Ads (728x90)

DO'A SAPU JAGAD AGAR MUDAH JODOH

اللَّهُمَّ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً، وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

"ALLAHUMMA RABBANAA AATINAA FID-DUNYAA HASANAH WA FIL AAKHIRATI HASANAH WA QINAA ADZAABAN NAAR." (HR. Bukhari dan Muslim)

Dalil do'a ini adalah sebagai berikut:

Sahabat Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu mengatakan,

كَانَ أَكْثَرُ دَعْوَةٍ يَدْعُو بِهَا رَسُولُ صَلَّى عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: اللَّهُمَّ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً، وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

"Doa yang paling sering dipanjatkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam: ALLAHUMMA RABBANAA AATINAA FID-DUNYAA HASANAH WA FIL AAKHIRATI HASANAH WA QINAA ADZAABAN NAAR." (HR. Bukhari dan Muslim)

Beberapa pelajaran dalam hadits ini:

1. Dianjurkan untuk merutinkan do’a ini karena lafadznya begitu ringkas, namun mengandung permintaan kebaikan dunia dan akhirat.

2. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam paling sering membaca do’a ini karena do’anya sungguh penuh makna yaitu mencakup tiga hal: [1] meminta kenikmatan di dunia, [2] meminta kenikmatan di akhirat, serta [3] agar terbebas dari api neraka. Semoga Allah menganugerahkan kita tiga hal ini.

3. Permintaan kebaikan di dunia yang dimaksudkan dalam do’a ini mencakup nikmat sehat, rumah yang lapang, istri yang penuh dengan kebaikan, rizki yang luas, ilmu yang bermanfaat, amal sholih, kendaraan yang menyenangkan, pujian yang baik serta kebaikan-kebaikan lainnya dengan berbagai ungkapan dari pakar tafsir. Masya Allah … luar biasa cakupan do’a sapu jagad ini. Sampai-sampai meminta istri yang sholihah pun sudah tercakup di dalamnya.

4. Adapun kebaikan di akhirat yang diminta dalam do’a ini tentu saja lebih tinggi dari kebaikan di dunia yaitu dimasukkannya ke dalam surga, dibebaskan dari rasa khawatir (takut) dan diberi kemudahan dalam hisab (perhitungan amalan) di akhirat.

5. Adapun permintaan diselamatkan dari siksa neraka mengandung permintaan agar kita dibebaskan dari berbagai sebab yang menjerumuskan ke dalam neraka yaitu dengan dijauhkan dari berbagai perbuatan yang haram dan dosa, dan diberi petunjuk untuk meninggalkan hal-hal syubhat (yang masih samar/abu-abu) dan hal-hal yang haram. –Inilah penjelasan Ibnu Katsir rahimahullah yang kami sarikan dari kitab tafsirnya ketika menjelaskan surat Al Baqarah ayat 201-. Begitu luar biasa dan ampuhnya do’a sapu jagad ini, begitu ringkas, namun makna yang dikandung begitu mendalam. Itulah do’a yang seharusnya bisa kita rutinkan.

6. Para sahabat begitu semangat dalam memperhatikan ajaran Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, sehingga mereka pun begitu semangat dalam menjalani ajaran Allah dan Rasul-Nya.
=====

Doakan Setiap Mukmin yang Masuk ke Rumah anda

Doa Nabi Nuh 'alahis Salam

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِمَنْ دَخَلَ بَيْتِيَ مُؤْمِنًا وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ

Ya Allah, ampunilah aku, kedua orang tuaku, dan kepada setiap orang yang masuk rumahku dalam kondisi beriman, serta ampunilah semua orang beriman lelaki dan wanita (QS. Nuh: 28)

Semoga kita menghafalnya dan mempraktekkannya.
=====

BACAAN ISTIGHFAR NABI IBROHIM YANG SANGAT ISTIMEWA!

ربنا اغفرلي ولوالدي وللمؤمنبن

ROBBANAGHFIRLIY WA-LIWAALIDAYYA WA-LILMU'MINIIN
"Ya Rabb kami, ampunilah aku, kedua orangtuaku, dan seluruh kaum mukminin"
(QS. Ibrohim: 41)

Perbanyaklah beristighfar seperti ini, karena akan banyak sekali manfaat yg kita dapatkan.

1. Allah akan lebih mendengar istighfar kita, karena kita menggunakan istighfarnya 'kekasih' Allah ta'ala.

2. Ini merupakan bentuk bakti kepada kedua orang tua, dan akan menjadikan keduanya BAHAGIA dan mulia di sisi-Nya.

3. Dengannya kita akan mendapatkan doa malaikat, karena kita telah mendoakan orang lain tanpa sepengetahuannya.

4. Kita akan mendapatkan pahala sebanyak jumlah kaum muslimin, karena kita telah memintakan ampun utk mereka semua.

5. Allah akan menambah kekuatan utk kita, karena kita beristighfar. [QS. Hud: 52].

6. Urusan-urusan kita akan dimudahkan Allah krn istighfar kita, sebagaimana dikatakan Ibnul Qoyyim rohimahullah. [Tibbun Nabawi, 155]

7. Allah akan melapangkan harta dan rezeki kita dg istighfar. [QS. Nuh: 10-12]

Semoga Allah memberikan kita taufiq, untuk selalu bisa mengisi waktu kita dengan banyak beristighfar kepada-Nya, amin.

Ustadz Musyaffa Ad Dariny, M.A.
=====

SUNGGUH! ISLAM CINTA SAMA SEORANG YANG PEMAAF!

Abdullah bin Umar -radhiallahu anhuma- mengatakan:
Ada seseorang yang mendatangi Nabi -shallallahu alaihi wa sallam-, dia mengatakan: "Wahai Rasulullah, berapa kali kita sebaiknya mengampuni pelayan (budak) kita?"
Maka beliau diam, lalu orang itu mengulangi lagi perkataannya, dan beliau diam lagi (tidak menjawab).

Kemudian ketika orang itu mengulangi perkataannya untuk yang ketiga kali, beliau menjawab: "Ampunilah dia 70 kali pada setiap harinya!" [HR. Abu Dawud, dishahihkan oleh Syeikh Albani dalam Silsilah Shahihah: 488]

Subhanallah… Yang ditanyakan dalam hadits ini adalah tentang BUDAK alias hamba-sahaya… lalu berapa kali kita diperintahkan untuk mengampuni kesalahan anak kita, atau isteri kita, atau bahkan kedua orang tua kita terutama ketika mereka sudah lanjut usia?!

Ustadz Musyaffa Ad Dariny

by Doa dan Dzikir Shahih Harian.
=====

DO'A AGAR ANAK CUCU KITA MENDIRIKAN SHOLAT

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلاَةِ وَمِن ذُرِّيَّتِي رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاء

ROBBIJ-'ALNIY MUQIIMAS-SHOLAATI WA MIN DZURRIYYATIY ROBBANAA WA TAQOBBAL DU-'AA'

"Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat. Ya Tuhan Kami, perkenankanlah doaku." (QS. Ibrahim: 40)
=====

DO'A+UNTUK+PENGANTIN.png (470×470)

DO'A UNTUK PENGANTIN

باَرَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ

BAAROKALLAHU LAKA WA BAAROKA 'ALAIKA WA JAMA'A BAINAKUMA FIY KHOIRIN

"Semoga Allah memberi berkah padamu, semoga Allah memberi berkah atasmu, dan semoga Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan." (HR. Abu Dawud (1819), Tirmidzi (1011), dan yang lainnya, dishohihkan oleh Albani)
=====

DO'A+KETIKA+MINUM+AIR+ZAM-ZAM.png (470×470)

BERDO'A TATKALA MINUM AIR ZAM ZAM INSYA ALLAH MAKBUL!

Dikisahkan pada suatu hari Hafidz Ibnu Hajar rahimahullah (salah seorang Ulama Hadits) berdoa agar memiliki kemampuan hafalan layaknya Imam Dzahabi rahimahullah ketika meminum Zam Zam, dan sejarah mencatat bahwa Ibnu Hajar menjadi ahli hadist yang kuat hafalannya (Lihat: Jauhar Ad-Durar, 1/166)

Maka benarlah sabda nabi shallallahu 'alaihi wa sallam:

عَنْ جَابِرٍ وَابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ -صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ-: مَاءُ زَمْزَمَ لمِاَ شُرِبَ لَهُ (أخرجه أحمد وابن ماجه

Dari Jabir dan Ibnu 'Abbas, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Air Zam Zam, tergantung niat orang yang meminumnya."(Hadits shahih. Lihat Irwa-ul Ghalil, al Albani, 1/218).

Melihat melimpahnya zam-zam di madinah (diangkut dari Makkah oleh pemerintah Saudi sehingga yang di Madinah bisa menikmatinya) bukan tidak mungkin 5 sampai 10 tahun lagi akan muncul 'Dzahabi Dzahabi' baru di Indonesia. Aamiin

JADI ... yuk kita berdo'a "apa saja" untuk kebaikan akhirat dan dunia kita ketika minum air Zam Zam.

Ilustrasi foto: Syaikh Mishari (salah seorang Qori al-Quran terkenal) sedang meminum Zam Zam yang disediakan di masjid Nabawi. Foto diambil dari fan page resmi beliau.

Sumber: FB Di Kota Nabi
=====

DO'A+NABI+SULAIMAN.png (470×450)

DO'A NABI SULAIMAN

Doa Nabi Sulaiman 'alaihissalam
❀ bersyukur ❀

Ya Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat mu
yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku
dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai;
dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh.

(QS. An-Naml: 19)

***
Ini adalah doa nabi Sulaiman ‘alaihis shalatu was salam, ketika beliau mendengar obrolan semut, beliau memohon agar selalu diarahkan untuk menjadi hamba yang bersyukur.
=====

Doa Adalah Obat Mujarab

Tahukah saudaraku, Doa merupakan obat yang paling banyak manfaatnya. Doa juga menangkal bala, dan cobaan, mencegah dan menghilangkan musibah. Doa juga dapat meringankan musibah yang datang. Doa merupakan sejata orang mukmin.

Diriwayatkan oleh Hakim dari Ali ibn Abi Thalib Radhiyallahu Anhu, Rasulullah Shallallahualaihi wa Sallam bersabda : "Sesungguhnya doa itu adalah senjata bagi orang yang beriman, tiang agama, dan sinar langit dan bumi".

Adapun Tiga Kategori Keterkaitan doa dengan musibah yang menimpa :
1. Apabila doa lebih kuat, musibah dapat ditolak
2. Apabila doa lebih lemah dariapda musibah, seseorang akan terus dirundung musibah. Meskipun demikian, walaupun lemah, doa masih bisa sedikit meringankan.
3. Apabila sama-sama kuat, musibah dan doa akan saling menolak.

Dalam kitab Al-Hakim, Diriwayatkan sebuah hadits dari Aisyah Radhiyallahu Anha Rasulullah Shallallahualaihi wa Sallam bersabda, "Kewaspadaanmu tidak ada gunanya dalam menghadapi takdir. Doalah yang berguna untuk mengantisipasi musibah yang turun maupun yang belum turun. Sesungguhnya musibah ketika turun dihadapi oleh doa dan keduanya bertarung hingga hari kiamat."

Dalam kitab yang sama, Dari Ibnu Umar Radhiyallahu Anhu, Rasulullah Shallallahualaihi wa Sallam bersabda,"Doa itu bermanfaat bagi musibah yang telah turun, dan yang belum turun, karena itu, wahai hamba Allah, kalian harus berdoa."

Masya Allah, Doa memang benar-benar dahsyat manfaatnya apabila kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari kita, pastinya harus dengan doa yang shahih ya.

= = = = =

Sumber dari penjelasan di atas di ambil dari "Buku Terapi Penyakit Hati" Karya Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah. Yang juga menjelaskan tentang kegagalan Doa, adab berdoa, waktu di ijabah berdoa, syarat-syarat doa mustajab, dan banyak penjelasan lainnya tentang penyakit hati.

Adapun buku ini dimuat dalam hardcover, dengan total 369 halaman. Dengan daftar isi sbb:

- Doa Adalah Obat Mujarab
- Salah Paham tentang Tawakal dan Takdir
- Beristighfar Lalu Berbuat Dosa
- Harapan dan Rasa Takut Harus Pada Tempatnya
- Tertipu Dunia
- Pegangan Kaum Salaf Dalam Menghadapi Kekhawatiran dan Harapan
- Dosa-Dosa Dalam Hati Ibarat Angin Panas di Badan
- Akibat Maksiat
- Perlakuan Khusus Allah Kepada Orang Mukmin
- Perang Yang Berkobar Antara Tentara Allah dan Tentara Setan
- Hukum Syar'i Terhadap Maksiat
- Bekas-Bekas Maksiat Pada Hati
- Asal Usul Dosa
- Sifat-Sifat Allah dan Hukumannya
- Pintu Masuk Kemaksiatan
- Tauhid Kepada yang Dicintai
- Mengutamakan yang Tertinggi
- Cinta, Asal Semua Agama
- Asyik Dalam Kecenderungan
- Beberapa Jenis Cinta Kepada Wanita
=====

DO'A+NABI+NUH.png (470×440)

DO'A NABI NUH

Ya Tuhanku! Ampunilah aku, ibu bapakku dan orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim itu selain kebinasaan (QS. Nuh : 28)

Doa untuk Orang Lain itu Bermanfaat Juga untuk Diri Kita Sendiri

دَعْوَةُ الْمَرْءِ الْمُسْلِمِ لأَخِيْهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ مُسْتَجَابَةٌ عِنْدَ رَأْسِهِ مَلَكٌ مُوَكَّلٌ. كُلَّمَا دَعَا ِلأَخِيْهِ بِخَيْرٍ، قَالَ الْمَلَكُ الْمُوَكَّلُ بِهِ: آمِيْنَ. وَلَكَ بِمِثْلٍ.

‘Do’a seorang muslim untuk saudaranya yang dilakukan tanpa sepengetahuan orang yang dido’akannya adalah do’a yang akan dikabulkan. Pada kepalanya ada Malaikat yang menjadi wakil baginya. Setiap kali dia berdo’a untuk saudaranya dengan sebuah kebaikan, maka Malaikat tersebut berkata: ‘Aamiin dan engkau pun mendapatkan apa yang ia dapatkan.’” (HR. Muslim)

Yuk doakan ampunan untuk diri kita, orang tua kita, orang yang masuk ke rumah kita yang beriman daann saudara kita lainnya yang beriman baik laki-laki maupun perempuan.
=====

DO'A+NABI+ZAKARIA.png (470×471)

DO'A NABI ZAKARIA

Adakah Doa Minta Anak

Beberapa situs dakwah yang peduli sunah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, ketika ditanya tentang doa permohonan anak, mereka menegaskan bahwa tidak ada doa khusus yang diajarkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Dalam Fatwa Syabakah Islamiyah dinyatakan,

أما التزام دعاء معين تواظب عليه كأنه مطلوب بعينه لطلب الولد واعتقاد سنية ذلك، فهذا لم نقف على ما يدل على مشروعيته

Mengamalkan doa tertentu kemudian dirutinkan, seolah-olah doa itu doa itu secara khusus dianjurkan untuk meminta anak dan diyakini adanya anjuran doa ini, kami belum menjumpai adanya nash yang menunjukkan disyariatkannya doa khusus tersebut (Fatawa Syabakah Islamiyah, no. 43435).

Hanya saja, dalam Al-quran, Allah menyebutkan beberapa doa yang dipanjatkan Nabi Zakariya ketika memohon keturunan, dan anda bisa menirunya.

Salah satunya doa Zakariya yang Allah sebutkan di surat Al-Anbiya.Bisa juga dengan doa Nabi Ibrahim, yang telah lama menunggu kehadiran anak,

رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ
ROBBI HAB LII MINASH SHOOLIHIIN

“Ya Allah, anugerahkanlah kepadaku anak yang shaleh.” (QS. As-Shafat: 100)

Syaikh Abdul Aziz bin Baz ketika ditanya, bolehkah orang yang lama tidak dikaruniai anak memohon kepada Allah denagn doa Zakariya di surat Al-Anbiya.

Jawaban beliau,

Tidak masalah melantunkan doa seperti yang disebutkan. Dan jika dia berdoa dengan selain teks ini, seperti membaca :

اللهم ارزقني ذرية طيبة ، اللهم هب لي ذرية صالحة
“Ya Allah, berilah aku keturunan yang baik, anugrehkanlah aku keturunan yang shaleh.”

Atau doa-doa yang semisal, semuanya baik. Contoh doa lainnya adalah firman Allah

رَبِّ هَبْ لِيْ مِنْ لَّدُنْكَ ذُرِّيَةً طَيِّبَةً إِنَّكَ سَمِيْعُ الدُّعَاءِ
“Ya Allah, anugrehkanlah aku keturunan yang baik dari sisi-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Memperkenankan Doa.” (QS. Ali Imran: 38)

(Majmu’ Fatawa Ibnu Baz 8:423).
Semoga Allah memberkahi semua keadaan kita.
Allahu a’lam

Dijawab oleh Ustadz Ammi Nur Baits
Sumber: http://www.konsultasisyariah.com/doa-dan-tips-agar-dikaruniai-anak/
=====

Sabarlah+dalam+Berdo'a.png (470×470)

SABARLAH DALAM BERDO'A

Dari Abu Hurairah radhiallahu 'anhu, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

"Doa para hamba akan senantiasa dikabulkan, selama tidak berdoa yang isinya dosa atau memutus silaturrahim, selama dia tidak terburu-buru." Para sahabat bertanya, "Ya Rasulullah, apa yang dimaksud terburu-buru dalam berdoa?" Beliau bersabda, "Orang yang berdoa ini berkata, 'Saya telah berdoa, Saya telah berdoa, dan belum pernah dikabulkan'. Akhirnya dia putus asa dan meninggalkan doa." (HR. Muslim dan Abu Daud)

Sebagian ulama mengatakan: "Saya pernah berdoa kepada Allah dengan satu permintaan selama dua puluh tahun dan belum dikabulkan, padahal aku berharap agar dikabulkan. Aku meminta kepada Allah agar diberi taufiq untuk meninggalkan segala sesuatu yang tidak penting bagiku."
=====

SUBHANALLAHI WABIHAMDIH SUBHANALLAHIL AZHIM

SUBHAANALLAH+WABIHAMDIHI+SUBHAANALLAHIL+'ADZIIM.png (470×470)

SUBHANALLAHI WABIHAMDIH
SUBHANALLAHIL AZHIM

Dari Abu Hurairah radhiallahu 'anhu dia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam telah bersabda:

كَلِمَتَانِ خَفِيفَتَانِ عَلَى اللِّسَانِ ثَقِيلَتَانِ فِي الْمِيزَانِ حَبِيبَتَانِ إِلَى الرَّحْمَنِ سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ سُبْحَانَ اللَّهِ الْعَظِيمِ

"Dua ucapan yang ringan diucapkan tetapi berat timbangannya (pada hari kiamat) dan dicintai oleh Ar-Rahman. Yaitu: SUBHANALLAHI WABIHAMDIH (Maha suci Allah dan segala pujian hanya untuk-Nya) dan SUBHANALLAHIL AZHIM (Maha Suci Allah Yang Maha Agung)."(HR. Al-Bukhari no. 7563 dan Muslim no. 2694)

Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

مَنْ قَالَ سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ فِي يَوْمٍ مِائَةَ مَرَّةٍ حُطَّتْ خَطَايَاهُ وَإِنْ كَانَتْ مِثْلَ زَبَدِ الْبَحْرِ

Artinya: "Barangsiapa yang mengucapkan: SUBHANALLAHI WABIHAMDIH (Maha suci Allah dan dengan segala pujian hanya untuk-Nya) sehari 100 (seratus) kali, maka kesalahan-kesalahannya akan diampuni (Allah) walaupun sebanyak buih di lautan." (HR. Imam Al-Bukhari no. 5926 dan Muslim no. 2691)

2. Dari Abu Hurairah radhiallahu 'anhu, ia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

مَنْ قَالَ حِينَ يُصْبِحُ وَحِينَ يُمْسِي سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ مِائَةَ مَرَّةٍ لَمْ يَأْتِ أَحَدٌ يَوْمَ الْقِيَامَةِ بِأَفْضَلَ مِمَّا جَاءَ بِهِ إِلَّا أَحَدٌ قَالَ مِثْلَ مَا قَالَ أَوْ زَادَ عَلَيْهِ

Artinya: "Barang siapa yang ketika pagi dan sore membaca: SUBHANALLAHI WABIHAMDIH (Maha suci Allah dan dengan segala pujian hanya untuk-Nya) sebanyak 100 (seratus) kali, maka pada hari kiamat tidak ada seorangpun yang akan mendatangkan amalan yang lebih utama daripada apa yang dia datangkan. Kecuali orang yang juga mengucapkan bacaan seperti itu atau lebih dari itu." (HR. Muslim no. 2692)

Posting Komentar

Blogger