Cara Membedakan Batu Alam Dengan Batu Sintetis

Beberapa Cara Membedakan Batu Alam (Asli) Dengan Batu Sintetis (Palsu)


Menyenter batu akik atau menggunakan loop

Gunakan senter untuk menerangi dan melihat bagian dalam dari batu akik. Cara ini adalah yang paling dasar untuk melihat keaslian dan juga kualitas dari batu akik. Batu akik asli jika terlihat ada serat-serat berbentuk garis atau seperti retakan atau noda di dalam batu akik. Hal ini didasari bahwa jarang ada batu akik asli atau natural yang mulus tanpa sedikitpun serat, karena serat tersebut adalah salah satu ciri batu alam hasil sedimen berbagai mineral. Batu akik sintetis dan batu akik masakan tidak memiliki serat, tampak polos dan jernih tanpa noda atau halangan serat ketika disenter. 
Bentuk dan keteraturan serat-serat di dalam batu akik juga menentukan kualitas dan harga batu akik. Pencinta batu akik yang berpengalaman dapat membedakan jenis dan asal batu akik dari bentuk seratnya dari hasil "penyenteran". Penerawangan bagian dalam batu akik juga umum dilakukan menggunakan kaca pembesar atau loop. 

Menempelkan batu akik ke kulit atau pipi

Tempelkan batu akik ke kulit atau pipi dan rasakan dinginnya batu akik.  Batu akik relatif terasa lebih dingin dibanding batu sintetis atau batu masakan. Jika ditempel lama ke pipi batu akik juga pelan-pelan akan terasa hangat, tetapi proses menghangatnya lebih lambat daripada batu sintetis. 

Meneteskan air ke atas batu akik

Teteskan satu tetes (kecil) air ke atas batu akik. Jika tetesan tersebut menetap dan diam maka batu akik adalah asli. Jika air langsung buyar dan mengalir jatuh maka itu batuk sintetis. Test ini agak sulit jika cutting dan amplasan batu akik sudah sangat halus sehingga licin, yang akibatnya tetesan air tadi tidak mau menetap dan diam. 

Menakar berat batu akik

Pegang batu akik sambil diangkat-angkat untuk merasakan beratnya.  Batu akik asli lebih berat daripada batu sintetis yang terbuat dari kaca ataupun campuran plastik.  Cara ini agak sulit jika tidak terbiasa.

Membakar batu akik dengan korek api atau puntung rokok

Bakar batu akik dengan korek api atau sulut dengan puntung rokok.  Lalu bersihkan atau usap batu tersebut untuk menghilangkan bekas bakar.  Batu akik asli, setelah dibakar tidak ada noda yang tersisa jika sudah diusap. Batu akik sintetis, setelah dibakar maka ada sisa noda yang sulit dihilangkan walaupun telah dicuci.  Metode ini tidak dapat digunakan untuk beberapa batuan yang bisa pecah atau retak karena terlalu kering.  Misalnya batu kalimaya atau opal tidak bisa terlalu kering apalagi jika dibakar.

Mengadu dua batu akik

Jedotin atau adu dua buah batu akik, dan lihat apakah menimbulkan api atau tidak.  Jika batu tersebut menghasilkan percikan api maka batu akik asli. Tetapi cara ini berbahaya jika tidak tahu soliditas dan kekuatan batu, karena bisa menyebabkan batu menjadi pecah atau setidaknya menjadi sumbing.

Demikian cara membedakan batu akik asli dan batu sintetis palsu yang umumnya digunakan oleh penggemar batu akik. Sumber
=====


Test batu akik atau batu permata asli dengan HP Android adalah cara termudah untuk membedakan batu akik atau permata asli dengan batu sintetis. Perburuan batu akik dan batu permata asli (natural) di Indonesia pada 2014-2015 ini diiringi pula dengan makin banyaknya penjualan batu akik di pameran, toko di pasar dan supermarket, toko online hingga kios-kios rumahan di kampung-kampung. Para penjual batu akik juga banyak menyediakan batu sintetis sehingga membuat was-was ketika memilih dan membeli batu akik atau batu permata. Untuk itu perlu cara mudah untuk membedakan batu akik dan batu permata asli dengan batu palsu atau batu sintetis terutama bagi kita-kita yang masih awam.

Cara mengetes batu akik asli dan batu sintetis

  • Caranya dengan menggeser atau sentuhkan batu akik ke layar hp seperti layaknya ketika kita menggunakan jari untuk menggesar dan menekan menu-menu (gambar) pada hp android.
  • Jika batu akik tersebut dapat berfungsi terhadap layar sentuh HP maka batu akik adalah batu akik asli. Tetapi jika tidak maka batu tersebut adalah batu sintetis
  • Pengetesan bisa terhadap batu akik saja atau batu akik yang sudah terikat cincin ikatan.
  • HP Android yang bisa digunakan adalah HP Android keluaran beberapa tahun belakangan ini, capacitive touchscreen dan multi-touch, yaitu layar yang hanya bisa disentuh dan digerakkan oleh jari. Tidak sesuai untuk layar HP lama seperti PDA menggunakan stylus.
  • Hp dengan anti gores kemungkinan akan menggurangi kepekaan layar sentuh terhadap batu akik.
  • Tidak hanya batu akik asli, batu kerikil juga mampu mengoperasikan layar HP android.

Batu akik yang peka dengan layar HP Android

Saat dicoba menggunakan HP Lenovo dan Samsung berlapiskan anti gores, maka batu yang sensitif adalah batu giok Aceh Bio Solar, batu Red Raflesia Bengkulu, batu bacan hitam dan bacan hijau kebiruan. Batu batu tersebut ternyata sangat peka dan dapat dengan mudah menggerakkan menu-menu dari layar sentuh HP Android. Batu garut, batu jawa barat umumnya, dan batu banten (kalimaya black opal) umumnya kurang peka. Kadang bisa dan kadang tidak. Ini karena ada lapisan anti gores di HP. Batu ukuran panjang 2 cm, seperti batu sungai dareh pucuk pisang dan batu aceh bio solar yang mulus tanpa bercak, yang dijual di pasar dengan harga dibawah Rp. 150.000 plus ikat, tidak berfungsi di layar sentuh HP Android, karena ternyata itu batu sintetis.

Sifat listrik batu akik asli vs batu sintetis

Batu-batuan, termasuk batu akik dan batu permata asli atau natural bersifat dapat menghantarkan listrik. Sifat ini seperti ini ada pada bahan-bahan logam seperti kabel tembaga listrik, alumunium, besi, baja, dll. Demikian juga dengan tubuh manusia, air, lantai keramik, lantai semen dan batu kerikil juga menghantarkan listrik, sehingga berbahaya memegang kabel listrik jika tidak memakai sandal.

Sebaliknya batu sintetis yang umumnya terbuat dari kristal kaca dan plastik bersifat tidak dapat menghantarkan listrik. Batu sintetis ini sama dengan karet, gelas, kain, kayu dan kertas yang sama-sama tidak bisa menghantarkan listrik. Perbedaan kemampuan menghantarkan listrik inilah yang diterapkan dalam mengetes batu akik dan batu permata asli dengan batu sintetis.

layar sentuh (touch screen) pada hp sudah dirancang khusus agar dapat dioperasikan oleh jari tangan dan seluruh tubuh manusia (siku, lutut dan lainnya), kecuali oleh kuku jari yang tidak dapat menghantarkan listrik. Jika jari tangan memegang ikat cincin yang terbuat dari perak, emas, baja dan logam lainnya, dan kemudian pada ikat cincin menempel batu akik atau batu permata asli, maka listrik pada tubuh manusia dapat dihantarkan oleh ikat cincin dan diteruskan oleh batu akik asli tadi ke layar sentuh pada HP Android. Oleh karena itu batu akik asli dapat membuka dan menggeser menu-menu pada layar sentuh HP, asalkan batu tersebut dipegang oleh manusia.

Tetapi jika batu akik dipegang menggunakan plastik atau kertas tissue, maka aliran listrik terhalang oleh plastik atau kertas tersebut sehingga tidak berfungsi dalam mengoperasikan layar sentuh HP. Karena itu, batu sintetis-palsu yang umumnya terbuat dari kaca dan plastik sudah dapat dipastikan tidak akan dapat mengoperasikan layar sentuh HP Android, karena kaca dan plastik tidak dapat meneruskan/menghantarkan listrik dari tubuh manusia ke layar sentuh HP.

