Ads (728x90)

Untuk urusan mengetik naskah, kebanyakan dari kita lebih menyukai Microsoft Word, meskipun banyak aplikasi yang bias digunakan, bahkan ada juga yang gratis. Mungkin karena program ini lebih praktis dan mudah digunakan.
Seperti versi sebelumnya, Microsoft Word 2007 juga terinstal dalam satu paket Microsoft Office 2007. Jika Anda sudah menginstalnya, untuk menjalankn program tersebut cukup dengan mengklik Start > All Programs > Microsoft Office > Microsoft Office Word 2007.
Mengenal Tampilan Ms. Word 2007
Jika pada versi sebelumnya kita lebih mengenal toolbar, pada Ms. Word 2007 kita akan sering menyebutnya ribbon. Tidak akan terlalu lama beradaptasi dari versi sebelumnya karena hanya memindahkan struktur menu ke dalam bentuk toolbar.


MENGENAL OPERASI DASAR MS. WORD 2007
Membuat Dokumen Baru
Jika tanpa melakukan pengaturan apapun, saat pertama kali membuka Ms. Word 2007, Anda akan langsung disediakan dokumen baru berupa satu lembar kertas kososng yang siap untuk untuk diketik. Caranya, klik tombol Start > All Programs > Microsoft Office > Microsoft Office Word 2007
Namun, bila sedang bekerja dan ingin membuat dokumen baru, Anda cukup menekan Ctrl + N. Dokumen baru keluar dan Anda bias langsung bekerja dengan Ms. Word 2007.
Menyimpan dan Menutup Dokumen
Setelah selesai bekerja, tentu Anda ingin menyimpan dokumen tersebut kemudia menutupnya. Untuk menyimpannya dapat dilakukan dengan langkah berikut.
1. Klik Office Button > Save As > Word Document
2. Ketika nama file lalu klik Save
Secara default, Ms. Word 2007 akan menyimpan dokumen Anda dengan tipe format Word Document (.docx). Anda juga bias memilij format lain, seperti .doc, .html, .rtf dan yang lainnya pada bagian Save As type
Jika proses penyimpanan dilakukan ketika masih bekerja, untuk menyimpannya kembali, Anda cukup menekan tombol Ctrl + S. Aktivitas tersebut untuk menyimpan dengan nama file yang sama. Jika ingin berbeda, ikuti kembali langkah dari pertama.
Jika udah selesai, klik tombol X yang berada di pojok kanan atas halaman untuk menutup jendela atau klik tombol Office > Close.
Jika pekerjaan terakhir belum disimpan, akan ada konfirmasi utuk menyimpan file, klik Yes, bila ingin menyimpan atau klik No, bila tidak, klik Cancel untuk membatalkan menutup aplikasi.
Membuka Dokumen yang Telah Dibuat
Beberapa dokumen mungkin telah Anda mkliki, termasuk dokumen pada versi sebelumnya. Meskipun ekstensinya berbeda, tetapi dokumen pada versi pendahulunya tetap bias dibuka di Ms. Word 2007. Berbeda sebaliknya, ekstensi yang digunakan di Ms. Word 2007, tidak bias dibuka pada versi sebelumnya. Untuk membuka dokumen, caranya sebagai berikut:
1. Buka Ms. Word 2007
2. Klik Office Button > Open (Ctrl + O)
3. Pilih dokumen yang akan dibuka lalu klik Open.
Dokumen langsung terbuka dan anda bias melanjutkan pekerjaan.


MEMULAI BEKERJA DENGAN MS. WORD 2007
Saat bekerja (mengetik), kenyamanan sangat diperlukan. Alngkah baiknya, Anda atur dulu area kerja sebelum melakukan aktivitas lainnya, terutama ukuran kertas dan margin. Jika dilakukan di akhir pekerjaan, akan lebih banyak menghabiskan waktu untuk menyesuaikan posisi dokumen.
Mengubah Satuan
Sebelum mengubah ukuran kertas, karena kita terbiasaa dengan satuan centimeter (cm), sebaiknya diubah dulu ke satuan tersebut, karena pertama kali menginstal, satuan dalam inchi. Cara mengubahnya sebagai berikut:
1. Klik Office Button > Word Options
2. klik Advanced
3. Ubah satuan ke centimeter pada grup Display
4. Klik OK
Mengatur Ukuran Kertas dan Margin
Secara umum, kita menggunakan ukuran kertas A4. namun, sebaiknya jadikan ukuran ini sebagai ukuran default sehingga setiap membuat dokumen baru, akan langsung pada ukuran ini. Caranya sebagai berikut:
1. Klik Page Layout
2. Klik tombol panah kecil pada grup Page Setup
3. Tentukan margin
4. Klik Paper lalu pilih A4 pada Paper Size
5. Klik Default
Mengatur Orientasi Kertas
Mungkin Anda perlu mengubah orientasi kertas dari portarait ke landscape (memanjang). Hal ini bias Anda lakukan dari awal halaman maupun ditengah halaman. Cara mengubahnya adalah sebagai berikut:
1. Klik Page Layout
2. Klik Orientation lalu klik Landscape


MENGATUR FORMAT TEKS DAN PARAGRAF
Mengatur format teks maupun paragraph biasanya dilakukan setelah mengetik beberapa paragraf. Hal ini dilakukan supaya lebih mudah mengaturnya karena bias dilihat langsung bentuknya akan seperti apa.
Mengatur Format Teks
Secara default, Ms. Word 2007 menggunakan font calibri. Sebenarnya font ini cukup bagus. Namun, kadang ada aturan yang harus kita penuhi untuk membuat suatu tulisan tertentu, seperti karya tulis, makalah dan sebagainya. Kita bisa mengubahnya dengan mudah karena pengaturan font tetap diletakkan dibagian depan (ribbon Home).
Mengatur huruf (font)
Untuk tugas makalah, skripsi atau karya tulis lainnya, mungkin tidak memerlukan pengaturan font yang terlalu rumit. Anda bias mengubahnya dengan mudah. Caranya sebagai berikut:
1. Sorot teks yang akandiubah
2. Pilih jenis font yang diinginkan pada ribbon Home
3. Pilih ukuran font
Jika membutuhkan pengaturan lebih lanjut, klik tanda panah pada grup font (Ctrl + D). Atur sesuai kebutuhan. Klik OK jika sudah selesai.
Mengatur Susunan Karakter
Ketika membuat judul bab atau sub-bab, biasanya huru pertama setiap kata menggunakan capital. Jika kita belum membuatnya seperti iu, bias diubah dengan cara sebagai berikut:
1. Sorot judul bab
2. Pilih Capitalize Each Word pada Change Case
Selain cara di atas, bias juga dengan menekan tombol kombinasi Shift + F3
Mengatur Format Paragraf
Jika sebelumnya sudah tahun format paragrafnya seperti apa, mungkin dari awal sudah ditentukan. Jika kita terbiasa menulis terlebih dahulu dan mengaturnya setelah selesai, perlu disesuaikan dengan kebutuhan atau aturan yang telah ditentukan untuk membuat tulisan tersebut.
Mengatur Perataan paragraph
Pada kondisi standar, perataan (alignment) paragraph pada Ms. Word 2007 adalah rata kiri. Namun, kita bias mengubahnya sesuai kebutuhan, missal membuat tulisab rata kiri-kanan (justify). Untuk mengubahnya, ikuti langkah berikut:
1. Seleksi teks yang akan Anda atur paragrafnya.
2. Klik Justify (Ctrl + J)
Mengatur Spasi Antar Baris
Untuk mengatur kerapatan antar baris kita bias mengatur spasinya. Fasilitas ini juga sudah disediakan pada tab ibbon, sehingga kita tidak perlu membuka jendela paragraph untuk mengaturnya. Caranya sebagai berikut:
1. Seleksi teks yang akan Anda atur
2. Pilih spasi yang dinginkan
Mengatur Spasi Antarparagraf
Memang jarang dilakukan,tetapi barangkali Anda ingin mengetahuinya. Selain bias mengatur spasi antarbaris, kita juga bias mengatur spasi antarparagraf, sehingga antara paragraph satu dengan lainnya terlihat lebih renggang. Caranya sebagai berikut:
1. Seleksi paragraph yang akan diatur
2. Klik ikon spasi lalu klik Add pace After paragraph. Untuk menguranginya, klik Remove Space Before paragraph.
Mengatur Identasi
Ketika membuat bullet and numbering, biasanya paragraph terlalu menjorok ke tengah. Kita bisa mengaturnya pada fasilitas identasi. Caranya sebagai berikut:
1. Sorot paragraph yang akan diatur
2. Klik Decrease atau Increase pada ikon Indent
Bisa juga dengan menggeser menggunakan ruler.
Selain dua cara di atas, kita juga bias mengaturnya dengan langkah-langkah sebagai berikut.
1. Klik page layout
2. Ubah angka sesuai kebutuhan
Mengatur Tabulasi
Kita bias mengatur jarak pergerakan tab agar ketika kitamenekan tombol tab, akan berhenti langsung pada jarak yang kita tentukan. Hal ini dilakukan supaya kita tidak terus-menerus menekan tombol spasi atau tombol tab pada keyboard. Cara mengaturnya sebagai berikut:
1. Klik dua kali pada ruler
2. Tentukan jarakuntuk menghentikan tab
3. Pilih Alligment
4. Klik Set
5. Klik OK


MENGATUR FORMAT LEBIH LANJUT
Masih banyak yang bisa dilakukan untuk mengatur format, baik teks, paragraph, maupun halaman. Pada bab ini akan dibahas lebih lanjut mengenai format yang sering digunakan ketika membuat sebuah dokumen.
Menambahkan Nomor Halaman
Ketika membuat karya tulis maupun naskah buku, biasanya kit memberi nomor halaman. Kita bias langsung menentukan dan mengetahui posisi nomor halaman yang kita siapkan. Caranya sebagai berikut:
1. Klik Insert
2. Klik Page Number
3. pilih posisi
4. pilih lagi posisi yang Anda inginkan
Membuat Border and Shading
Paragraf atau halaman yang kita buat bias kita hiasi menggunakan border and shading. Border memberi batas atau bingkai di pinggir paragraph maupun halaman, sedangkan shading untuk memberi warna latar pada paragraph maupun halaman.
Membuat Border
Sebagai contoh, kali ini kita akan memberi batas pada sebuah paragraph. Caranya sebagai berikut:
1. Seleksi paragraph yang ingin diberi border
2. Klik ribbon Home
3. Klik tanda panah pada ikon border (grup Paragraph)]
4. Klik Brders and Shading
5. Pilihlah border yang Anda inginkan
6. Klik OK
Membuat Garis Pembatas Halaman
Selain paragraph, kitajuga bias memberi pembatas pada halaman. Biasanya hal ini dilakukan bila kita akan membuat sampul buku atau karya tulis yang dibuat.
Cara membuatnya sebagai berikut:
1. Klik ribbon page Layout
2. Klik Page Borders
3. Pilih Setting
4. Pilih Layout
5. Pilih Art
6. Klik OK
Secara otomatis, tampilan halaman akan berubah sesuai pengaturan yang telah Anda buat.
Membuat Garis Mendatar
Selainmembatasi nseluruh sis paragraph, kita juga bias memberi batas berupa satu garis. Biasanya sering dilakukan pada judul sebuah dokumen atau membuat kop surat. Cara membuatnya adalah sebagai berikut:
1. Letakkan kursor pada tempat yang akan diberi garis mendatar
2. Klik Page Borders
3. Klik Horizontal Line
4. Klik salah satu motif yang disediakan lalu klik OK
Secara otomatis garis mendatar akan berada berada pada tempat yang Anda inginkan.
Mewarnai Latar Belakang Teks atau paragraph
Untuk menambah keindahan, paragraph yang sudah kita beri border, bisa kita warnai. Caranya sebagai berikut:
1. Seleksi teks atau paragraph yang akan Anda warnai
2. Klik ikon Shading
3. Pilih warna yang Anda inginkan
Membuat Header dan Footer
Pada saat membuat nomor halaman, sebenarnya kita sudah memberi informasi pada header maupun footer sesuai letak nomor halaman yang kita pilih. Namun, biasanya kita juga ingin menambahkan informasi lain, baik pada header maupun footer, seperti nama penulis, tanggal penulsian, atau informasi lainnya
Membuat Header
Untuk menambahkan informasi di atas halaman, kita bias menyisipkannya apda bagian header. Caranya sebagai berikut:
1. Klik ribbon Insert
2. Klik Header
3. Pilih salahs atu bentuk header yang diinginkan.
4. Ketik informasi yang ingin ditampilkan
5. Klik Close Header and Footer
Membuat Footer
Cara membuat footer sama dengan membuat header. Silahkan ikuti langkah berikut:
1. Klik ribbon Insert
2. Klik Footer
3. Pilih salah satu bentuk Footer yang diinginkan
4. Ganti teks sesuai dengan yang Anda inginkan
Menyisipkan Simbol
Simbol pada keyboard terbatas. Bisa saja yang kita butuhkan tidak ada di sana. Untuk mendapatkan symbol yang lebih banyak, caranya sebagai berikut:
1. Letakkan kursor pada tempat yang akan disisipka symbol
2. Klik Insert
3. Klik tanda pada Symbol
4. Klik More Symbols
5. Pilih Font
6. Klik salah satu sibol yang Anda inginkan
7. Klik Insert
8. Klik Close
Membuat Bullet and Numbering
Untuk menunjukkan beberapa opsi, baisanya kita membuat bullet and Numbering. Hal ini untuk membedakan antara paragraph biasa dengan opsi yang diberikan.
Membuat Bullet
Jika opsi atau keterangan bukan dalam bentuk urutan langkah, biasanya kita lebih sering menggunakan bullet. Cara membuatnya sebagai berikut:
1. Seleksi teks yang ingin diberikan Bullet
2. Klik tombol Bullet pada group paragraph (ribbon Home)
3. Klik jenis Bullet yang Anda inginkan
Membuat Numbering
Membuat artikel dalam bentuk langkah demi langkah, sebaiknya kita menggunakan numbering. Hal ini tentu saja akan lebih memudahkan pembaca untuk mengikuti langkah yang telah diberikan. Jika mulai dari awal langkah, kita bias langsung memberi angka 1 disertai titik. Setelah dienter, akan otomatis membentuk numbering dalam bentuk angka. Begitupun jika diawali dengan huruf, otomatis akan membentuk numbering dalam bentuk urutan huruf. Namun, jika sudah dalam bentuk beberapa baris langkah, kita bias menyisipkan numbering dengan cara sebagai berikut:
1. Seleksi teks yang akan diberi Numbering
2. Klik Numbering pada grup paragraph
3. Pilih jenis Numbering yang Anda inginkan
Membuat Multilevel List
Jika Anda membuat beberapa paragraph yang terdiri dari sub-sub penjelasan dan ingin agar pengurutan paragraph tersebut terstruktur dan sistematis, Anda dapat menggunakan Multilevel list. Cara membuatnya adaah sebagai berikutL
1. Seleksi paragraph yang ingin diberikan Multilevel list
2. Klik Multilevel List pada grup Paragraph. Atau klik Define New Multilevel List Jika Anda ingin melakukan pengaturan lebih lanjut
3. Aturlah Multilevel List sesuai dengan keinginan Anda lalu klik OK
Membuat Rumus
Jika kita ingin mengerjakan tugas matematika, kita bias memanfaatkan fasilitas rumus yang ada di Ms. Word 2007. Tentu saja, Anda harus memiliki pengetahuan yang lebih tentang rumus yang akan dimasukkan supaya tidak salah membuatnya. Cara membuatnya sebagai berikut:
1. Sapkan halaman untuk membuat rumus
2. Kli ribbon Insert
3. Klikl Insert New Equation
4. Klik satu persatu rumus yang akan Anda buat pada pilihan yang disediakan
Membuat Footnote dan Endnot
Dokumen yang kita buat barangkali ada yang mengutip dari buku atau dokumen lain. Footnote ditandai dengan nomor yang berada dibelakang suatu teks. Keterangan dari footnote tersebut akan muncul bila ditunjuk oleh pointer mouse. Sedangkan Endnote adalah catatan akhir suatu dokumen yang diletakkan dihalaman paling akhir dari suatu dokumen.
Cara membuatnya sebagai berikut:
1. Letakkan krsor dibelakang kalimat atau paragraph yang akan diberikan footnote.
2. Klik ribbon references
3. Klik Insert Footnote (Alt + Ctrl + F)
4. Ketik keterangan Footnote yang Anda inginkan
Arahkan kursor di dekat nomor footnote, Anda akan langsung mengetahui informasi mengenai footnote tersebut.
Untuk membuat Endnote, ikuti langkah berikut:
1. Siapkan naskah atau dokumen yang akan Anda beri Endnote
2. Klik ribbon References
3. Klik Insert Endnote (Alt + Ctrl + D)
4. Ketik isi Endnote yang Anda inginkan.
Endnote telah berhasil disisipkan pada dokumen Anda.
Membuat Sampul halaman (Cover)
Ms. Word 2007, telah disediakan desain sampul dokumen yang sangat menarik. Desain tersebut bisa kita modifikasi maupun buat sendiri. Jika waktunya terdesak, memanfaatkan desain yang sudah ada pun rasanya tetap menarik. Cara membuatnya sebagai berikut:
1. Siapkan lembar kerja kososng terlebih dahulu
2. Klik ribbon Insert
3. Klik Cover Page pada grup Pages
4. Pilih desain samul yang Anda inginkan.
5. Ketik isi sampul sesuai keinginan Anda.
Membuat Drop Cat
Mungkin Anda mendapat tugas untuk membuat layout majalah meupun Koran. Biasanya, huruf pada awal artikel dibuat lebih besar, yang lebih sering disebut drop cat. Cara membuatnya sebagai berikut:
1. Seleksi huruf atau kata yang akan diberikan Drop Cap
2. Klik ribbon Insert
3. Klik tanda panah pada Drop Cap
4. Klik pada salah satu pilihan yang disediakan
Memanfaatkan Styles
Kita bias membuat daftar isi otomatis pada Ms. Word 2007. Namun, syaratnya adalah kita harus membuat style pada judul bab maupun sub-bab yang akan dibuat daftar isis. Judul bab biasanya dimulai dari Heading 1, sub-bab Heading 2, dan seterusnya. Cara mengaturnya sebagai berikut:
1. Sorot judul bab atau sub-bab yang anda beri style
2. Pilih style yang diinginkan
3. Klik kanan Heading yang dipilih lalu klik Modify
4. Anda bisa mengatur style lebih lanjut disini.


MENGOLAH GAMBAR
Gambar yang dimasukkan ke dalam dokumen,l bias kita atur supaya lebih indah. Dengan Ms. Word 2007, gambar yang sederhana bisa kita hias dengan efek-efek yang sangat menawan.
Menyisikan Gambar
Ada beberapa opsi untuk menyisipkan gambar. Bisa mengambil dari file gambar di computer, clip art, shape, smart art, maupun grafik. Semuanya bias kita hias sesuai keinginan kita sendiri
Menyisipkan Shapes
Seperti pada versi sebelumnya, Ms. Word 2007 juga masih bias menyisipkan shape. Caranya sebagai berikut:
1. Klik ribbon Insert
2. Klik tanda panah Shapes pada grup Illustrations
3. Klik salah satu shapes yang Anda inginkan
4. Tarik kursor pada khalaman dokumen Anda
Menyisipkan Clip Art
Selain shape, yang masih dsiediakan pada ms. Word 2007 adalah clip art. Kita bias menggunakannya bila tidak memiliki gambar yang cocok dengan dokumen yang kita buat. Cara menyisipkannya sebagai berikut:
1. Klik ribbon Insert
2. klik Clip Art
3. Klik Organize Clips
4. Klik tadna panah pada gambar yang akan disisipkan lalu klik bCopy (Ctrl + C)
5. Klik kanan apda area yang adna sisipkan lalu klik paste (Ctrl +V)
Menyisipkan Picture
Bila kita memiliki gambar, tentu ini akan menjadi alternative utama yang akan disisipkan ke dalamdokumen. Tentu saja gambar yang ada hubungannya dengan dokumen yang akan dibuat. Cara menyisipkannya sebagai berikut:
1. Klik ribbon Insert
2. Klik Picture pada grup Illustrations
3. Pilih gambar lalu klik Insert
Menyisipkan Smart Art
Smart Art adalah fasilitas baru yang diberikan pada Ms. Word 2007. Tentu saja, disbanding shape, kita tentu akan memilih fasilitas ini untuk mnampilkan grafik yang lebih menarik. Dengan Smart Art, kita bias membuat struktur organisasi, menghiasi opsi, dan lain-lain. Cara menyisipkannya sebagai berikut:
1. Klik ribbon Insert
2. Klik Smart Art pada grup Illustrations
3. Pilih jenis kategori
4. Klik Smart Art yang Anda inginkan
5. Klik OK
6. Ketikkan teks pada tempat yang disediakan. Setelah selesai, klik tanda x.
Menykisipkan Word Art
Selain gambar yang tersedia, kita juga bias menjadikan teks menjadi lebih artistik. Fasilitas ini masih sama dengan versi sebelumnya. Namun, kita bisa menghiasnya menjadi dalam bentuk 3 dimensi yang lebih beragam. Cara membuatnya sebagai berikut:
1. Klik ribbon Insert
2. Klik Word Art pada grup Text
3. Pilih jenis Word Art yang anda inginkan
4. Ketikkan teks yang Anda inginkan
5. Klik OK
Mengatur Gambar
Setelah menyisipkan gambar pada dokumen, mungkin dibutuhkan pengaturan lebih lanjut terhadap gambar tersebut seperti mengubah posisi gambar, pewarnaan, mengatur ukuran, dan memberikan efek tiga dimensi.
Ada dua cara untuk pengaturan gambar, yaitu:
1. Dengan kota dialog Format Picture
  1. Klik kanan gambar yang akan anda atur lalu klik Format picture
  2. Pilih pengaturan yang Anda inginkan lalu klik Close
2. Melalui ribbon Format, yang secara otomatis muncul ketika Anda menyisipkan gambar ke dalam dokumen.
Mengatur Text Wrapping
Anda bisa mengatur posisi gambar secara bebas. Apakah sebagai baris, di atas teks, dibawah teks atau yang lainnya. Untuk mengaturnya, silahkan ikut langkah berikut:
1. Klik gambar yang akan di atur
2. Klik ribbon Format
3. Klik tanda panah Text Wrapping pada grup Arrange
4. Pilih pengaturan yang Anda inginkan
Secara otomatis posisi gambar Anada berubah sesuai yang Anda inginkan
Keterangan gambar:
ü In Line With text : posisi gambar berada sebaris dengan teks
ü Square : posisi gambar menimpa dan menggeser bagian teks
ü Tight : bagian teks yang diberi gambar akan mengikuti kontur gambar
ü Behind Text : posisi gambar berada di belakang teks. Biasanya dipakai untuk membuat back ground
ü In Front of Text : posisi gambar berada di depan teks
ü Top and Bottom : posisi gambar berada di atas teks
ü Through : posisi gambar berada di tengah-tengah teks
ü Edit Wrap points : untuk menyunting bentuk gambar
ü More layout Options : membuka pengaturan lebih lanjut
Mengubah ukuran Gambar
Jika Anda ingin mengubah ukuran gambar, bias mengarahkan mouse ke ujung gambar lalu klik – tahan – tarik gambar tersebut sesuai ukuran yang dibutuhkan. Namun, bila ukurannya ingin ditentukan, Anda bias mengaturnya dengan cara sebagai berikut:
1. Klik gambar lalu klik ribbon Format
2. Pilihlah ukuran Height dan Width yang Anda inginkan pada grup Size
3. Ukuran gambar akan berubah sesuai pengaturan yang Anda lakukan
Mengatur Warna Gambar
Anda dapat mengatur mode warna gambar sesuai keinginan dan kebutuhan Anda, Seperti brightness, contrast, maupun mode warna lainnya. Caranya sebagai berikut:
1. Seleksi gambar yang akan diatur warnanya
2. Klik ribbon Format lalu atur warna pada grup Adjust
Kerangan gambar:
ü Brightness : mengatur kecerahan warna gambar
ü Contrast : mengatur kekontrasan warna gambar
ü Recolor : mengatur kembali warna gambar
ü Compress pictures : mengompresi gambar untuk memperkecil ukurn
ü Reset Picture : mengembalikan gambar pada posisi sebelum disunting
Mengatur gambar dengan picture Styles
Ini adalah salah satu fitur tambahan pada Ms. Word 2007. kita bias mengatur gambar dengan gaya yang telah disediakan. Diantaranya, seperti bingkai foto, berbayang, 3D, oval, dan lainnya. Untuk mengaturnya, ikuti langkah sebagai berikut:
  1. Seleksi gambar yang akan Anda atur
  2. Pilih salah satu pengaturan yang telah disediakan
Memutar Gambar
Ketika menentukan posisi gambar, mungkin perlu penyesuaian posisi gambar tersebut dengan teks yang ada di sekitarnya. Anda dapat memutar gambar tersebut menyesuaikan posisi yang Anda tempatkan:
1. Klik gambar yang akan di putar
2. Klik tanda panah Rotate pada grup Arrange lalu pilih arah rotasi yang Anda inginkan.
Memotong Gambar
Gambar yang Anda sisipkan mungkin terlalu besar atau ada gambar yang tidak dibutuhkan. Supaya lebih focus, Anda bias memotongnya tanpa harus dimodifikasi menggunakan software pengolah gambar, seperti paint atau potoshop. Untuk memotongnya,. Anda bisa megikuti langkah berikut:
1. Klik gambar yang akan dipotong
2. Klik ribbon Format lalu klik Crop pada grup size
3. Letakkan mouse pointer pada salahsatu sisi gambar. Aturlah tanda Crop tersebut sesuai keinginan Anda.
Mengubah Posisi Objek
Jika Anda menyisipkan beberapa objek ke dalam sebuah dokumen, objek pertama yang disisipkan akanditempatkan di paling bawah, objek kedua berada di atasnya, begitu juga seterusnya. Posisi tersebut bisa kita ubah sesuai kebutuhan. Caranya sebagai berikut:
1. Klik objek yang akan diubah posisinya
2. Klik Format
3. Klik Bring to Font > Bring to Font
Menggabungkan Beberapa Objek
Supaya objek yang disisipkan tidak bergeser, sebaiknya objek-objek tersebut digabungkan. Penggabungan objek ini sebaiknya dilakukan setelah proses pengaturan selesai supaya tidak bolak-balik menggabungkan dan menguraikannya kembali. Cara menggabungkannya sebagai berikut:
1. Klik salah satu objek terlebih dahulu
2. Tekan dan tahan tombol Shift pada keyboard, teruskan mengklik objek-objek lain yang ingin digabung
3. Klik kanan mouse > Grouping > Group
Selanjutnya gambar-gambar tersebut menjadi satu grup.
Menambahkan Teks pada Shapes
Biasanya jika kita menyisispkan shape ddalamnya juga berupa teks. Cara menyisipkannya sebagai erikut:
1. Klik kanan objek lalu klik Add Text
2. Ketik teks di dalamnya


MEMBUAT KOLOM DAN TABEL
Ms. Word 2007 menyediakan fasilitas membuat kolom dan table untuk menyususn maupun melengkapi berbagai bentuk dokumen dengan melihat keadaan dokumen yang akan dikerjakan dalam kerangka apa dokumen tersebut dibuat.
Membuat Kolom
Ketika membuat dokumen seperti layout Koran, bulletin, maupun majalah, pengetikannya bergerak dari satu kolom ke kolom berikutnya sehingga menghasilkan teks yang tersusun secara vertical. Supaya lebih mudah mengatur kolom, sebaiknya dokumen diketik dahulu seluruhnya baru dibuat kolom. Jika dibuat dari awal, mungkin agak sulit mengaturnya karena tidak bsia melihat kondisi kolonya secara langsung. Setelah semua dokumen diketik, Anda bias membuatmenjadi kolom sebagai berikut:
1. Seleksi teks yang akan dibuat kolom
2. Klik Page layout
3. Klik Colums
4. Pilih jenis kolom yang Anda inginkan
Untuk pengaturan lebih lanjut, klik More Colums. Lakukan pengaturan dengan mengklik pada bagian yang Anda inginkan. Lalu klik OK.
Membuat Tabel
Untuk menampilkan sebuah dat, baik dalam bentuk huruf maupun angka, Ana dapat menyajikannya dalam bentuk table. Dengan Ms. Word 2007, kita bias lebih mudah menghias table yang kita buat tanpa harus lama mengaturnya karena beberapa desain sudah disediakan. Cara membuatnya sebagai berikut:
1. Klik ribbon Insert
2. Klik table pada grup Table
3. Tentukan jumlah table yang Anda nginkan dengan menggerakkan mouse.
Menggabungkan Sel (Marge Cells)
Untuk keperluan tertentu, biasanya kita menggabungkan beberapa cell dalam table. Biasanya dilakukan pada beberapa judul table. Cara menggabungkannya sebagai berikut:
1. Seleksi jumlah sel yang akan digabung dengan menggunakan mouse
2. Klik ribbon layout
3. Klik marge Cells pada grup Marge
Mengatur Posisi Teks di Dalam Sel
Setelah menggabungkan sel, teks, atau angka dalam sel harus diatur agar telihat rapi. Caranya sebagai berikut:
1. Seleksi teks yang akan diatur posisinya
2. Klik kanan pada mouse > cell Alignment > pilih jenis pengaturan yang Anda inginkan
Menghapus Kolom, Baris dan Sel
Mungkin Anda kelebihan dalam membuat kolom maupun baris. Sebaiknya Andahapus karena bila dibiarkan kosong tentu akan terlihat kurang baik. Cara menghapusnya sebagai berikut:
1. Tempatkan kursor pada bagian table yang akan dihapus
2. Klik ribbon Layout
3. Klik Delete pada grup Rows and Colums
Keterangan gambar:
ü Delete Cells, terdiri:
Shift Cells Left : menghapus sel pada posisi kursor dan digantikan oleh data di sebelah kanannya (jika ada)
Shift Cells Up : menghapus sel pada posisi kursor dan digantikan oleh data di sebelah bawahnya (jika ada)
ü Delete Column : untuk menghapus kolom
ü Delete Rows : untuk menghapus baris
ü Delete Table : untuk menghapus tabel
Menyisipkan Kolom atau Baris
Selain menghapus, tentu saja kita bias menyisipkan atau menambah baris maupun kolom. Jika ingin menambah di akhir baris, simpan pointer di akhir kolom lalu klik tab. Otomatis akan bertambah satu baris. Namun, jika ingin menyisipkan di tengah atau menambah kolom, caranya sebagai berikut:
1. Letakkan kursor pada bagian yang akan disiapkan kolom atau baris
2. Klik ribbon Layout
3. Klik salah satu perintah penyisipan yang Anda inginkan pada Group Rows and Columns.
Keterangan gambar:
ü Insert Above : untuk menyisipkan satu baris di atasnya
ü Insert Below : untuk menyisipkan satu baris di bawahnya
ü Insert Left : untuk menyisipkan satu kolo, di sebelah kiri posisi kursor
ü Insert Right : untuk menyisipkan satu kolom di sebelah kanan posisi kursor
Mengubah Orientasi Teks
Teks pada table bias diubah arahnya. Misalnya, dari arah horizontal menjadi vertical. Hal ini dilakukan untuk menghemar tempat. Cara membuarnya sebagai berikut:
1. Seleksi teks yang akan diubah orienstasinya
2. Klik ribbon layout
3. Klik Text Direction beberapa ali pada grup Allignment sampai menemukan arah yang diinginkan
Secara otomatis, orientasi teks tersebut berubah sesuai keinginan Anda.
Mengubah Lebar Kolom dan Tinggi Baris
Lebar kolom mungkin terlalu lebar dibandingkan isinya. Cara yang paling tepay untuk mengatur lebar kolom dengan menggeser garis secara langsung dengan mouse atau menggeser posisi pembatas yang terdapat pada ruler.
Namun jika lebarnya ingin sama, Anda dapat menggunakan fasilitas Sitribute ows atau Distribute Columns. Caranya seagai berikut:
1. Seleksi kolom yang akan diubah lebarnya
2. Klik ribbon Layout
3. Klik Distribute Columns
4. Untuk mengatur lebar baris, klik Distribute Rows.
Mengatur Garis (Border)
Border table bias kita atur sesuai kebutuhan. Misaalnya, menghilangkan garis, menebalkan dab sebagainya. Untuk melakukannya dapat mengikuti cara berikut:
1. Seleksi table ataubagian yang ingin diatur bordernya
2. Klik ikon Border
3. Klik Border and Shading
4. Klik garis yang akan dihilangkan
5. Klik OK
Mengubah Jenis Garis (Border)
Jika terlalu tipis, Anda bias menebalkan garis pada table. Caranya sebagai berikut:
1. Seleksi tebel atau bagian yang ingin diubah
2. Klik kanan mouse lalu puluh Borders and Shading
3. Pilih Setting
4. Pilih garis yang diinginkan pada bagian Style
5. Klik OK
Memberi Warna atau Arsiran
Supaya lebih muda dibedakan, Anda bias memberi arsiran pada judul kolom. Caranya sebagai berikut:
1. Seleksi table atau bagian yang ingin diberi warna atau arsiran
2. Klik ikon Shading
3. Pilih warna arsiran yang Anda sukai
4. Lakukan pengaturan yang diinginkan lalu klik OK
Mengolah Table dari Excel
Meskipun mampu membuat tael, tetapi Ms. Word tidak dirancang untuk pengolahan data pada table tersebut. Jika ingin mengolah lebih lanjut dengan formula yang lebih rumit, Anda bias menyisipkan table yang berskumber dari Ms. Excel. Caranya sebagai berikut:
1. Tempatkan kursor di mana table akan ditempatkan
2. Klikk ribbon Insert
3. Klik table pada grup tables
4. Pilih Excel Spreadsheet
5. Ketik data yang Anda inginkan dalam lembar kerja Excel yang telah tersedia
6. Klik satu kali mouse diluar table. Untuk mengaktifkannya kembali, klik dua kali pada table.


MENGOLAH GRAFIK
Tabel yang berisi data tentang penyebaran, peningkatan, aau presentase dari suatu data statistic tidak terlepas dari grafik. Dengan demikian, orang yang membaca data tersebut akan lebih cepat paham trhadap uraian yang dijabarkan
Membuat Grafik
Karena grafik dapat mewakili informasi sebuah data, tentu akan harus embuatnyua sesuai data yang akan ditampilkan. Salah satu membuat grafik, tentu akan salah juga orang lain menerjemahkannya. Untuk lebih jelasnya, ikuti langkah-langkah berikut:
1. Tempatkan kursor di mana grafik akan dibuat
2. Klik ribbon Insert
3. Klik Chart pada grup Illustration
4. Tentukan kategori grafik
5. Pilih bentuknya
6. Klik OK
7. Masukkan data pada lembar kerja Excel. Jika sudah, tutup lembar kerja dengan mengklik tanda x di pojok kanan atas.
Mengganti Style Grafik
Supaya tampilan grafik terlihat lebih menarik, Anda bsia menggantui style yangdisediakan Ms. Word 2007. Caranya sebagai berikut:
1. Siapkan grafik yang akan diganti style-nya
2. Klik ribbon Design
3. Klik tanda panah pada Chart Styles
4. Pilih salah satu style yang Adna inginkan
Mengganti Jenis Grafik
Setelah membuat grafik, mungkin Anda merasa bawha grafik tersebut kurang sesuai dengan data yang dibahas. Jangan khawatir, Anda dapat mengganti jenis grafik yang telah Anda buat sebelumnya dengan jenis yang lain. Caranya seperti berikut:
1. Seleksi grafik yang telah Anda buat
2. Klik ribbon Design
3. Klik Change Chart Type pada grup Type
4. Pilih kategori grafik
5. Pilih grafik yang lebih sesuai
6. Klik OK
Mengatur Tampilan Grafik
Tata letak grafik meupun keterangannya mungkin masih belum teratur. Anda harus mengaturnya supaya grafik lebih mudah dibaca. Caranya sebagai berikut:
1. Seleksi grafik yang akan diubah tata letaknya
2. Klik ribbon Design
3. Klik tanda panah pada Chart Layouts
4. Pilih satu tampilan yang Anda inginkan
Menyunting Data
Data yang ditampilkan bias berubah kapan saja, bik dihapus, diubah, maupun ditambahkan. Tentu saja grafiknya pun akan berubah. Untuk mengubahnya, ikuti langkah berikut:
1. Seleksi grafik yang telah Anda buat
2. Klik ribbon Design
3. Pilih Edit Data pada grup Data
4. Anda dapat melakukan penyuntingan di lembar kerja Excel. Jikal sudah, tutup lembar kerja tersebut.
Memberi Background
Setelah Anda yakin grafik sduah benar, Anda dapat melakukan pengaturan lebih lanjut terhadap grafik yang Anda buat, seperti pengaturan teks di dalam label, memasukkan objek/gambar, memberikan background dan sebagainya. Caranya sebagai berikut:
1. Seleksi grafik yang ingin diberi background
2. Klik ribbon Layout
3. Pilih background yang Anda inginkan pada grup Background
4. Lakukan pengaturan yang Anda inginkan dengan memilih opsi yang dsiediakan lalu klik Close


MEMBUAT AMPLOP DAN LEBEL
Salah satu pekerjaan sekretaris adalah membuat surat. Tentu saja tidak akan terlepas dari membuat amplop maupun label. Anda tidak perlu khawatir, karena Ms. Word 2007 menyediakan fasilitas untuk itu.
Membuat Amplop
Ketika akan membuat amplop, Anda harus mengetahui ukuran amplop yang tersedia, jangan sampai ukurannya tidak sesuai saat Anda mencetaknya. Jika sudah tahu ukurannya, Anda bias membuat amplop dengan cara sebagai berikut:
1. Siapkan lembar dokumen baru
2. Klik ribbon Mallings
3. Klik Envelopes pada grup Create
4. Isi form yang disediakan
5. Klik Preview
6. lakukan engaturan sesuai ukuran amplop yang Anda miliki
7. Piilih OK
8. Klik Printing Options untuk mengatur cara memasukkan amplop ke dalam printer
9. Pilih Feed Method
10. Klik OK
Membuat Lebel
Jika surat akan dikirim ke banyak alamat, Anda bias membuat label. Dengan demikian, Anda tidak perlu mencetak satu persatu pada amplop. Cukup menyediakan beberapa lembar label yang bias dicetak lalu ditempelkan pada amplop. Cara membuatnya sebagai berikut:
1. Siapkan lembar dokumen baru
2. Klik ribbon Maillings
3. Pilih Labels pada grup Create
4. Tulis alamat di tempat yang disediakan
5. Klik Options untuk pengaturan lebih lanjut
6. Klik Details untuk pengaturan lebih lanjut
7. Lakukan pengaturan yang Anda inginkan lalu klik OK


MEMBUAT SURAT MASAL
Jika kita ingin mengirimkan surat yang isinya sama kepada orang atau instansi yang berbeda dalam jumlah yangbanyak (masal) dapat menggunakan fasilitas Mail Merge. Dengan bantuan fasilitas ini, dapat lebih mengefisienkan waktu.
Membuat Dokumen Utama dan Sumber Data
Mail Merge terdiri dari dua bagian, yaitu:
1. Main Document
Merupakan dikumen utama yang akan dikirim ke berbagai pihak atau biasa disebut dengan isi surat
2. Source Data
Yaitu sumber data yang digunakan untuk identifikasi pengiriman. Biasanya terdiri dari nomor, nama,alamat dan informasi lainnya.
Pada pembahasan bagian ini, kita menggunakan file dokumen utama dan Sumber data yang ada di folder Ms. Word 2007. langkah-langkahnya sebagai berikut:
1. Buatlah dokumen utama dengan nama dokumen utama. DOCX.
2. Buatlah sumber data dengan nama Sumber Data. DOCX.
Membuat Mail Merge
Setelah Anda membuat dan menyimpan dokumen utama dan sumber data, Anda sudah bias membuat Mail Merge. Caranya seperti berikut:
1. Bukalah dokumen uama Anda (dokumen utama.DOCX)
2. Klik ribbon Mailings
3. Klik Start mail Merge
4. Klik Step by Step mail Merge Wizard
5. Pilihlah Letters
6. Klik Next: Startling document
Keterangan gambar:
ü Letters: untuk membuat Mail Merge dalam be ntuk surat
ü E-mail Messages: untuk membuat pesan yang akan dikirim melalui E-mail
ü Labels: untuk membuat label surat yang datanya diambil dari file sumber data
ü Envelopes: untuk membuat amplop yang datanya diambil dari file sumber data
ü Directory: kuntuk membuat dokumen tunggal yang nerisis catalog atau daftar alamat
7. Pilih Use the Current Document
8. Klik Next: Select Recipients
Keterangan gambar
ü Use the Current document: pilih ini, jika dokumen yang sedang kita gunakan saat ini adalah dokumen utama
ü Start from a template: jika dokumen dokumen utama kita berupa template
ü Star from existing document: pilihan ini digunakan jika akan memakai dokumen lama yang sudah ada sebelumnya (yang pernah dibuat)
9. Pilih use an Existing list
10. Klik Browse
Keterangan gambar:
ü Use an existing list: digunakan jika kita akan mengambil data yang sudah ada (sudah tersimpan sebelumnya)
ü Select from outlook Contacts: jika ingin menggunakan data yang berada di folder Outlook contacts
ü Type a new list: jika klita ingin membuat data baru dengan panduan wizard
11. Cari di mana dokumen sumber data tersimpan pada bagian look In lalau kli Open
12. Beri ceklis padasiapa saaaaja yang akan dikirimi surat
13. Klik OK
14. Klik Next: Write Your Letter
15. Klik More Items
16. Pilih bagian yang akan dimasukkan secara otomatis dalam skurat
17. Klik Insert. Lakukn cara yang sama untuk memasukkan bagian yang lain. Jika sudah, klik tanda x pada jendela Insert mail Field.[1]
18. Hapus tanda titik-titiknya
19. Klik Preview Your Letters untuk melihat hasilnya
Berikut ini adalah hasilnya. Untuk melihat surat berikutnya, klik tanda panah ke kanan atau ke kiri. Jika sduah selesai, klik Next: Complete the Merge.
MENGATUR TAMPILAN DAN MENCETAK DOKUMEN
Setelah membuat dokumen, pekerjaan selanjutnya adalah mencetak dokumen tersebut ked ala kertas sesungguhnya. Meskipun sudah diatur sebelumnya, saat akan mencetak, sebaiknya diperiksa dan diatur kembali dokumen yang Anda buat. Barangkali tidak sesuai dengan ukuran kertas yang tersedia untuk mencetak dokumen tersebut.
Mengatur Tampilan
Jika Anda yakin pekerjaan sudah benar, Anda dapat mengatur tampilan sebelum dicetak. Sebenarnya hal ini tidak perlu dilakukan jika Anda memang benar yakin dokumen siap dicetak. Namun untuk membantu memeriksa dokumen sambil dicetak, Anda bias mengatur tampilank sesuai kesukaan Anda. Caranya sebagai berikut:
1. Siapkan dokumen yang akan diatur tampilannya
2. Klik ribbon Preview
3. Pilih salah satu pengaturan pada Document View
Atau bisa juga menggunakan beberaa perintah pada situs bar yang terletak di kanan bawah halaman. Misalnya, kita memilih fasilitas Full Screen Reading.
Melihat Tampilan Sebelum Dicetak
Sebelum Anda mencetak dokumen yang telah Adna buat, sebaiknya Anda melihat tampilannya terlebih dahulu untuk memastikan bahwa dokumen tersebut sudah benar-benar siap untuk dicetak ke dalam kertas. Caranya seperti berikut:
1. Buka document yang akan Anda print
2. Klik Microsoft Pffice Button > Print > Print Preview
Mencetak Dokumen
Setelah memastikan bawha dokumen yang Anda kerjakan sudah benar, selanjutnya Anda dapat mencetak dokumen tersebut ke dalam kertas dengan menggunakan printer. Penjelasanya seperti berikut:
1. Klik Microsoft Pffice Button > Print > Print (Ctrl + P)
2. Lakukan pengaturan sesuai printer yang Anda miliki lalu klik OK
Mencetak dengan Cepat
Jika tidak perlu pengaturan lebih lanjut, Anda dapat melakukan pencetakan dengan cepat. Dokumen akan otomatis dicetak apa adanya dengan printer yang di atur secara default pada computer Anda. Caranya, klik Microsoft Pffice Button > Print > Quick Print.


[1] Sebelum memasukkan field, Anda harus meletakkan kursor terlebih dahulu pada tempat yang Anda inginkan.

Poskan Komentar

Blogger