Ads (728x90)

Sudahkah kamu memikirkan kehidupanmu di 5 tahun ke depan? Akan seperti apakah kehidupanmu pada saat itu? Ketika kamu dihadapkan dengan pertanyaan seperti itu, sepertinya kamu belum mampu untuk menjawabnya secara pasti.

Manusia memang tidak akan pernah mengetahui seperti apa masa depannya nanti. Tetapi, jika kamu menginginkan kehidupan yang jauh lebih baik pada 5 tahun mendatang, kamu bisa memulai mencobanya dengan ini.

1. Lakukan jenis olahraga yang juga bisa kamu lakukan di usia senja
Carilah olahraga yang bisa rutin kamu lakukan
Carilah olahraga yang bisa rutin kamu lakukan via www.lennardknol.nl
Saat kamu masih muda, kamu akan mempertaruhkan kesehatanmu demi uang. Tetapi saat tua nanti, kamu akan mempertaruhkan semua uangmu untuk kesehatanmu. Sebelum terlambat, rajinlah berolahraga untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuhmu saat ini dan di masa datang.

2. Tulis kegiatan yang sudah kamu lakukan tiap hari
Tulis hal apa saja yang sudah kamu lakukan hari ini
Tulis hal apa saja yang sudah kamu lakukan hari ini via d262ilb51hltx0.cloudfront.net
Jangan lupa untuk menulis kembali apa saja yang telah kamu lakukan hari ini. Hal kecil seperti ini bisa membuatmu tahu bagaimana kamu menghabiskan waktumu. Dan ini akan membantumu untuk mengevaluasi dirimu sendiri.

3. Ngobrol dengan orang baru setiap hari

berkenalan dan ngobrol dengan orang baru untuk menambah teman via i.huffpost.com
Usahakan untuk berbicara dengan orang baru setiap hari. Bertemu orang yang belum kamu kenal sebelumnya akan membuatmu memiliki banyak teman, relasi dan juga ide-ide baru. Dan kamu juga bisa melatih caramu berkomunikasi dengan orang lain.

4. Belajarlah jadi seorang pendengar yang baik
Be a good listener
Jadilah pendengar yang baik via static.proguide.vn
If you want to be a good speaker, you have to be a good listener“. Saat kamu sedang ngobrol dengan teman-teman atau orang lain, kamu mungkin lebih senang berbicara daripada harus mendengarkan. Rubahlah hal itu, berilah kesempatan yang sama pada lawan bicaramu untuk berbicara.

5. Jangan banyak buang waktu

Jangan membuang-buang waktu via www.e-act.co.jp
Kamu nggak pernah tahu apa yang terjadi esok hari. Jangan biarkan waktumu banyak terbuang sia-sia. Pergunakan waktumu sebijaksana mungkin, sehingga kamu bisa mendapatkan banyak kesempatan dan peluang yang bagus untuk kehidupanmu di masa depan.

6. Temukan kebahagiaanmu
Temukan hal-hal yang dapat membuatmu bahagia
Temukan hal-hal yang dapat membuatmu bahagia via ih0.redbubble.net
Temukan hal-hal yang bisa membuatmu bahagia. Selain melakukan hal-hal yang wajib kamu lakukan, selalu sempatkanlah untuk melakukan hal-hal yang ingin kamu lakukan. Di masa yang akan datang, kamu bisa melakukan hal-hal yang kamu sukai itu.

7. Jadilah orang dan teman yang baik
Berbuat baiklah pada semua orang
Berbuat baiklah pada semua orang via 37.media.tumblr.com
Ketika kamu memperlakukan orang-orang di sekitarmu dengan baik, maka orang-orang di sekitarmu juga akan memperlakukanmu dengan baik. Kamu memiliki hubungan yang sangat erat dengan lingkunganmu. Jika orang-orang di sekitarmu adalah orang-orang yang bahagia, maka itu juga akan terjadi padamu.

8. Carilah pengalaman sebanyak mungkin
Carilah pengalaman sebanyak mungkin
Carilah pengalaman sebanyak mungkin via www.andesbasecamp.com
Jangan mudah cepat puas ketika kamu sudah memiliki keahlian pada satu bidang. Tambahlah pengalaman pada bidang lain juga. Ketika kamu memilki banyak pengalaman, selain ilmu baru kamu juga akan mendapat banyak teman dan relasi baru.

9. Menabung
Budayaka menabung sejak usia dini
Budayaka menabung sejak usia dini via 37.media.tumblr.com
Budayakan menabung semenjak usia dini. Meskipun biaya hidupmu masih ditanggung oleh orang tuamu, usahakan untuk selalu meyimpannya sebagai tabunganmu. Dan apabila kamu sudah bekerja, setiap menerima uang gajian, tabunglah sebagian uangmu untuk keperluanmu suatu saat nanti.

10. Banyak ngobrol dengan orang yang lebih berpengalaman darimu
Banyak belajar dari orang-orang yang lebih berpengalaman
Banyak belajar dari orang-orang yang lebih berpengalaman via www.robertozampinophoto.com
Sering-seringlah ngobrol dengan orang-orang yang lebih berpengalaman darimu. Belajar dan mintalah saran dari mereka. Mereka akan selalu senang hati memberi masukan-masukan positif yang bermanfaat bagimu nanti.

11. Merenung
Merenung membantumu berpikir lebih positif
Merenung membantumu berpikir lebih positif via www.thedailymind.com
Sebelum tidur, cobalah untuk merenungkan kembali apa saja yang telah kamu lakukan. Jika kamu baru saja melalui hari yang buruk, renungkanlah sekali lagi. Dengan merenung, hati dan pikiranmu akan menjadi lebi tenang, dan kamu bisa meredam segala emosimu. Kamu juga bisa berpikir lebih positif lagi. Ini akan melatihmu menjadi orang yang lebih bijak lagi.

12. Cobalah untuk keluar dari zona nyaman
Keluarlah dari zona nyamanmu
Keluarlah dari zona nyamanmu via sakadinsky.org
Terlalu lama berada dalam zona nyaman akan membuatmu terperangkap. Cobalah untuk keluar, carilah tantangan baru dan cobalah untuk menaklukkannya. Saat kamu beranjak keuar dari zona nyamanmu, kamu akan menemukan berbagai macam rintangan dan hambatan yang akan mengharuskanmu untuk belajar banyak. Dan itu akan menjadikan bekal yang tak trenilai untuk masa depanmu.

13. Traveling

Pergilah ke tempat yang ingin kamu kunjungi via 37.media.tumblr.com
Pergilah keluar sejauh mungkin dan kemanapun yang kamu inginkan. Traveling akan memberikan pengalaman yang berbeda, dan tentunya akan membuatmu terlepas dari kepenatan dan tekanan yang seringkali melanda kehidupan sehari-harimu. Nikmatilah perjalananmu, dan temukan hal-hal baru di dalamnya.

14. Bertemanlah dengan orang-orang yang berbeda denganmu
Bertemanlah dengan orang yang berbeda denganmu
Bertemanlah dengan orang yang berbeda denganmu via media.npr.org
Jadilah orang yang fleksibel. Jika kamu adalah seseorang yang serius, carilah teman yang humoris. Jika kamu selalu berada di kalangan orang-orang yang gaul, cobalah untuk berteman dengan orang-orang yang pendiam. Ketika kamu bisa berbaur dengan berbagai macam karakter, kamu akan mampu beradaptasi dengan lingkungan yang baru.

15. Beri tanggal di setiap catatanmu
Tulislah tanggal di setiap catatanmu
Setiap kali kamu akan menulis sesuatu, jangan lupa untuk memberikan tanggal pada ujung atas kertasmu itu. Terkesan sepele memang, tapi ini mungkin akan sangat berguna untuk beberapa tahun ke depan. Pada 5 tahun yang akan datang, kemungkinan besar kamu akan lupa. Mungkin catatanmu akan sangat berguna pada suatu saat nanti, yang mungkin bisa kamu gunakan sebagai bukti.

16. Cobalah membaca novel
Membaca novel membuatmu seperti merasakan pengalaman orang lain
Membaca novel membuatmu seperti merasakan pengalaman orang lain via static.wixstatic.com
Nggak semua orang memiliki hobi untuk membaca novel. Tapi ketahuilah, dengan membaca novel, pikiranmu akan digiring menuju dunia imajinasimu. Ketika kamu sudah terhanyut ke dalam ceritanya, kamu seolah-olah dapat ikut merasakan dan memahami pengalaman dari sang tokoh utama pada novel tersebut. Kamu seperti sedang belajar dari sebuah pengalaman oran lain.

17. Tentukan tujuanmu hari ini
Tulslah tujuan yang harus kamu capai hari ini
Tulislah tujuan yang harus kamu capai hari ini via ultrarun.com
Mungkin cita-citamu belum ada satupun yang tercapai. Mungkin itu karena setiap hari kamu telah mengubah cita-citamu sendiri. Kamu bisa mencobanya dengan menentukan tujuanmu per hari. Tulis tujuan yang harus kamu capai pada hari ini, dan di akhir hari, bukalah catatanmu itu dan lihat apa saja yang sudah berhasil kamu capai. Jika kamu telah berhasil mencapai semuanya, kamu akan merasakan sebuah kepuasan tersendiri. Dan kamu akan semakin terlatih untuk berjuang mencapai cita-citamu.

Masa depan memang sebuah misteri yang nggak ada satupun dari kamu dapat mengetahuinya. Tapi setidaknya kamu masih bisa untuk berusaha menentukan masa depanmu. Seperti sebuah kata bijak, “the best way to predict your future is to create it.”
Sumber
=====

Posting Komentar

Blogger