Yuk Pelihara Ikan Pemakan Jentik Nyamuk


Ikan Pemakan Jentik Nyamuk - Sudah tau obat jentik nyamuk di bak mandi? atau ingin tau ikan pemakan jentik nyamuk di kolam ikan? Siapa sih yang tidak tau jentik nyamuk, salah satu hewan yang digunakan oleh petani budiday ikan hias sebagai pakan alami burayak. Jentik nyamuk biasa hidup pada air genangan yang tenang.

Tak hanya jenis ikan hias saja yang suka jentik nyamuk, akan tetapi ada juga ikan lele yang makan jentik nyamuk. Hal ini sangat cocok dengan rantai makanan yang terus berputar. Kalau dilihat yang namanya nyamuk, pastilah sangat mengerikan karena darah yang akan dicari.

Akan tetapi semakin banyaknya ikan hias, nyamuk ini dimanfaatkan untuk pakan ikan tersebut terutama burayak atau anakan ikan hias yang masih kecil. Tak hanya ikan hias saja saja, juga burayak ikan konsumsi sangat menyukainya. Berikut ini beberapa daftar nama ikan pemakan jentik nyamuk yang dapat Anda ketahui. Salah satu yang paling mudah kita jumpai adalah Ikan CUPANG.

Ikan Cupang (Betta sp.) adalah ikan air tawar yang habitat asalnya adalah beberapa negara di Asia Tenggara, antara lain Indonesia, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, dan Vietnam. Ikan ini mempunyai bentuk dan karakter yang unik dan cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya. Di kalangan penggemar, ikan cupang umumnya terbagi atas tiga golongan, yaitu cupang hias, cupang aduan, dan cupang liar. Di Indonesia terdapat cupang asli,salah satunya adalah Betta channoides yang ditemukan di Pampang, Kalimantan Timur.

Ikan cupang merupakan salah satu ikan yang mampu bertahan dalam waktu yang cukup lama pada akuarium dengan sedikit volume air dan alat sirkulasi udara (aerator). Ikan ini juga tahan terhadap perairan yang tercemar sabun atau limbah lainnya.

Ikan cupang adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang paling populer di pelihara, selain itu, ikan yang juga disebut ikan laga ini juga termasuk jenis ikan hias yang mudah untuk dipelihara.

Di alam liar atau ikan cupang alam juga memangsa atau menjadi predator alami jentik nyamuk. Terlebih ikan cupang ini ketika dipelihara sebagai ikan hias juga diberi makan cuk atau jentik nyamuk. Karena, jentik nyamuk ini termasuk salah satu makanan terbaik untuk ikan cupang.

Bahkan dalam budidaya ikan cupang, jentik nyamuk (harus) diberikan pada ikan cupang betina, agar telurnya cepat matang.


Cupang_Thailand_Mahal1.jpg (768×431)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak