Ads (728x90)

Siapa nih yang suka banget minum teh? Yup, nggak kalah juga dengan kopi, penggemar teh juga banyak banget lho! Teh adalah minuman yang bisa dikonsumsi oleh semua kalangan masyarakat.

Teh adalah minuman yang mengandung kafein, sebuah infusi yang dibuat dengan cara menyeduh daun, pucuk daun, atau tangkai daun yang dikeringkan dari tanaman Camellia sinensis dengan air panas. Teh yang berasal dari tanaman teh dibagi menjadi 4 kelompok: teh hitam, teh oolong, teh hijau, dan teh putih.

Istilah "teh" juga digunakan untuk minuman yang dibuat dari buah, rempah-rempah atau tanaman obat lain yang diseduh, misalnya, teh rosehip, camomile, krisan dan Jiaogulan. Teh yang tidak mengandung daun teh disebut teh herbal.

Teh merupakan sumber alami kafein, teofilin dan antioksidan dengan kadar lemak, karbohidrat atau protein mendekati nol persen. Teh bila diminum terasa sedikit pahit yang merupakan kenikmatan tersendiri dari teh.
Karena selain enak, teh juga dipercaya memiliki berbagai macam khasiat bagi kesehatan tubuh manusia. Mau tahu, apa aja sih khasiat yang terkandung dalam teh? Langsung aja yuk baca, 13 alasan kenapa kamu harus rajin minum teh! Sumber

1. Teh menambah kekuatan pada otot

teh dapat memperkuat otot via media1.onsugar.com
Teh ternyata memiliki khasiat untuk meningkatkan daya tahan latihan. Para ilmuwan telah menemukan bahwa catechin (antioksidan) dalam ekstrak teh hijau meningkatkan kemampuan tubuh untuk membakar lemak sebagai bahan bakar, yang menyumbang untuk meningkatkan ketahanan otot.

2. Mengurangi resiko serangan jantung
Teh hijau berkhasiat mengurangi resiko penyakit jantung via loss-of-weight-allegiance.com
Minum teh bisa membantu mengurangi resiko serangan jantung. Teh juga dapat membantu melindungi terhadap berbagai penyakit jantung. Terutama pada teh hijau, meminum teh hijau sebanyak 2 cangkir atau lebih dalam sehari sangat diyakini bisa mengurangi resiko penyakit jantung, kanker, alzheimer, diabetes dan masih banyak lagi.

3. Teh memberikan perlindungan terhadap berbagai macam kanker

Teh memberikan perlindungan dari berbagai macam kanker via www.redbookmag.com
Antioksidan dalam teh dapat membantu melindungi terhadap bermacam-macam jenisl kanker, termasuk payudara, usus besar, usus, kulit, paru-paru, kerongkongan, lambung, usus kecil, pankreas, hati, ovarium, prostat dan kanker mulut. Tapi meskipun begitu, jangan hanya mengandalkan teh saja untuk mendapatkan kesehatan bagi tubuhmu. Teh bukanlah obat ajaib, melainkan hanyalah salah satu car untuk menjaga kesehatanmu.


4. Teh membantu melawan radikal bebas
Teh dapat melawan radikal bebas pada tubuh
Teh dapat melawan radikal bebas pada tubuh via www.dolynska.com
Teh memiliki kemampuan untuk menghancurkan radikal bebas (yang dapat merusak DNA) dalam tubuh manusia. Sementara pada tubuh kita sendiri, hanya bisa melawan radikal bebas pada mereka sendiri, sehingga tidak 100 persen efektif. Radikal bebas adalah salah satu penyebab utama timbulnya kanker, penyakit jantung dan degenerasi syaraf.

5. Teh dapat melembabkan tubuh
Teh daat melembabkan tubuh
Teh dapat melembabkan tubuh via screativeimage.com
Menurut penelitian, meminum teh tidak akan membuat seseorang dehidrasi, meskipun terkandung kafein di dalamnya. Jika meminum air putih hanya akan menggantikan cairan, sedangkan teh mampu mengganti cairan tubuh yang hilang sekaligus memberikan antioksidan.

6. Meminum teh menekan resiko seseorang mengidap Parkinson

Teh dapat menegah penyakit parkinson via jolynproject.files.wordpress.com

Selain memberikan perlindungan terhadap kanker dan juga radikal bebas, teh juga memiliki khasiat yang lain. Seseorang yang rajin meminum teh memiliki resiko lebih rendah terkena penyakit Parkinson.

7. Teh dapat memberikan perlindungan dari sinar ultraviolet
Teh dapat memberikan perlindungan terhadap sinar UV
Teh dapat memberikan perlindungan terhadap sinar UV via www.esseredonnaonline.it
Kamu pasti sudah mengetahui, bagaimana pentingnya diri kita untuk membatasi paparan sinar Ultraviolet. Berbagai macam cara kita lakukan untuk melindungi kulit agar terhindar dari paparan sinar UV. Tetapi tahukah kamu, kalau ternyata teh hijau juga dapat bertindak sebagai tabir surya cadangan?


8. Teh bisa menjaga lingkar pinggang
Minum teh bjuga bisa bikin badan langsing
Minum teh bjuga bisa bikin badan langsing via www.kawaiibeautyjapan.com

Dalam satu studi, seseorang yang rutin mengkonsumsi teh panas memiliki lingkar pinggang yang lebih rendah dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi teh. Para ilmuwan berspekulasi bahwa minum teh secara teratur dapat menurunkan risiko sindrom metabolik (yang meningkatkan risiko diabetes, penyakit arteri dan stroke), meskipun begitu penting untuk diingat bahwa korelasi di antaranya bukanlah hubungan.

9. Teh dapat melawan resiko yang disebabkan oleh rokok
Teh dapat melawan rokok
Teh dapat melawan efek negatif dari rokok via farm9.staticflickr.com

Minum teh mungkin juga dapat melawan beberapa efek negatif dari merokok. Dan bahkan mungkin bisa mengurangi risiko terhadap kanker paru-paru. Tapi meskipun begitu, bukan berarti jika kamu adalah perokok dan selalu rajin meminum teh berarti kamu akan terhindar dari kanker paru-paru loh.

10. Teh sangat baik untuk penderita diabetes
Teh hijau baik untuk mencegah diabetes

Teh hijau baik untuk mencegah diabetes via www.benefits-greentea.com
Studi menunjukkan bahwa senyawa dalam teh hijau dapat membantu penderita diabetes memproses gula lebih baik lagi.


11. Teh mempercepat penyembuhan akibat radiasi
Meminum teh dapat melindungi dari paparan radiasi via www.tea-terra.ru
Teh dapat membantu tubuh cepat sembuh dari radiasi. Hasil studi menemukan bahwa teh membantu melindungi terhadap degenerasi sel setelah terpapar radiasi, dan tidak hanya itu, ternyata teh juga dapat membantu kulit bangkit kembali pasca paparan radiasi.

12. Teh berkhasiat untuk memperkuat tulang
Teh bagus untuk kekuatan tulang
Teh bagus untuk kekuatan tulang via 2.bp.blogspot.com
Teh hijau juga memiliki khasiat terhadap tulang kita. Hasil studi menjelaskan bahwa teh hijau juga berguna untuk meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang.

13. Teh mampu mencegah penyakit Alzheimer
Teh dapat mencegah penyakit Alzheimer
Teh dapat mencegah penyakit Alzheimer via medicina.ua

Teh bisa menjadi obat alamai yang efektif dalam pencegahan dan pengobatan penyakit saraf, terutama penyakit degeneratif (Alzheimer). Banyak faktor yang memengaruhi kesehatan otak manusia, dan polifenol yang terkandung dalam teh hijau dapat membantu menjaga bagian otak yang mengatur belajar dan memori.

14. Menyehatkan sistem pencernaan
Teh melancarkan metabolisme saat berpuasa
Teh melancarkan metabolisme saat berpuasa via st3.flashrolls.net
Teh juga sangat baik dikonsumsi pada saat berbuka puasa loh! Pada saat berpuasa, sistem pencernaan baik organ maupun enzim/hormon mempunyai waktu jeda untuk “istirahat” dan regenerasi komponen yang rusak. Dengan adanya sistem pencernaan yang baik tersebut, akan bekerja lebih optimal dengan mengonsumsi teh hijau secara rutin.
Katekin teh juga terbukti dapat memperlancar buang air besar (BAB), menurunkan jumlah produk metabolit dalam feses secara signifikan, serta dapat mengurangi bau feses karena jumlah amonia, sulfida pada feses menurun drastis.

15. Meningkatkan vitalitas
Teh meningkatkan vitalitas saat puasa
Teh meningkatkan vitalitas saat puasa via elitefon.ru
Pada saat puasa dianjurkan untuk makan sahur. Hal ini bertujuan untuk tetap mendapatkan suplai energi pada saat beraktifitas di siang harinya. Konsumsi teh hijau akan membantu menghemat pemakaian energi dari sumber karbohidrat.
Karena katekin teh hijau akan meningkatkan pembongkaran lemak otot dan menyediakan asam lemak untuk proses β-oksidasi yg akan menghasilkan energi. Proses ini juga akan meningkatkan daya tahan/endurance seseorang.

16. Menjaga kesegaran mulut dan nafas
Teh menjaga kesegaran nafas dan mulut saat puasa
Teh menjaga kesegaran nafas dan mulut saat puasa via st.biglion.ru
Pada saat puasa, rongga mulut menurun aktifitasnya dan menjadi kering karena turunnya produksi cairan saliva. Hal ini menyebabkan mulut terasa tidak segardan menjadikan bau mulut/nafas yang tidak sedap .
Katekin pada teh terbukti mampu menghambat pertumbuhan bakteri dalam mulut tadi sehingga jumlah metilmerkaptan menurun. Dengan konsumsi satu cangkir teh hijau setelah makan, konsentrasi katekin yang diperoleh mampu menyegarkan nafas dan mulut.

Ada juga beberapa hal mengenai teh yang harus kamu ketahui sebelum mengkonsumsinya!

1. Jangan meminum teh dalam keadaan yang terlalu panas
Jangan meminum teh dalam keadaan terlalu panas
Jangan meminum teh dalam keadaan terlalu panas via arthawall.com
Meminum teh panas dalam intensitas yang sering bisa memicu timbulnya kanker kerongkongan loh. Setelah menyeduh teh dengan air panas, berikan jeda waktu beberapa menit hingga temperaturnya sedikit turun.

2. Hasil studi laboratorium mungkin tidak selalu benar
Hasil penelitian tidak selalu akurat
Hasil penelitian tidak selalu akurat via www.erac.nl
Hasil penelitian dalam sebuah studi ilmiah mungkin memang cukup meyakinkan. Bahan kimia yang terkandung dalam teh dapat bereaksi secara berbeda di laboratorium dengan tubuh manusia. Zat-zat yang bermanfaat yang terkandung dalam teh hijau tidak selalu bermanfaat bagi kesehatan manusia, seperti yang ditunjukkan dari hasil studi di dalam laboratorium.

3. Tidak semua teh cocok dengan tubuh kita
Tidak semuajenis teh cocok untuk tubuh kita
Tidak semuajenis teh cocok untuk tubuh kita via www.experiencetravelgroup.com
Semua minuman teh tidak diciptakan sama. Begitu juga, tidak semua jenis teh bisa cocok dengan apa yang tubuh kita butuhkan. Manfaat-manfaat dari teh yang bisa kita konsumsi ditentukan oleh jenis teh, cara pengolahan, pengemasan dan penyajiannya.

Begitu banyak manfaat yang bisa kita dapetin dari teh. Selain punya banyak khasiat buat kesehatan manusia, kebanyakan teh memang sangat aman untuk dikonsumsi. Tapi tetap ingat yah, konsumsi teh dengan sewajarnya aja. Rajin meminum teh bukan berarti setiap saat kamu minumnya teh terus. Konsumsi dalam takaran sewajarnya saja, dan tetap jangan lupa untuk minum air putih!

Poskan Komentar

Blogger