi jalan-jalan sore atau ngabuburit via soloraya.files.wordpress.com
Kelihatannya nggak lengkap jika puasa tapi kita cuman diem di dalam rumah, dan biasanya kalau waktu udah nunjukkin jam 4 kita udah dandan rapi, nyari temen dan capcus deh jalan-jalan cari ta’jil.

10. Atau Justru Melihat Peluang Bisnis Dengan Jualan Takjil…

Jualan takjil juga bisa
Jualan takjil juga bisa via sinarharapan.co
Di saa yang lain sibuk ngabuburit dan cari-cari ta’jil, beberapa orang bisa saja melihat ini sebagai peluang bisnis untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah. Kamu masuk yang cari takjil, atau yang jualan, nih?

11. Safari Ramadhan Ke Mesjid-Mesjid Buat Nyari Takjil

Safari ramadhan sekaligus cari takjil
Safari ramadhan sekaligus cari takjil via www.andikafm.com
Ternyata yang namanya ngabuburit nggak cuman di alun-alun atau taman kota saja lho! Kamu (baik lagi iseng, niat, atau memang kepepet) juga pasti pernah keliling-keliling masjid untuk nyari takjil yang disediakan di banyak masjid-masjid besar.

12. Sekalian Sholat Taraweh

Safari Ramdhan hingga taraweh
Safari Ramdhan hingga taraweh via www.iberita.com
Safari Ramadhan di masjid nggak afdol kan ya kalau cuman cari takjil doank. Dilanjutin ibadah hingga sholat Isya’ dan Taraweh juga boleh banget lho!

13. Tidak Ketinggalan Juga Baksos Ke Panti Jompo, atau Panti Asuhan

Bulan Ramadhan, jangan lupa donk baksosnya
Bulan Ramadhan, jangan lupa donk baksosnya via salmanwangisekali.files.wordpress.com
Puasa-puasa saatnya berbagi donk! Bakti sosial di pati asuhan atau panti jompo pasti jadi salah satu pilihan. Eh, tapi jangan cuman berbagai waktu bulan puasa doank lho ya?!

14. Bukber!!

Bukber, sambil reuni!
Bukber, sambil reuni! via gandrik.net
Satu lagi tradisi yang bakal sering kamu akrabi selama bulan puasa adalah buka bersama dengan teman-teman! Coba perhatikan di minggu kedua hingga ketiga undangan
kencanbuka bersama pasti udah memanggil-manggil. Entah dari teman SD, SMP, SMA, kuliah, teman satu kantor sampai genk komunitas yang kamu ikuti. Yah, nggak papalah ya, itung-itung reuni.

15. Hunting Kue Lebaran Cantiek

Kue-kue lebaran cantik yang siap dipilih
Kue-kue lebaran cantik yang siap dipilih via id.openrice.com
Beberapa minggu sebelum Lebaran pasti kamu udah mulai sibuk pesan (atau bikin?) kue-kue cantik sebagai penghias meja tamu kalian. Usahakan memang jangan mendadak, H-1 gitu baru cari, bisa kehabisan, Sis!

16. Eh, Nggak Lupa Juga Amplop Lebaran Cantik dan Unyu Buat Ponakan-Ponakan

amplop angpao unyu buat ponakan
amplop angpao unyu buat ponakan via cdn.kaskus.com
Ngasih angpau untuk keponakan waktu Lebaran kiranya udah jadi budaya deh, apalagi buat kamu yang udah bekerja. Duh, dijamin deh para ponakan udah pada antri di depanmu saat Lebaran tiba. Tapi ngasih angpau pakai amplop putih saja rasanya kok kurang seru ya?! Jadi deh, mulai rajin hunting amplop cantik bin unyu-unyu untuk para ponakan.

17. Ribut Antri Buat Nukerin Uang

Tuker uang lama dengan yang cliing
Tuker uang lama dengan yang cliing via images.hariansumutpos.com
Ini nih yang terpenting dari angpao, uang recehan! Tapi kalau kamu malas nukerin duit gede kamu ke duit recehan nggak papa lho! Tapi siap-siap saja kantong agak jebol setelah Lebaran berakhir, apalagi kalau setelah diitung-itung jumlah ponakan kamu itu ada 30 orang lebih!

18. Mall-Mall Berdandan dan Ngadain Diskon Besar-Besaran

Mallpun ikut berdandan
Mallpun ikut berdandan via images.solopos.com
Nah, saat bulan puasa pemandangan di atas pasti udah nggak asing lagi. Tiap tahun pusat perbelanjaan pasti akan “berdandan” dengan ornamen-ornamen Ramadhan dan yang juga nggak ketinggalan adalah diskon gede-gedean saat menjelang Lebaran.

19. Weits, Kebutuhan Pribadi Tentu Nggak Ketinggalan Donk!

Saatnya belanja baju baru!
Saatnya belanja baju baru! via jurnalasia.com
Meski ada lagu yang bilang nggak papa kalau nggak pakai baju baru saat Lebaran, tapi pasti kamu nggak rela saat Lebaran dimana semua anggota keluarga berkumpul kamu tampil biasa-biasa aja, seperti yang tampilanmu yang biasanya.
Paling tidak, kamu pasti window shopping di mall, menguber baju serta aksesoris yang bisa menunjang penampilan. Apalagi dengan diskon gede-gedean yang pasti menggoda iman!

Nah, itu dia hal-hal yang pasti kamu akrabin saat bulan Ramadhan seperti ini. Dari 19 hal di atas, yang mana saja nih yang kamu banget?
Sumber-Hipwee

Poskan Komentar

Blogger