Ads (728x90)



HIPWEE - Banyak hal yang patut kita banggakan dari negara kita, Indonesia. Nggak cuma alamnya, tapi juga makanannya. Nah, ngomong-ngomong soal makanan, sewaktu kecil kamu pasti sering menjumpai jajanan pasar yang murah dan rasanya beragam. Karena harganya yang murah, mungkin kamu akan meminta ibumu membelinya dalam jumlah banyak.
Sekarang, jajanan pasar mulai sulit dicari. Kalau dulu bisa mudah kita temukan dimanapun, sekarang biasanya ada kios tersendiri yang menjual jajanan pasar di pasar tradisional. Nah, supaya kamu nggak melupakan jajanan-jajanan gurih dan legit ini, Hipwee sudah merangkum daftar berisi aneka jajanan pasar disini. Hati-hati lapar ya, guys!


1. Klepon

Ijo-ijo ada kelapanya
Ijo-ijo ada kelapanya via marzzz89.blogspot.com
Ijo, bulet, ada kelapanya, pas dimakan, uh rasanyaaaaaaaaa……… Manis-manis manja!
Terbuat dari tepung beras ketan dan dibalut dengan kelapa parut, ditambah gula merah di dalamnya, klepon memang nikmat banget!


2. Onde-onde

Si bunder, onde-onde
Si bunder, onde-onde via rahma0329.wordpress.com
Nah, si kue bunder yang satu ini lain lagi isinya. Bentuknya saja yang sama bunder, tapi biasanya si onde-onde ini sedikit lebih besar dari klepon. Onde-onde digoreng dengan balutan biji wijen dan isinya biasanya kacang hijau. Duh, surga banget ini!


3. Cenil

Cenil cenil
Cenil cenil via menumantab.blogspot.com
Nah, yang ini hampir sama dengan klepon. Jajanan satu ini sama-sama terbuat dari tepung kanji dan biasanya disajikan dengan parutan kelapa. Atau, bisa juga cenil ini dipadu dengan ketan hitam dan dilumuri gula merah cair. Juara lah cenil ini!


4. Lemper

Siapa yang pernah makan lemper? Kalau belum pernah makan, duh bakal menyesal seumur hidup kalau belum pernah nyobain ini. Ketan putih dibungkus di daun pisang dan ada daging ayam di dalamnya, MAKNYESSSS!


5. Otak-otak

Otak-otak
Otak-otak via slametux.blogdetik.com
Terbuat dari ikan tengiri, dibungkus di daun pisang dan dipanggang, lalu dimakan dengan saus kacang, inilah otak-otak. Bayangkan rasa ikan tengirinya dan saus kacangnya. Hm…


6. Nagasari

Nagasari
Nagasari via www.rpgmakerid.com
Kenal dengan kue yang satu ini? Nagasari namanya. Rasanya kenyal dan ada pisang didalamnya, lezat tiada tara.


7. Kue Talam

Kue talam
Kue talam via www.waroeng.nl
Nah, kue yang satu ini pasti sering ditemukan di acara arisan ibu-ibu perumahan. Namanya, kue talam. Pasti kamu cuma tahu makan tanpa tahu nama kuenya apa. Rasanya juga kenyal-kenyal karena terbuat dari perpaduan tepung beras dan tepung sagu, ditambah rasa pandan. Warna hijau dan putih menjadi ciri khas kue talam ini.


8. Kue cucur

Cucur
Cucur via indonesiawow.com
Wah, rasa gula merah di cucur ini begitu menyenangkan! Apalagi kalau dimakan di sore hari dengan teh manis sebagai temannya. Nongkrong sore pun bisa jadi syahdu.


9. Kue Putu

Pasti kamu kenal ini kan?
Pasti kamu kenal ini kan? via www.flickr.com
Kamu pasti sudah kenal yang ini, deh. Kalau ada bunyi siulan dan aroma pandan, nah itu pasti si kue putu.
Kue putu dan klepon punya banyak kesamaan, bedanya ada di bahan utamanya. Klepon rasanya kenyal-kenyal karena menggunakan tepung beras ketan, nah kalau putu rasanya lebih lembut dan tidak kenyal karena menggunakan tepung beras saja. Hayo, siapa yang waktu kecil dulu seneng banget denger suara siulan penjual putu? :)


10. Pisang Molen

Molen..molen
Molen..molen via www.tempatonlineku.net
Siapa yang nggak kenal pisang molen? Kalau nggak pernah makan, kamu nggak gaul!

11. Kue Lapis

Lapis, si Kue Lapis
Lapis, si Kue Lapis via chimotdeka.blogspot.com
Ada lagi nih yang kenyal-kenyal, si kue lapis. Kue lapis biasanya ada 2 warna atau lebih, jadi nggak heran kalau si lapis ini dikenal dengan lapis warna-warni. Lucu kan warnanya? Rasnya juga enak loh….

12. Putu Ayu

Si hijau-putih, Putu Ayu
Si hijau-putih, Putu Ayu via resepmasakann.info
Yang ini, kuenya cantik loh. Namanya, Putu Ayu.

13. Kipo

Kipo dari Kotagede
Kipo dari Kotagede
Kalau jajanan yang satu ini hanya bisa didapatkan di Kotagede, Yogyakarta. Jajanan pasar yang satu ini mulai susah dicari. Warna khasnya hijau, rasanya kenyal dan manis karena ada parutan kelapa dan gula merah di dalamnya. kalau jalan-jalan ke Kotagede, kamu wajib mencoba yang satu ini.


14. Donat gula

Donat gula
Donat gula
Jangan remehkan jajanan yang satu ini. Mungkin banyak yang menjual donat yang satu ini. Tandanya, donat bertabur gula manis yang tetap menjadi favorit banyak orang. Si bulet manis yang tak akan pernah terlupakan nikmatnya.

15. Lopis

Lupis ketan
Lupis ketan via santapjogja.com
Jajanan yang satu ini mirip lontong rasanya. Lopis ketan disajikan dengan taburan gula merah cair dan parutan kelapa. Enaknya..


Nah, abis baca ini kamu pasti lapar ya? HEHEHE. Masih banyak jajanan pasar yang enak dan unik-unik di Indonesia loh. Yuk, tetap lestarikan jajanan pasar kita!

Poskan Komentar

Blogger