Demikian cara mengetes dan membedakan batu akik dan batu permata asli dengan batu sintetis menggunakan HP Android.
=====

asli sintetis
Asli (alami)
Sintetis (gelembung)
Untuk meminimalisir kesalahan setelah anda memutuskan membeli sebuah batu akik asli atau permata berikut ini beberapa langkah yang bisa anda lakukan :
  1. Mengajak orang yang mengenal seputar permata
  2. Harus bersabar jangan terburu-buru saat akan membeli apalagi harga mahal
  3. Barang palsu bisa dibilang asli jika penjualnya tidak jujur
  4. Teliti dengan baik karena akik asli atau palsu bisa dilihat secara kasat mata
  5. Kenali serat batu
  6. Saipkan alat berupa senter, kaca pembesar dan alat lainnya
  7. Mencari informasi untuk membekali pengetahuan tentang permata sebelum memutuskan membeli permata mahal
  8. Menggunakan alat cara mengetes permata (banyak dijual dipasaran)
  9. Melihat 5C (carat (karat), cutting (potongan), colour (warna), clarity (kejernihan) dan juga certificate/sertifikat)
  10. Pergi ke laboratorium gemologi untuk cek keaslian (cara terbaik untuk terhindar dari kesalahan)
Berikut ini ciri-ciri batu akik/permata asli
  1. Berat: Permata atau batu akik asli lebih berat dibandingkan dengan yang palsu, jika dipegang akan terasa lebih padat
  2. Suhu: Secara alami sebuah batu asli lebih dingin dengan kaca/sintetis. Cara tes bisa dilakukan dengan menempelkan pada bagian kulit yang sensitif dibagian tubuh kita seperti pipi, leher atau pada bagian lipatan siku lengan
  3. Memanaskan: Membakar pada bagian batu, jika batu itu terlihat gosong dan meninggalkan bekas yang susah terhapus dapat dipastikan batu itu palsu. Batu asli jika dibakar akan tampak basah seperti berminyak tapi setelah dihapus akan hilang seketika. Begitu juga, setelah dipanaskan batu asli biasanya cepat dingin sedangkan yang palsu panasnya bertahan lebih lama
  4. Membenturkan : Jika anda memiliki 2 batu yang diyakini sama-sama batu asli jika dibenturkan satu sama lain biasanya keluar percikan api, cara tesnya bisa dilakukan ditempat gelap untuk memastikan ada percikan
  5. Meneteskan air: Batu asli jika diteteskan air pada bagian permukaannya yang licin tidak akan pecah (bukan metode baku)
  6. Serat: Batu asli alam secara umum memiliki serat alami, permata sentitis atau yang terbuat dari kaca terlihat bening. Meskipun dalam batu sentitis terdapat serat biasanya terlihat tidak alami seperti ada semacam gelembung yang disebabkan saat proses pembuatan terdapat udara yang terperangkap didalamnya.
  7. Mutiara: Jika permata itu jenis mutiara bisa tes dengan cara menggigitnya sekuat-kuatnya, apabila tidak ada perubahan berarti asli
Demikian cara membedakan batu akik asli dan palsu. Teliti sebelum membeli adalah cara bijak agar terhindar dari kesalahan, terlebih jika permata yang akan anda beli berharja mahal.
=====



CARA MEMBEDAKAN BATU AKIK/MULIA ASLI DAN PALSU


Assalamualaikum wr.wb لسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُl
Banyak yang menanyakan ” Apakah batu-batuan akik/mulia koleksi asli ?
Tegas saya katakan ASLI 100%, Wajar pengunjung bertanya demikian pasalnya mereka tidak mau rugi atau ketipu karena membeli dari hasil jualan Online yang hanya lihat dari foto saja. Jadi bagi anda yang sangsi dan ragu dengan batu-batuan kami, mohon mulai sekarang simpan dan buang jauh jauh, kami hanya ingin mencari rezki yang halal, setiap tipu menipu akan menguntungkan TAPI akan ada kiparat atau BALASAN nya dari Gusti Allah SWT yang Maha mengetahui, nauzubillahiminzalik. Saya berani jamin karena berikut akan saya buka tips :
Batu mulia ada yang sintetis atau plastik terbuat dari kaca / plastik, menguji nya berdasarkan pengalaman yg saya tau:
  • Jika Batu di letakkan di tempelkan di pipi, terasa dingin insyallah batu itu asli. jika cepat menghangat bagai mana ? : setiap benda yang kita pegang pasti akan berubah hangat karena hantaran suhu badan kita, untuk batu akik, jika kita pegang akan lama hangat bahkan selalu terasa dingin dan akan cepat mendingin. “jika di tempelkan di pipi terasa dingin” (untuk Jenis batuan chalcedony dan kristal)
  • jika di sulut dengan api putung rokok atau di bakar dengan korek api, maka tidak akan ada perubahan warna gosong atau titik meleleh pada batu, setelah lama di bakar atau di sulut pasti akan menghasilkan cairan minyak berwarna cokelat, nah jika ASLI ketika di usap maka cairan tersebut akan hilang dan tidak berbekas atau menempel kuat dibatu, jika palsu meski di olesi air atau minyak untuk menghikangkan, bekasnya tidak akan hilang. “Jika di bakar atau di sulut api rokok / korek tidak meninggalkan bekas bakar yang aneh” hal tersebut tidak berlaku pada jenis batu akik jenis kapur dan fosil, karena jenis tersebut sudah tentu jenis batuan akik lunak dan jika di bakar pasti hancur dan usang, INNGAT..kontensitas api disini anda uji dengan api korek/mancis/rokok..semua benda batuan terkeras sekalipun bahkan besi jika di bakar dengan intensitas api tinggi pasti terbakar gosong :/ (uji coba hanya untuk Jenis batuan chalcedony dan kristal) JANGAN UJI HAL DEMIKIAN PADA JENIS BATU OPAL KALIMAYA, Garut Kristal : Pengalaman Bisa Retak karena jenis batuan tersebut adalah kering mineral dan tidak tahan panas atau ringkih.
  • Meski dibakar dengan sulut rokok, korek/mancis batu akan panas dan kembali cepat mendingin, beda dengan kimia plastik atau kaca buatan, yang akan cukup lama menyimpan hangat atau panas.(uji coba hanya untuk Jenis batuan chalcedony dan kristal dan jangan sekali gunakan pada jenis batu fosil atau kapur, seperti pirus, dan fosil lainnya)
  • Lihat serat didalamnya dengan menerawang, jika asli serat dalam batu terlihat seperti retak-retak dan motif alami, karena jarang sekali kita jumpai batu mulia akik dengan mulus tanpa serat. anda pasti bisa membedakannya buatan alam dan manusia “Serat dalam batu”.(uji coba hanya untuk Jenis batuan chalcedony dan kristal)
  • Batu Natural akan selalu memiliki serat baik fisik dalam sperti retakan atau serat es garis2 retak dll, TIDAK ADA BATU ALAMI NATURAL MULUS TANPA SERAT. itu adalah salah satu ciri sendimen bentukan mineral batuan bumi.
  • Tanyakan kepada ahlinya atau cek di laboratorium untuk menguji kandungan batu.
Berikut beberapa ciri-ciri Batu Sintetis /Plastik:
  • Bening seperti kaca, tidak terlihat serat-serat di dalamnya dan terdapat gelembung udara sperti botol bir. (untuk jenis kristal)
  • Terasa lebih ringan untuk batu seukurannya kecuali jenis batuan akik kapur dan fosil kayu.(uji coba hanya untuk Jenis batuan chalcedony dan kristal)
  • Akan ada perubahan jika anda membakarnya (selain jenis batu akik kapur dan fosil kayu)
  • Kekuatan bahan batu lebih keras ketimbang batu aslinya. (tergantung jenis silika nya)
  • serpihan pecahan jika di basahi warna tetap tidak berubah, (jika batu asli warna akan sperti terbasah dengan yg kering akan beda.)
=====
  1. HAL YANG PALING BENAR DAN BERESIKO UNTUK MEMBUKTIKANNYA DENGAN MENOKOK DENGAN PALU BATU TERSEBUT, AKAN TERLIHAT SERPIHAN PECAHAN SERAT ASLI ANTARA BATU ALAM ATAU SINTETIS KACA. (Tidak Dianjurkan)
  2. CEK DI LABORATORIUM BATU ATAU GEMS LAB guna mendapatkan hasil quick cek jenis dan keaslian batu (Dianjurkan).
Jika Anda Tidak PUAS dengan batu yg anda beli, Silahkan KOmplain ke Akikmurah.com.
Dari pengalaman diatas adalah sudah saya buktikan dan praktekkan. insyallah asli dan akurat. ” uji dengan tetes air itu kurang bisa diterima karena semakin licin dan kilat hasil gerinda atau amplas batu maka semakin licin.” dan begitu juga di adu dengan batu akan mengeluarkan api, hanya orang bodoh yang mau melakannya dan mau kehilangan batu akik kesayangan hanya untuk hal yg bodoh, semua adalah cara tempo kolot, secara logikanya
Batu ASLI dan ALAMI akan kelihatan dari WARNA nya dan Seratnya
Jadi demikian informasi mengenai cara melihat keaslian batu mulia asli atau palsunya. dan jangan ragu dengan batu-batuan kami.
=====



2 Komentar

  1. sentuh layar hp tidak benar, batu akik saya bisa gerakin layar hp, saat di test lab hasilnya sintetic

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak