Ads (728x90)

Pentingnya Air Putih Sebelum dan Setelah Tidur


TAK hanya akan mempercantik kulit, mengkonsumsi air putih secara teratur juga bermanfaat untuk membersihkan tubuh dari racun. Namun, sayangnya masih banyak orang yang melupakan salah satu bagian penting untuk tubuh ini.

Banyak yang mengabaikan konsumsi air putih, termasuk kala bangun tidur. Apa sih manfaat dari meminum air putih saat bangun tidur? Selama kita tertidur, tubuh mengeluarkan banyak cairan melalui penguapan. Hal itu terjadi karena aktivitas tubuh saat tidur tidak berhenti bekerja. Metabolisme sel terus berjalan dan cairan sel tubuh membantunya.

Jadi, setelah 6-8 jam tertidur, tubuh bisa mengalami defisit air karena dalam proses metabolisme sel ada cairan yang terbuang. Bila kita tak meminum air setelah bangun tidur, tubuh juga bisa kekurangan mineral. Cukup segelas air putih setelah bangun akan sangat bermanfaat bagi tubuh. Sebanyak 70 persen tubuh kita terdiri dari air. Air dalam tubuh digunakan oleh organ-organ tubuh yang tidak pernah berhenti bekerja selama tidur, termasuk otak, jantung, dan ginjal. Jadi setelah bangun, dianjurkan untuk minum air.

Sebenarnya tak hanya setelah bangun, kita juga harus minum air putih sebelum tidur. Tidak perlu terlalu banyak karena konsumsi air yang berlebihan dapat memicu kita untuk lebih sering ke kamar kecil. Juga, berakibat buruk terhadap fungsi jantung dan ginjal.

Namun, yang juga perlu diingat yakni pemilihan air minum. Air minum harus memenuhi aspek kesehatan. Air pada umumnya terdiri dari H2O, tapi tubuh juga perlu air yang mengandung mineral (natrium, kalium, klorin) agar otot mudah bergerak.
(Pri/OL-06)


Air Putih Amankan Kandung Kemih


Penelitian di AS membuktikan, minum air enam gelas atau lebih dapat mengurangi risiko kanker kandung kemih. Tubuh kita setiap hari membutuhkan air sebanyak 2,4 - 2,8 liter agar organ-organ tubuh berfungsi sebagaimana mestinya. Memang, beberapa makanan mengandung air, namun sebaiknya kita minum air putih sebanyak 6 - 8 gelas per harinya agar keseimbangan cairan tubuh dapat selalu terjaga.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan diagnosis kasus baru kanker kandung kemih diperkirakan berjumlah 310.000 pada 1996. Di Amerika Serikat, penyakit itu merupakan jenis kanker utama keempat yang umumnya dialami kaum pria. Untuk kaum perempuan diagnosis kasus kanker kandung kemih hanya ditemukan seperempat dari kasus di kalangan laki-laki.

Hingga kini, faktor-faktor pencetus terjadinya risiko kanker kandung kemih yang sudah terbukti adalah kebiasaan merokok dan zat kimia penimbul kanker, yang dikenal sebagai arilamin. Penelitian yang dilakukan di Universitas Harvard, Boston, Amerika Serikat, membuktikan bahwa 47.909 laki-laki profesional yang berumur 40 - 75 selama 10 tahun (1986-1996) mengalami lima kali siklus kanker kandung kemih.


Jengkel? Teguklah Segelas Air Dingin



MENEGUK air dingin di lemari es saat ingin marah ternyata ampuh meredam persaaan emosional itu. Air dingin? Ya, menurut Dr Leo Galland dalam blognya di Huffington Post, air dingin ditengarai ampuh meredakan perasaan emosional.

"Menurut hasil penelitian Universitas Tyfts, dehidrasi memiliki pengaruh terhadap suasana hati dan ketenangan jiwa seseorang," katanya. Dari penelitian yang ia lakukan, didapati pertanyaan menarik yakni apa yang akan terjadi bila seseorang kekurangan air dalam sehari? Dan, ternyata terungkap bahwa suasana hati dan performa seseorang cenderung akan memburuk disebabkan dehidrasi.

Singkatnya, ketika tubuh kita tengah merasa haus, sensitivitas kita pun meningkat. Maka itu, seperti anjuran banyak ilmuwan, sebaiknya kita rutin minum air setidaknya 8 gelas per hari. Terlebih kini, saat cuaca yang tidak menentu, kadang panas dan kadang hujan.

Tak ketinggalan, tingkat stres yang timbul akibat tekanan pada pekerjaan. Meminum air juga akan membuat stamina tubuh terjaga sehingga prima dalam beraktivitas seharian penuh. Hasil studi ini telah dirilis bertepatan dengan Hari Waspada Stres Sedunia pada 3 November lalu.
(Pri/OL-06)



Tujuh Minuman Pengganti Air Putih



KITA tentu menyadari betapa besar manfaat air putih bagi kesehatan, tapi jujur saja terkadang kita pun bosan untuk meminumnya sehingga menggantinya dengan jenis minuman lain yang memiliki rasa, tapi belum tentu menyehatkan. Sebenarnya ada beberapa jenis minuman yang dapat menggantikan air putih, tapi tetap memiliki manfaat kesehatan.

Selama ini kita direkomendasikan untuk meminum sedikitnya delapan gelas air per harinya guna mengurangi perut kembung, mencegah sakit kepala, menangkal penyakit, dan mencegah kerutan pada kulit. Itulah beberapa manfaat dari air putih yang tentunya membuat kita tak harus membayar mahal karena mudah mendapatkannya. Namun, H2O bukanlah satu-satunya zat yang mampu menjaga kesehatan Anda. Ada banyak jenis minuman yang juga baik bagi kesehatan seperti halnya air putih. Antara lain kopi yang kerap diasumsikan dapat membuat orang menjadi kecanduan. Padahal kopi justru merupakan minuman yang menyehatkan karena dapat menurunkan risiko alzheimer dan parkinson, kanker payudara, kanker kulit, diabetes, batu empedu, bahakan kanker mulut.

Berikut beberapa jenis minuman yang dapat Anda jadikan alternatif sebagi pengganti air putih:

1. Jus jeruk
Jus jeruk dapat membatu menangkal penyakit jantung. Antioksidan di dalam jus jeruk melindungi Anda dari peradangan yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Bahkan mereka yang makan fast food lalu meminum jus jeruk memiliki radikal bebas yang jumlahnya lebih sedikit ketimbang mereka yang makan fast food dan diakhiri dengan air. Namun, perhatikanlah takaran gulanya karena terlalu banyak gula juga tak baik bagi kesehatan. Satu gelas jus jeruk sebaiknya mengandung 21 gram dan 122 kalori.

2. Teh kamomil
Percaya atau tidak, teh kamomil dapat membuat Anda merasa tenang. Mereka yang mengonsumsi teh kamomil setiap harinya selama dua bulan akan mengalami penurunan rasa cemas, menurut studi dari Universitas Pennsylvania di Philadelphia. Atasi rasa gelisah pada malam hari dengan meminum secangkir teh kamomil.

3. Jus cranberry
Jus cranberry ampuh mencegah penyakit pada gusi dan infeksi kandung kemih. Bahan alami dalam jus ini mencegah penyakit gussi dengan menangkal bakteri di gigi tepatnya di bawah gusi. Jus cranberry juga berkontribusi 39 persen kebutuhan vitamin C perharinya, meningkatkan kadar kolesterol baik, dan menjaga kesehatan kandung kemih.

4. Susu cokelat
Susu cokelat dapat menjaga perut supaya tetap rata. Segelas susu cokelat mengandung banyak karbohidrat dan protein yang mampu memulihkan tenaga Anda setelah banyak berkegiatan maupun olahraga. Atlet yang meminumnya setelah
berolahraga cenderung memiliki otot yang lebih sehat ketimbang atlet yang hanya minum air, menurut studi yang dilakukan American College of Sports Medicine. Susu cokelat juga mengurangi rasa sakit dan kelelahan.

5. Teh hijau
Teh hijau diketahui mempu menjaga berat badan. Tikus yang melakukan latihan dan meminum teh hijau diketahui 22 persen berisiko lebih kecil mengalami penambahan berat badan. Kandungan polifenol dalam teh hijau dapat merevitalisasi metabolisme tubuh sehingga memudahkan pembakaran lemak. Apalagi teh hijau juga kaya akan antioksidan yang mampu menangkal penyakit jantung dan kanker. Cobalah tambahakan es ke dalam teh hijau Anda,pasti lebih menyegarkan.

6. Jus tomat
Jus tomat diketahui dapat menurunkan risiko terkena kanker. Minuman ini kaya akan vitamin B dan lycopene yang mampu menangkal kanker.

7. Teh hitam
Teh hitam mempu melindungi Anda dari kanker kulit. Minuman klasik ini merupakan sumber flavonoid yakni antioksidan yang mengandung zat penangkal kanker. Menurut hasil penelitian, meneguk secangkir teh hitam setiap harinya dapat menurunkan risiko terkena karsinoma sel skuamosa, salah satu tipe kanker kulit hingga 30 persennya. Baik diminum hangat maupun dingin, teh hitam juga baik untuk merawat kulit sehat Anda. (Pri/OL-06)

Sumber

Posting Komentar

Blogger