Menggabungkan Data Teks dan Waktu (Jam) di Excel

RumusExcel.com - Masih meneruskan tentang pembahasan menggabungkan beberapa cell ke dalam satu cell di Excel, kali saya akan membahas tentang menggabungkan teks dan waktu atau jam di Excel. Sama seperti ketika menggabungkan teks dan tanggal, hasil yang didapat ketika menggabungkan teks dan waktu baik dengan operator '&' ataupun memakai +Rumus Excel CONCATENATE hasilnya akan terjadi kesalahan alias tidak sesuai dengan cell yang berisi data Time (waktu, seperti pada gambar dibawah ini:


Pada gambar diatas, pada cell B2 dengan rumus ="Pada Jam "&B1 hasilnya terjadi kesalahan yaitu "Pada Jam 0,354398148148148" yang seharusnya hasilnya adalah "Pada Jam 8:30:20".
Untuk memperbaiki kesalahan ini kita bisa menggunakan fungsi TEXT dengan menambahkan format Time, sehingga rumus pada B2 kurang lebihnya seperti ini ="Pada Jam "&TEXT(B1;"h:mm:ss")



Untuk memahami penulisan format Time bisa dilihat selengkapnya pada tabel dibawah ini:


Format Fungsi Contoh (08:07:06)
h Menampilkan Jam (1 digit untuk jam < 10) 8
hh Menampilkan Jam 08
m Menampilan Menit (1 digit untuk menit < 10) 7
mm Menampilkan Menit 07
s Menampilkan Detik (1 digit untuk detik < 10) 6
ss Menampilkan Detik 06

Demikian cara menggabungkan data teks dan waktu (jam) di Excel. Semoga Bermanfaat.
=====

Menggabungkan Nilai dari Format yang Berbeda sebagai Teks di Dalam Excel 2010 (ID-id)

Menggabungkan dua atau tiga nilai sebagai teks di dalam Microsoft Office Excel 2010 sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah dengan menggunakan fungsi CONCATENATE. Hasil yang sesuai dengan apa yang diharapkan biasanya bisa kita dapatkan apabila nilai-nilai tersebut berformat teks juga, seperti contoh berikut ini.



Namun jika dari contoh di atas kita gabungkan nilai kolom Tempat Lahir (yang berformat teks) dan Tanggal Lahir (yang berformat Date/Time) menggunakan fungsi CONCATENATE, maka hasilnya akan berbeda.

5444.Capture11.PNG_2D00_550x0.png (550×126)


Hal ini terjadi karena Excel menghitung nilai tanggal sebagai angka seri. Oleh karena itu, untuk mendapatkan kembali versi teks dari tanggal yang dimaksud, kita perlu menyisipkan fungsi TEXT.


social.technet.microsoft.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak