Cegukan (Singultus - Hiccup), Penyebab dan Tips Mengatasinya

Cegukan

Cegukan adalah kontraksi tiba-tiba yang tak disengaja pada diafragma, dan umumnya terjadi berulang-ulang setiap menitnya. Udara yang tiba-tiba lewat ke dalam paru-paru menyebabkan glottis (ruang antara pita suara) menutup, serta menyebabkan terjadinya suara hik. Cegukan umumnya akan selesai dengan sendirinya, meskipun ada beberapa pengobatan rumah tangga (home remedy) untuk mempercepat cegukan, dan ada beberapa pengobatan yang dibutuhkan. Istilah medis untuk cegukan adalah singultus.

Cegukan seringkali berkembang dalam situasi tertentu, seperti makan terlalu cepat, minum air dingin sesaat setelah makan makanan panas, makan makanan yang sangat panas atau pedas, tertawa atau batuk terlalu keras, kelebihan minuman beralkohol, atau karena keseimbangan elektrolit. Cegukan dapat pula disebabkan karena tekanan saraf frenik oleh struktur anatomi yang lain, atau karena tumor dan penyakit ginjal lainnya, meski hal ini jarang terjadi. American Cancer Society melaporkan bahwa 30% pasien kemoterapi menderita cegukan sebagai efek samping perlakuan.

Pengobatan

Untuk menghentikan kecegukan bisa dilakukan tindakan berikut:
  • Menahan napas, karena dengan menahan napas maka kadar karbondioksida di dalam darah meningkat, sehingga kecegukan berhenti.
  • Bernapas di dalam kantong kertas.
  • Minum segelas air dingin atau mengunyah roti kering atau es batu yang diserut.
  • Menarik lidah atau menggosok bola mata secara perlahan.
  • Membalik posisi tubuh dengan meletakan kepala dibawah kaki diatas

Kecegukan yang bersifat menetap memerlukan pengobatan yang lebih intensif. Obat-obat yang digunakan adalah skopolamin, proklorperazin, klorpromazin, baklofen, metoklopramid dan valproat.

Rekor Dunia

The Guinness World Records mencatat rekor cegukan terlama (1922-1990) dipegang oleh Charles Osborne (1894-1991) dari Anthon, Iowa (Amerika Serikat). Cegukan tersebut dimulai pada tahun 1922 dengan frekuensi 40 kali per menit, melambat menjadi 20 kali, dan akhirnya berhenti pada bulan Februari 1990, dengan total waktu selama 68 tahun.

Sumber
-----

Cegukan (Singultus - Hiccup)

Cegukan atau hiccup yang istilah medisnya singultus adalah kontraksi tiba-tiba yang tak disengaja pada diafragma, dan umumnya terjadi berulang-ulang setiap menitnya. Istilah ‘hiccup’ muncul dan digunakan orang untuk menirukan suara yang dikeluarkan saat cegukan (hik..hik..). Sedangkan nama lainnya, yaitu ‘singultus’ berasal dari bahasa latin singult yang berarti menarik nafas saat seseorang sedang terisak-isak.

Ketika seseorang cegukan, terjadi kontraksi otot-otot pernapasan, yaitu diafragma dan otot-otot di antara tulang rusuk, yang menyebabkan gerakan menarik nafas namun tiba-tiba diikuti dengan menutupnya glotis (katup saluran napas) secara tidak normal sehingga terdengarlah suara hik..hik.

Biasanya cegukan muncul 4-60 kali/menit dengan interval yang cukup teratur dan berlangsung beberapa menit saja. Namun ada kalanya bertahan lebih dari 48 jam, dan bisa pula hingga berhari-hari (mau memecahkan rekor dunia?). Tertutupnya katup atau epiglotis ini terjadi karena adanya gangguan di lengkung refleks, yaitu pada susunan saraf pusat dan saraf tepi. Kedua saraf ini mengatur jalur pernafasan dalam tubuh manusia agar berjalan lancar. Tertutupnya klep ini bukan merupakan kelainan susunan saraf pusat atau saraf tepi, namun merupakan respon dari keduanya yang terganggu.

Oleh karena saraf tepi berukuran panjang dan berhubungan dengan organ-organ di dalam tubuh, maka terkadang aktivitasnya terganggu oleh penyakit yang serius. Sehingga, cegukan dapat pula menjadi gejala adaya radang di perut, penyakit di ginjal, masalah hati atau tumbuhnya tumor di leher yang mengganggu saraf, yang kemudian mengirim respon sehingga muncullah cegukan.

Berbagai Penyebab

Menurut analisa medis, terjadinya cegukan melibatkan refleks pada saraf frenikus dan sarafvagus yang ada di daerah diafragma (otot pernapasan utama yang terletak antara dada dan perut).

Penyebab cegukan yang bersifat sementara biasanya adalah, makan terlalu cepat, minum minuman berkarbonasi, minum air dingin sesaat setelah makan makanan panas, makan makanan yang sangat panas atau pedas, tertawa atau batuk terlalu keras, banyak menelan udara, kelebihan minuman beralkohol, atau karena ketidakseimbangan elektrolit dalam darah, merokok, stress.

Iritasi pada saraf vagus dan frenikus merupakan penyebab tersering. Benda asing yang ada di daerah telinga pun ternyata juga dapat menjadi pencetus, karena ada salah satu cabang saraf vagus di daerah tersebut. Kelainan pada tenggorokan seperti peradangan dan tumor di daerah leher juga dapat menstimulasi serabut saraf yang ada di daerah tersebut, yang juga merupakan cabang saraf vagus.

Cegukan dapat pula disebabkan karena tekanan saraf frenik oleh struktur anatomi yang lain, atau karena tumor dan penyakit ginjal lainnya, meski hal ini jarang terjadi. American Cancer Society melaporkan bahwa 30% pasien kemoterapi menderita cegukan sebagai efek samping perlakuan.

Berbagai kelainan diafragma juga bisa mendasari timbulnya cegukan, seperti misalnya hernia hiatus, reflux gastroesofagus, abses subfenikus, serta manipulasi diafragma selama pembedahan. Penyebab lainnya lagi yang juga mungkin adalah penyakit sistim saraf pusat yang mengganggu refleks cegukan, bisa berupa infeksi, tumor maupun kelainan pembuluh darah. Kondisi uremia (meningkatnya kadar ureum dalam darah) yang dialami pasien gagal ginjal juga dapat jadi penyebab. Selain itu faktor psikogenik pun perlu dipertimbangkan.

Ada 2 jenis cegukan, yaitu :
  1. Cegukan yang bersifat ringan, yang hanya berlangsung selama 1 - 2 jam saja. Penyebab paling sering pada kategori ini karena adanya regangan pada lambung. Selain itu, juga karena perubahan cuaca mendadak (misalnya dari dingin ke panas atau sebaliknya),makan tergesa-gesa, makan makanan yang terlalu panas atau dingin, meminum minuman beralkohol atau berkarbonasi, merokok terlalu banyak, atau mengalami stres.
  2. Cegukan yang bersifat tetap/permanen (persistance). Cegukan jenis ini biasanya terjadi terus-menerus, tak hanya berhari-hari tapi bisa berbulan-bulan. Cegukan jenis ini merupakan gejala adanya gangguan di otak (misalnya gejala tumor di batang otak), gejala stroke (pada penderita stroke sering timbul cegukan), infeksi di susunan saraf pusat (otak), adanya herpes di dada sehingga mengganggu saraf tepi, selain itu juga karena gangguan metabolik seperti pada penderita diabetes, atau penderita kelainan ginjal karena uremia. Juga karena gangguan elektrolit (kurang kalium), termasuk pengaruh obat-obatan seperti steroid atau obat tidur.

Tips Menghentikan Cegukan :
  • Kadar karbon dioksida yang tinggi dalam darah akan menekan aktivitas saraf di
  • otak yang bertanggungjawab atas terjadinya cegukan.
  • Caranya, adalah dengan bernapas dalam sebuah kantong kertas. Tiup dan hirup sebanyak 10 kali dengan cukup kuat sampai wajah memerah. Lakukan dengan cepat, dan usahakan kantong kertas tertutup rapat sehingga tidak ada udara yang masuk ke dalamnya…jadi udara yang dihirup adalah udara yang banyak mengandung karbondioksida.
  • Tehnik lain meningkatkan kadar karbondioksida adalah dengan menahan napas selama mungkin, lalu menelan ketika cegukan dirasakan akan datang. Lakukan sebanyak 2-3 kali kemudian tarik napas dalam dan mulai lagi.
  • Ada pula yang menyarankan menahan napas selama mungkin kemudian keluarkan dan tahan selama mungkin. Atau dengan menahan napas dengan kepala tengadah.
  • Menelan satu sendok teh gula pasir kering dapat menghentikan cegukan dalam beberapa menit. Diduga, gula dalam mulut akan mengirimkan sinyal melalui serabut saraf yang akan mengganggu lengkung refleks cegukan.
  • Tidur berbaring dengan kedua lutut ditekuk ke arah perut. Lakukan beberapa saat hingga cegukan hilang.
  • Membungkuk sampai jari tangan dapat menyentuh ibu jari kaki selama 60 menit.
  • Bisa juga minum air dingin sedikit demi sedikit dan mengeluarkannya dari sisi gelas yang salah. Semua itu dimaksudkan untuk mempengaruhi sistem saraf, sehingga menghentikan ritme cegukan.
  • Peganglah lidah dengan jempol dan jari telunjuk Anda dan tariklah ke depan secara perlahan.

Bila cegukan tak hilang juga dalam beberapa jam atau bahkan hari, maka pertolongan medis seperti penggunaan obat-obatan sudah diperlukan. Beberapa obat yang dapat digunakan untuk menghilangkan cegukan diantaranya adalah chlorpromazin, metoclopramid, baclofen, antikonvulsan (fenitoin, asam valproat, carbamazepin) juga obat lain seperti quinidine, amitriptilin dan marijuana.

Bila dengan obat-obatan cegukan tetap bertahan juga, dapat pula dicoba terapi hipnotis dan akupuntur. Lebih jauh lagi…anestesi dengan ventilasi tekanan positif dan pelumpuh otot dilaporkan dapat menghentikan cegukan. Nah, akhirnya… sebagai senjata terakhir yang dapat dilakukan…… tindakan pembedahan menghancurkan atau memblok nervus frenikus juga telah dilakukan pada beberapa kasus cegukan yang tidak teratasi dengan berbagai cara.

Sumber
-----

Tips Menghentikan Cegukan
  1. Siapkan segelas air putih hangat.
  2. Ambil posisi berdirijangan duduk!
  3. Minumlah air tersebut sehingga rongga mulut Anda terisi oleh air tersebut. *Tapi ingat, jangan dulu ditelan airnya! Biarkan mulut Anda mengembung.
  4. (sambil menahan rongga mulut Anda yang terisi air/mengembung tadi) Secara perlahan, bungkukkanlah badan Anda ke bawah, ke arah lutut, sampai muka Anda seolah-olah mencium lutut.
  5. Setelah muka sampai ke lutut, tahanlah posisi bungkuk sekitar 10 s/d 15 detik-an. Lalu secara perlahan pula, angkatlah kembali badan Anda ke posisi berdiri seperti semula, sembari sedikit demi sedikit telanlah air di dalam rongga mulut Anda tadi.
  6. Nah, saat posisi badan Anda kembali tegak berdiri, pastikan air yang di dalam rongga mulut tadi sudah habis tertelan.

Silahkan dipraktekan sendiri... Selamat Mencoba ^_^

Sumber
-----

Cara mengatasi cegukan yaitu dengan mengatur nafas dan rileks. Tariklah nafas dalam-dalam kemudian keluarkan perlahan, ulangi sampai beberapa kali. Bisa juga dengan teknik bernafas dengan menghirup udara dari salah satu lubang hidung untuk kemudian dikelurkan dari lubang hidung yang satunya.

Tekniknya seperti ini, tutuplah lubang hidung sebelah kiri hirup udara dari lubang hidung sebelah kanan kemudian keluarkan udara dari lubang hidung sebelah kiri. Lalu lanjutkan dengan menghirup udara dari lubang hidung sebelah kiri dan keluarkan dari lubang hidung sebelah kanan. Lakukan teknik ini berulang-ulang.

Cara lain mengatasi cegukan yaitu dengan mencoba minum air tanpa bernafas. Ini dilakukan untuk menaikkan kadar karbondioksidadan menstimulasi saraf vagus.

Tetapi jika sudah melakukan beberapa teknik mengatasi cegukan seperti diatas dan cegukan tak kunjung sembuh, dianjurkan untuk mengkonsumsi obat-obatan yang bisa mengatasi cegukan yang tentunya harus dengan resep dokter.

Ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi cegukan, yaitu :
  • Bernafas dalam kantong kertas
  • Tiup dan hirup nafas sebanyak 10 kali dengan cukup kuat sehingga wajah memerah. Lakukan dengan cepat dan usahakan kantong kertas tertutup rapat.
  • Tarik nafas dalam-dalam, lalu minum 10 teguk air/ menelan ludah saat tidak bernafas
  • Menahan nafas selama mungkin kemudian menarik nafas dan tahan selama mungkin
  • Membungkuk sampai jari tangan dapat menyentuh jari kaki selama beberapa menit.
  • Tidur berbaring dengan kedua lutut ditekuk ke arah perut.

Hal diatas dilakukan untuk menambah karbondioksida dalam darah,  karena kadar kabondioksida yang tinggi akan menekan aktivitas syaraf otak yang bertanggung jawab atas terjadinya cegukan.

Sumber
-----

Resep Paling Manjur Mengatasi Cegukan

Cegukan, suatu hal yang sangat mengganggu, yang saya alami seharian ini, mulai selepas Imsyak, hingga ba’da Isya’ benar2 hampir membuat saya kehabisan kesabaran. Bagaimana tidak, sudah pas Puasa-puasa, eh lha kok malah cegukkan, kan pusing, minum ga boleh–ya iyalah, secara lagi puasa gitu– akirnya sayay cari alternatif lain, browsing2 di Google, Yahoo, Bing, dan sebagainya, belum berhasil juga, dan meninggal kan beberapa alternatif yang mengharuskan memakai air minum sebagai sarana/medianya. Okelah, saya putuskan untuk melakukannya selepas buka puasa.

Dan–Ngiiiiing!!! sirine berbunyi sebagai tanda buka puasa– Alhamdulilah buka puasa. Segera saya membatalkan puasa dan buru2 lari menuju netbook saya, klak-klik klak-klik cari2 bookmark hasil browsing tadi.

Dan akhirnya, dari sekian banyak artikel yang saya baca tentang cegukan–kali ini yang menggunakan air minum– saya temukan cara yang paling MANJUR dan MAK NYOSSSS!!! Sekali praktek langsung JREENGGG, Alhamdulillah cegukan hilang.

Dan ini dia cara unik yang telah menyingkirkan CEGUKAN saya seharian tadi. Silakan simak baik2, siapa tahu ANDA akan membutuhkan suatu saat. Ini saya dapat dari artikel di Kompasianer yang ditulis oleh Bapak Gustaaf Kusno.

Beginilah petunjuknya :
(freedictionary.com)
Ambil gelas air yang terisi kira-kira sepertiga sampai setengah gelas. Setelah itu minumlah air ini dari bibir gelas yang berlawanan arah. Untuk dapat melakukan cara ini Anda harus membungkukkan badan seperti terlihat pada gambar di atas. Dalam posisi ini maka diafragma akan tertekan dan akan merangsang syaraf vagus yang menjadi penyebab cegukan ini.

Nah, cara tersebut diatas adalah cara yang PALING MANJUR mengatasi CEGUKAN. Terimakasih Pak Gustaaf Kusno, atas tulisannya yang sangat membantu saya.

Sumber
-----

Cegukan Normal, Penyebab dan Tips Mengatasinya


Cegukan normal terjadi 4-60 kali/menit dengan interval yang teratur, dan berlangsung selama 10-30 menit. Namun apabila cegukan tidak berhenti dalam beberapa jam hingga berhari-hari, sangat disarankan untuk konsultasi dengan dokter, karena hal tersebut merupakan gejala penyakit yang serius.

Penyebab Terjadinya Cegukan

Penyebab terjadinya cegukan normal diantaranya adalah makan yang berlebihan (terlalu kenyang), minum minuman berkarbonasi, perubahan suhu lingkungan yang mendadak dan akibat faktor emosional seperti menangis dan histeria.

Sedangkan cegukan yang tidak normal yang berlangsung lama, terjadi karena pengaruh penyakit-penyakit tertentu seperti adanya gangguan pada sistem saraf pusat dan sistem metabolisme, dan pengaruh obat-obatan.

Tips Mengatasi Cegukan Normal

Tips ini sudah saya praktekkan setiap saya mengalami cegukan dan telah saya ajarkan kepada anak balita saya yang berumur 4 tahun (sedangkan bayi 2 tahun kebawah sebaiknya konsultasi dengan dokter anak), biasanya berhenti dalam beberapa menit, yaitu dengan cara menarik nafas dalam-dalam secara perlahan hingga rongga dada terasa penuh, menahannya beberapa detik (5-10 detik), kemudian melepaskannya melalui mulut secara perlahan-lahan, dilakukan beberapa kali hingga efek cegukan berhenti.

Sedangkan tips lain adalah dengan cara bernafas di dalam kantong kertas beberapa menit, berkumur-kumur dengan air es, menyesap air dingin dan menelan satu sendok gula pasir.

Sumber
-----

Dilansir Livestrong, Rabu (12/1/2011), berikut beberapa makanan yang bisa membantu menghentikan cegukan: Sumber
  • Gula - Menelan 1 sendok teh gula pasir kering, dapat membantu untuk menyembuhkan cegukan. Hal ini bekerja karena menelan bubuk butiran gula yang lengket dapat mengubah irama pernapasan, sehingga dapat bekerja menghentikan cegukan. Cegukan juga dapat berhenti karena adanya sensasi manis yang dirasakan ujung saraf di mulut, terutama pada bagian belakang lidah yang peka terhadap rasa asam. 
  • Selai kacang - Satu sendok makan selai kacang juga bisa menyembuhkan cegukan. Alasannya sama, yaitu karena selai kacang yang begitu lengket sehingga bisa mengubah irama napas. 
  • Jeruk nipis - Mengunyah seiris lemon segar dapat mengganggu pola impuls saraf vagus, yang dapat menghentikan cegukan. Selain menguyah, variasi juga bisa dilakukan pada irisan jeruk nipis, seperti mengisap seiris asinan jeruk nipis atau memakannya. 
  • Air - Cukup minum segelas air dapat membantu menghentikan cegukan. Menelan air dapat mengganggu siklus cegukan dan menenangkan saraf. Berkumur dengan air juga dapat menyembuhkan cegukan. 
-----

Marllory Kievman
, anak perempuan 13 tahun menemukan obat cegukan yang bekerja secara efektif. Obat tersebut ditemukan setelah melakukan eksperimaen dengan air garam, jus acar dan obat tradisonal lainnya.

Obat penghilang cegukan itu diberi nama ‘Hiccupops’. Obat tersebut merupakan karya yang terdaftar sebagai bantuan mahasiswa MBA. Setelah penemuan tersebut, Marllory tengah mengajukan paten dan membentuk perusahaan untuk memproduksi, memasarkan dan mendistribusikannya. Demikian diwartakan Smart Planet, Rabu (9/5/2012).

Para siswa kelas delapan dari Talcott Mountain Academy di Connecticut telah memiliki pola pikir yang besar. Tahun lalu, Kievman dipilih untuk menampilkan idenya di ajang Connecticut Invention Convention. Dalam ajang tersebut Dia menyabet penghargaan untuk inovasinya tersebut.

Dalam ajang tahunan yang diselenggarakan untuk para penemu anak, Kievman bertemu dengan pendiri Startup Connecticut, Danny Briere. Bandan tersebut merupakan sebuah wadah pemerintah yang membantu para pengusaha untuh tumbuh. Sejak saat itu, Briere menjadi salah satu pendukung Kievman. Briere juga mengatur dan membantu Kievman untuk memasuki New York Stock Exchange.

The New York Stock Exchange (NYSE) merupakan bursa efek yang terletak di New York, Amerika Serikat. NYSE merupakan bursa dengan pertukaran saham terbesar dunia. Sekitar 2.800 perusahaan mencatatkan sahamnya di NYSE. Harga saham di NYSE mencapai USD15 triliun dalam kapitalisasi pasar global. Hingga Juli 2004, seluruh 30 perusahaan di Dow Jones Industrial Average dicatatkan juga di NYSE, kecuali Intel and Microsoft.

"Ini sangat jarang ditemukan saat Anda mengevaluasi bisnis. Anda dapat membayangkan suatu perusahaan atau produk menjadi populer 100 tahun dari sekarang. Hiccupops yang memecahkan kebutuhan yang sangat sederhana dan mendasar," kata Briere saat diwawancarai harian New York Times.

Sumber
-----

43 Komentar

  1. Yang butuh tips2 kesehatan boleh mampir yaaaa ke www.anekatipskesehatan.blogspot.com :-)

    BalasHapus
  2. Blognya bagus, mas...banyak artikel bermanfaat disini.
    Kalau sempat mampir sekalian mengundang untuk gabung dengan teman2 lain yg sdh SUBMIT URL Blog-nya di Direktori Weblog Indonesia :)

    BalasHapus
  3. tip-tip di atas bagus sekali. bisa di praktekkan apabila ada sobat2 yg mengalami masalah tersebut di atas.
    saya menghimbau dan memberikan sedkit masukan tentang kesehatan yaitu perlindungan terbaik dari segala jenis masalah kesehatanl adalah dengan menjaga kondisi sistim kekebalan tubuh/sistim imun tetap optimal. dg kondisi optimal maka tubuh kita/kesehatan kita tidak akan mudah mengalamai gangguan2 kesehatan. ini saya da sedikit info tentang sebuah molekul ajaib yg bisa support sistim imun mencapai optimal dan bisa mendidik sistim imun.

    SOLUSI KESEHATAN

    BalasHapus
  4. waktu masih kecil dsulu saya sering mengalami cegukan, beruntung bisa baca2 info ini jadi bisa menambah wawasan saya
    terima kasih

    BalasHapus
  5. certainly like your web-site however you need to test the spelling on several of your posts.
    A number of them are rife with spelling problems and I find it very bothersome to inform
    the reality nevertheless I'll certainly come again again.
    Also visit my web site ... related web site

    BalasHapus
  6. I just like the helpful information you provide in your articles.
    I will bookmark your weblog and check once more right here regularly.
    I'm slightly sure I'll learn many new stuff proper right here!
    Best of luck for the following!

    Here is my website ... made a post

    BalasHapus
  7. I blog quite often and I genuinely appreciate your information.
    This article has really peaked my interest.
    I will book mark your website and keep checking for new details about once a week.
    I subscribed to your RSS feed as well.

    Review my web blog payday loan lender

    BalasHapus
  8. This is my first time I visit here. I found so many interesting stuff in your blog especially its discussion. From the tons of comments on your articles, I guess I am not the only one having all the enjoyment here! Keep up the good work.

    BalasHapus
  9. Now a days acquiring HDFC Home cash is to be wage
    out. You should be in your current job let them to take
    finances without the Byzantine ceremonial occasion of fax and
    prolonged work. Individuals set plans but not driven perturbation free loans.

    It is a short loan wherever one mortgage, do not anticipate your loaner to
    suggest loan adjustment because they won't. That's why the top reach of borrowed sum of money is
    kept at 750 because of 18 years, he must have a bank report which
    is accurately repaired and he should be earning a determinate sum
    of payoff. However, you dont need to fret well pop-up at any element time in your life.
    When you cannot meet all your business enterprise requirements on the accurate time when adopt business without any sort of
    duty. These are truncated term cash loans in be speculative wherever you can find a flying answer.
    payday loansWell, online loan activity has introduced this loan deal for desirable over phytologist
    and andifferent disposition institutions. Other word A day loan is titled by many other obloquy it can be known as to have admittance to
    flying cash, without any time lag. As 24 hour loan is specially offered
    for borrowers who need inst much needful cash, which
    then can be used to flooded the abrupt urgencies.

    BalasHapus
  10. They want to look romantic and they want to have a
    romantic memory. Reputable offline jewelers pretty much all have online stores.
    If you've chosen to wear pearls for your wedding jewelry, shopping for them now becomes a task.

    Look at my web site ... manualdemineria.com

    BalasHapus
  11. You can freely utilise instantaneous cash loans magnitude for provides
    uttermost easy to bear the encumbrance of casual expenditures that enters in your
    life when you are totally out of cash. payday loansAlthough the rate of involvement polar can
    be marginally high, practicable status can monetary system matters all but of all in the modern social group.

    At present, these loans are given to US the petition form
    to medium of exchange dealings is done online. The getr can get the loan that he
    would get the ledger entry card day loans he of necessity in any infinitesimal.

    BalasHapus
  12. - Emergency Ponchos - These provide warmth and shelter for your
    family. With school books, notebooks, computers, video games, cell phones (not to mention snacks and water bottles),
    all having become "must have" items. When a heavier weight than this is placed
    on the shoulders, it will cause imbalance and pull the person backwards.


    My web site ... drawstring backpacks

    BalasHapus
  13. Selamat siang saja buat admin. terimakasih untuk postingannya ;-)

    BalasHapus
  14. Informasi yang sangat menarik,sukses ya untuk website nya

    BalasHapus

  15. terima kasih pak admin telah menghadirkan informasi dan berita yg bermanfaat,semoga dengan sering di updated akan menjadikan website ini lebih bermanfaat lagi bagi pengunjung..

    BalasHapus

  16. selamat pagi pak admin,mohon ijin untuk ikut corat-coret di kolom komentar ini,ane bangga bisa menemukan website yang super super keren ini.info2-nya sangat menarik penuh manfaat..thanks,,salam kenal untuk semua and sukses selalu..

    BalasHapus
  17. situsnya keren nih, banyak info menarik

    BalasHapus
  18. Setiap hari baru memberi kita kesempatan untuk membuka lembaran baru kehidupan kita,kesempatan untuk memperbaiki semua yang masih kurang..begitu juga hari ini aku berharap ada info ataupun ilmu yg baru dari website ini..

    BalasHapus

  19. siapapun yg kamu beri untuk membantu yg membutuhkan,tak akan hilang.semua pasti dicatat oleh tuhan,dan untukmu telah disiapkan balasan..tanks ka" admin untuk kerelaan-nya berbagi..

    BalasHapus
  20. terima kasih pak admin telah menghadirkan informasi dan berita yg bermanfaat,semoga dengan sering di updated akan menjadikan website ini lebih bermanfaat lagi bagi pengunjung..

    BalasHapus

  21. seluruh isi beritanya sangat menarik sekali.
    terimakasih banyak nih.

    BalasHapus
  22. artikel yang di berikan sangat bagus dan bermanfaat untuk kita semua

    BalasHapus
  23. artikel yang di berikan sangat bagus dan bermanfaat untuk kita semua

    BalasHapus
  24. belajarlah dan carilah ilmu dan juga kemampuan sebanyak mungkin. ilmu dan kemampuan akan mengantarkan anda menuju bariisan depan manusia-manusia terbaik..terus semangat sobat semua dan gapai semua mimpimu.

    BalasHapus
  25. Harapan kita terus memberi inovasi yang baru, up to date dalam menyampaikan berita.

    BalasHapus
  26. Harapan kita terus memberi inovasi yang baru, up to date dalam menyampaikan berita.

    BalasHapus
  27. artikel yang anda sajikan di blog ini sangat menarik. Ditunggu artikel selanjutnya.

    BalasHapus
  28. saya berkunjung kembali untuk menyimak info yang menarik dan bermanfaat ini

    BalasHapus
  29. Terimakasih ya atas informasi yang sangat bermanfaatnya ini.

    BalasHapus
  30. Informasi yang bermanfaat, ditunggu update terbarunya

    BalasHapus
  31. seluruh isi beritanya sangat menarik sekali. terimakasih banyak nih.

    BalasHapus
  32. Mungkin ini bisa jadi berita yang mengispirasi.

    BalasHapus
  33. Di tunggu mas updetan berita yang selanjutnya.

    BalasHapus
  34. Sukses itu mudah. Motivasi untuk bisa sukses itulah yang susah.

    BalasHapus
  35. terima kasih pak admin telah menghadirkan informasi dan berita yg bermanfaat,semoga dengan sering di updated akan menjadikan website ini lebih bermanfaat lagi bagi pengunjung..

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak