Ads (728x90)

Kacang merah adalah salah satu bahan makanan kesukaan keluarga di rumah. Selain Es Kacang Merah/Ogura, kacang merah juga dapat diolah menjadi sup kacang merah atau bruine bonensoep (bruin = cokelat, bonen = kacang).

Kacang merah merupakan salah satu jenis bahan makanan yang banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh. jenis sayur ini memang tidak asing lagi bagi masyarakat di dunia termasuk di Indonesia. Banyak sekali makanan yang bisa dibuat dari kacang merah ini seperti bubur atau sup. Makanan olahan kacang merah ini memang sangat populer karena memang manfaat yang didapat memang sangat banyak beberapa diantaranya adalah antara lain sebagai pemasok energi yang besar untuk tubuh karena kandungan zaq besi yang begitu besar dalam kacang merah. selain itu juga menjaga keseimbangan gula darah, baik untuk menjaga kerja otak, sumber vitamin yang dibutuhkan oleh otak, memperlancar pencernakan dan masih banyak lagi manfaat yang bisa didapat dari bahan makanan yang satu ini.

Bruine bonensoep adalah masakan khas Belanda yang diadopsi oleh masyarakat Indonesia bagian timur. Ini merupakan sup kaya rempah yang terbuat dari kacang merah dengan bumbu sup dan daging. Saya menggunakan daging sapi untuk sup kacang merah ini.

Seperti sudah dikatakan sebelumnya bahwa bahan makanan ini bisa dimasak dalam berbagai makanan yang sangat lezat. Selain itu manfaat yang didapat juga sangat besar karena kandungan nutrisi yang ada dalam kacang merah ini ternyata sangat beragam, dan manfaat diatas hanya sebagian kecil saja dari manfaat yang didapat. Nah tentunya anda ingin tahu kan seberapa banyak nutrisi yang terkandung di dalam kacang-kacangan ini? Nah ini dia beberapa kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh antara lain, kacang tanah kering merupakan sumber karbohidrat yang sangat bagus, kandungan serat yang baik, vitamin B, sumber kalsium yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang, serta sumber protein yang sangat tinggi.

Porsi:4 Orang
Waktu Persiapan: 20 Menit Menit
Waktu Masak: 75 Menit Menit

BAHAN-BAHAN
300 gr daging sengkel, rebus hingga lunak dan potong dadu
250 gr kacang merah kering, rendam 1 malam lalu rebus hingga lunak
(jika pakai panci tekan/presto, cukup rendam 1 –2 jam lalu rebus dengan panci tekan selama 15 menit)
6 butir bawang merah, cincang
4 siung bawang putih, cincang
½ bawang bombay sedang, cincang kasar
12 sdt pala bubuk
1 sdm gula pasir
½ sdt garam
½ sdt lada
2 batang daun bawang, potong kasar
3 tangkai daun seledri, ikat dan 1 tangkai potong kasar
½ sdm margarin Blue Band untuk menumis
2 sdm minyak goreng
1 bungkus RoycPelezat Serbaguna Rasa Sapi
2000 ml air kaldu daging
1 wortel, potong dadu
1 buah tomat, buang biji dan potong dadu untuk penyajian

CARA MASAK

  1. Bersihkan kacang merah, rebus sampai matang, rendam selama 1 malam.
  2. Cuci iga sapi dan rebus sampai lemak-lemaknya terangkat.
  3. Rebus daging bersama kacang merah yang sudah lunak lalu masukkan Royco, pala, lada dan garam.
  4. Tumis bawang merah dan putih dengan Blue Band dan minyak hingga harum lalu masukkan ke dalam sup bersama seledri yang sudah diikat. Masak selama lebih kurang 30 menit dengan api kecil.
  5. Masukkan wortel. Masak kembali 1 menit saja, angkat.
  6. Sajikan dengan potongan tomat, dan tabur daun seledri, bawang goreng dan daun bawang.

Sumber

Poskan Komentar

Blogger